Berita hari ini: Senin, 30 Mei 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Senin, 30 Mei 2016
Pantau terus laman ini untuk mengetahui berita pilihan redaksi Rappler sepanjang Senin, 30 Mei 2016.

Indonesia wRap: Dari kontroversi Soeharto sebagai pahlawan hingga Simposium ‘Anti-PKI’

Wacana pemberian gelar pahlawan nasional bagi Presiden RI ke-2, Soeharto, kembali mengemuka. Apakah kamu setuju jika Bapak Pembangunan ini dijadikan pahlawan? 

Isu lain yang menjadi perbincangan hangat adalah simposium tandingan “Anti-PKI” yang akan dihelat oleh sejumlah purnawirawan TNI dan ormas. Mereka khawatir akan “kebangkitan” komunisme di Indonesia. Apa saja yang akan mereka lakukan?

Simak videonya di bawah ini:

Menko Maritim Rizal Ramli:  Tol laut turunkan harga pangan di Indonesia timur

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli hari ini mengadakan Rapat Koordinasi evaluasi pelaksanaan program tol laut atau angkutan kapal berjadwal, sesuai Perpres 106 Tahun 2015.

Rapat ini dimulai pada pukul 11:00 WIB di Lantai 3 Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya di Gedung BPPT 1, Jakarta pada Senin, 30 Mei. 

Rapat koordinasi  dihadiri oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Perdagangan Thomas Lembong,  Direktur Utama PT Pelni Elfien Goentoro, dan pejabat dari Kemenko Maritim serta Kementerian Perhubungan.

Salah satu masalah yang mengemuka adalah kapal yang digunakan sebagai tol laut mengangkut barang dari wilayah barat ke timur, pulangnya dalam keadaan kosong. Tidak banyak yang bisa diangkut dari wilayah timur.

Rizal Ramli meminta Menteri Perdagangan mengumpulkan para pelaku distribusi nasional agar bisa memanfaatkan kapal-kapal kosong itu.

Tom Lembong mengatakan akan berkoordinasi dengan kementerian perindustrian, kementerian usaha kecil dan menengah (UKM) dan koperasi serta kementerian pertanian untuk menyuplaibarang dari Indonesia Timur menggunakan kapal (tol) laut.

“Saya juga melihat ada peluang dari pokja Papua dan usaha-usaha menengah di Jakarta untuk memanfaaatkan kapal yang kembali dalam keadaan kosong,” kata Tom Lembong, kepada Rappler, Senin sore. Kelompok Kerja (Pokja) Papua dibentuk ketika Tim Transisi Pemerintahan Jokowi-JK bekerja, sebelum pelantikan presiden 20 Oktober 2014. Pokja ini memfasilitasi revitalisasi pasar dan kegiatan ekonomi UKM di Papua.

“Contoh yang tadi saya sampaikan  di rakor di Kemenko maritim adalah upaya pokja Papua membuat pilot project pengolahan sagu oleh industri kecil dan menengah di sana.  Sagu menjadi beras yang gluten-free, sedangkan ampasnya jadi wadah makanan pengganti wadah Styrofoam.  Ramah lingkungan dan bio-degradable,” kata Tom Lembong.  Menurut Tom, produk-produkini bisa dijual di supermarket kelas menengah ke atas di Jakarta atau pun jaringan restoran di Jabodetabek.

Menurut Rizal Ramli, tol laut ini sudah berjalan selama beberapa bulan terakhir. Kehadiran trayek-trayek terbaru ini menyebabkan adanya jembatan laut yang bisa membawa barang dan penumpang ke pulau terpencil dan terluar yang selama ini belum ada akses transportasi laut.

Rizal juga mengaku tol laut mampu menurunkan harga komoditas pangan di Indonesia Timur turun.

“Tol laut manfaatnya sangat besar, berhasil menurunkan harga barang-barang kebutuhan pokok terutama di Indonesia timur,” katanya.

Luhut tolak penunjukkannya sebagai Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar

LUHUT TOLAK JABATAN DI PARTAI GOLKAR. Menteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Luhut Pandjaitan (sebelah kiri) menolak jabatan sebagai Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar karena tidak ingin rangkap jabatan. Foto oleh Reno Esnir/ANTARA

Ketua Harian Partai Golkar, Nurdin Halid pada siang tadi mengumumkan ratusan nama yang masuk ke dalam “kabinet” partai berlambang pohon beringin itu. Pada siang tadi, total terdapat 119 anggota pengurus harian yang namanya dibacakan Nurdin. Sementara, total keseluruhan anggota 247 orang, jauh lebih gemuk dari prediksi awal.

Dari ratusan nama yang menjadi pengurus harian, Golkar memasukkan dua pejabat Menteri. Mereka adalah Menteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Luhut Binsar Pandjaitan dan Kepala Badan Nasional Penyaluran dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Nusron Wahid.

Luhut didapuk menjadi Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, sedangkan Nusron ditunjuk menjadi Koordinator Pemenangan Pemilu Indonesia I meliputi wilayah Jawa dan Sumatera.

Apa alasan keduanya dipilih menjadi pengurus harian Golkar? Menurut Nurdin, keduanya dimasukkan ke dalam kepengurusan karena mereka merupakan kader Golkar yang memiliki konstituen yang jelas di daerah.

“Karena kapasitas dan kompetensinya, mereka dimasukkan untuk mengakselerasi program kerja di wilayah,” ujar Nurdin di kantor DPP Partai Golkar.

Dia mengaku tak mempermasalahkan jika keduanya merangkap jabatan. Menurut dia, di dalam manajemen kepengurusan, setiap orang tak perlu harus selalu hadir secara fisik.

Tetapi, Luhut tak sepakat dengan konsep itu. Dia menolak diberikan posisi itu di Golkar. Menurutnya, jabatan tersebut tidak tepat diberikan ketika dia sudah bertugas di kabinet. Sementara, Nusron menyebut akan berkonsultasi terlebih dahulu kepada Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengenai penunjukkan dirinya. Selengkapnya di kompas.com

 Menteri Yohana sebut ada faktor kesalahan orang tua jika anak jadi korban pemerkosaan

PEMERKOSAAN TERHADAP ANAK. Menteri PPA Yohana Yembise mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 30 Mei. Foto oleh Sigid Kurniawan/ANTARA

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise mengatakan ada faktor kekeliruan dari orang tua dalam kasus tindak pemerkosaan yang menimpa anak. Dia kemudian mencontohkan kasus pemerkosaan remaja berusia 14 tahun di Bengkulu. 

“Kasus (tersebut), yang salah adalah orang tua, pengasuhan orang tua. Orang tua sudah beberapa hari di kebun. Bagaimana mau memperhatikan anak itu?” ujar Yohana ketika melakukan rapat bersama Komisi VIII di Gedung DPR Senayan. 

Yohana berpendapat keluarga turut berkontribusi sehingga tindak pemerkosaan bisa terjadi. Oleh sebab itu, dia juga meminta agar ada tindakan terhadap keluarga. 

“Kita juga harus memperhatikan sanksi terhadap orang tua,” tutur dia. Selengkapnya baca di Detik.com

Menteri BUMN, Mentan, dan Mendag rapat untuk mengatasi gejolak harga jelang Ramadan

Pasar makanan grosir internasional Rungis di Paris, Perancis. Foto oleh: Etianne Laurent/EPA

Pemerintah memperkuat koordinasi antar kementerian dan lembaga untuk mengatasi gejolak harga bahan pokok terutama daging, bawang merah menjelang Ramadan hingga Idul Fitri 1437 H.

Rapat Koordinasi digelar antara Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Senin, 30 Mei.

Seusai rapat yang berlangsung sekitar satu jam itu, tiga pembantu Presiden Jokowi tersebut, enggan memberikan keterangan kepada wartawan terkait materi rapat.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Rini mengatakan menunjuk Perum Bulog dan PT Berdikari untuk mengimpor daging sapi dan bawang merah guna mengendalikan harga kedua bahan kebutuhan pokok itu.

“Kedua BUMN itu sudah kami tunjuk untuk mengendalikan harga berbagai kebutuhan khususnya bawang merah dan daging menyusul ada instruksi Presiden kepada BUMN untuk menurunkan harga berbagai barang menjelang Ramadan dan Idul Fitri,” ujar Rini.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, harga bawang merah harus bisa dijual Rp 25.000 per kg dan daging sapi Rp 80.000 per kg. Selengkapnya di Antara.

Indonesia besar-besaran promosikan kopi di Milan Italia

Coffee Cupping di Paviliun Indonesia. Foto oleh Uni Lubis/Rappler

Indonesia secara besar-besaran mempromosikan komoditas ekspor, khususnya kopi, dengan iklan berornamen batik di tiga gerbong tram jumbo yang melintasi beberapa pusat bisnis dan tempat bersejarah Kota Milan, Italia.

Promosi dengan memanfaatkan media luar ruang bergerak itu merupakan inovasi Pusat Promosi Perdagangan Indonesia (PPPI/ITPC) Milan dan diresmikan oleh Dubes Indonesia untuk Italia, Cyprus, Malta dan organisasi PBB, August Parengkuan, di Piazza Cairoli-Castelo Milano, pada Jumat, 27 Mei, silam.

August mengatakan, masyarakat dan pebisnis Italia belum begitu familiar dengan Indonesia sehingga promosi perlu digencarkan.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari promosi sejak Expo Milan 2015, dan dengan beberapa kegiatan forum bisnis di Italia, sudah terjadi beberapa kunjungan pengusaha Italia ke Indonesia terutama semenjak Presiden Italia Mattarela berkunjung ke Indonesia pada November 2015,” kata August.

Dubes mengakui, ketiadaan ikatan historis antara Indonesia dan Italia serta perbedaan bahasa menjadi kendala utama dalam melakukan relasi bisnis, oleh sebab itu menurutnya Indonesia harus terus aktif mengingat potensi bisnis yang dimiliki kedua negara sangatlah besar.

IPTC mengangkat produk unggulan kopi pada tram dengan slogan, “Noi e il caff siamo due anime inseparabilli. Il suo aroma e il rituale che ci sveglia ogni mattina” (Kami dan kopi adalah dua jiwa yang tak terpisahkan. Aroma dan ritualnyalah yang membangunkan kami setiap pagi). Selengkapnya di Antara.

Teman Ahok Fair galang dana Rp 1,4 miliar

Teman Ahok mengadakan hajatan 'Teman Ahok Fair' bertajuk Sejuta KTP Sejuta Harapan dan acara pengumpulan KTP sebagai dukungan bagi kandidat petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk mengikuti Pilkada 2017. Foto oleh Reno Esnir/Antara

Acara Teman Ahok Fair yang digelar oleh relawan pendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama meraup dana senilai Rp 1,4 miliar selama pameran pada 28 dan 29 Mei, di Gudang Sarinah, Pancoran, Jakarta.

“Sejauh ini pemasukan sudah ada Rp 1,4 miliar yang bersumber dari sponsor, booth, penjualan merchandise, dan tiket,” kata juru bicara Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas, Minggu.

Ia mengatakan dana yang terkumpul akan digunakan untuk operasional pengumpulan kartu tanda penduduk (KTP) untuk pencalonan kembali Ahok dalam Pilkada DKI 2017 melalui jalur independen.

Sementara itu, Ahok sendiri menyambut positif acara Teman Ahok Fair yang menurutnya merupakan langkah maju dalam perpolitikan di Indonesia.

“Saya pikir Teman Ahok Fair ini sebuah langkah maju di dalam dunia politik kita. Kita ini juga tidak kalah dengan luar negeri,” kata Ahok.

Salah satu langkah maju dalam politik Indonesia yang dilakukan Teman Ahok, menurutnya, adalah masalah pendanaan.

“Dulu kita selalu berpikir kalau mau berpolitik harus menyediakan uang yang banyak, tetapi dengan adanya Teman Ahok seperti ini, kita terbukti tidak menyediakan uang,” kata dia.

Teman Ahok Fair digelar selama dua hari yang dikemas dalam acara berupa bazar dan pentas musik. Acara ini juga menjadi ajang penggalangan dana Teman Ahok untuk terus mengumpulkan KTP bagi Ahok guna maju melalui jalur independen dalam Pilkada DKI 2017.

Soekarwo deklarasikan Provinsi Jawa Timur bebas prostitusi

ILUSTRASI. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Wanita mengamankan pasangan mesum yang terjaring razia wisma di Makassar, Sulawesi Selatan, 1 Desember 2015. Foto oleh ANTARA Foto

Gubernur Jawa Timur Soekarwo mendeklarasikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur resmi bersih dari prostitusi. Deklarasi dilakukan setelah Pemprov melakukan penutupan lokalisasi prostitusi terakhir di Jatim yakni di Kota Mojokerto pada Minggu, 29 Mei. 

“Pada hari ini dengan deklarasi Kota Mojokerto bersih dari prostitusi, merupakan deklarasi penutupan lokalisasi terakhir di Jawa Timur. Dengan demikian dapat dinyatakan Provinsi Jawa Timur bersih dari prostitusi,” kata Soekarwo.

Soekarwo juga menyebut pihak-pihak yang selama ini terlibat dalam upaya Pemprov “membersihkan diri” dari prostitusi, antara lain forum pimpinan daerah, para ulama, tokoh agama, Ikatan Dai Area Lokalisasi (IDAI), para pengusaha hotel, para pemilik usaha kos-kosan, serta masyarakat umum.

“Inilah wujud implementasi kegotongroyongan dan keguyuban para ulama, umaro dan masyarakat Jawa Timur dalam rangka amar maruf nahi mungkar, menyelesaikan permasalahan kemaksiatan secara humanis dan penuh kedamaian,” ujarnya. 

Menurut Karwo, permasalahan prostitusi menjadi masalah patologi sosial (penyakit masyarakat) sejak sejarah kehidupan manusia sampai sekarang. Usaha penanggulangannya sangat sulit serta memerlukan biaya yang besar. “Namun kita tidak pernah menyerah dan putus asa demi kemaslahatan umat,” ujarnya. Selengkapnya di Republika.

Jalur kereta trans Papua akan mulai dibangun tahun ini

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan akan memulai pembangunan jalur kereta Trans Papua pada semester dua tahun ini. Jalur kereta Trans Papua rencananya akan membentang sepanjang 390 kilometer (km) dari Sorong sampai ke Manokwari.

“Papua perintahnya tahun ini harus groundbreaking. Perintahnya tahun ini bagaimana caranya dari Sorong ke Manokwari itu 390 kilometer (km),” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Prasetyo Boeditjahjono.

Menurut Prasetyo, sulitnya membebaskan lahan di Papua menjadi tantangan bagi Kemenhub untuk memulai pembangunan proyek Trans Papua tahun ini. Hal tersebut dikarenakan banyak tanah di Papua yang merupakan tanah adat yang diberikan secara turun temurun dan tidak memiliki sertifikat. 

Pembangunan proyek kereta Trans Papua ini akan menggunakan dana dari APBN karena, menurut Prasetyo, proyek ini tidak layak secara ekonomi bila ditawarkan ke investor. Selengkapnya di Detik.com.

Mensos: Gus Dur dan Soeharto akan jadi pahlawan nasional pada November 2016

Presiden Soeharto dalam kunjungannya ke Paris pada 13 November 1972. Foto oleh AFP

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa pemberian gelar pahlawan nasional kepada Presiden RI kedua, Soeharto, dan Presiden RI keempat, Abdurrahman “Gus Dur” Wahid, akan diberikan pada November 2016.

Menurut Khofifah, Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) telah membuat surat untuk dibahas oleh Tim Dewan Gelar. Surat tersebut dibuat satu paket yang berisi pengajuan gelar pahlawan Gus Dur dan Soeharto.

“Karena sekarang itu ada SK yang menjadikan satu antara pemberian gelar pahlawan kepada Gus Dur dan kepada Pak Harto,” kata Khofifah, Minggu, 29 Mei.

Sebelum pemberian gelar, akan ada seminar tingkat nasional oleh tim yang membahas gelar pahlawan untuk kedua tokoh ini pada Agustus mendatang. Seminar ini akan menjadi acuan pemberian gelar pada November nanti. Selengkapnya di Liputan6.com.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!