US basketball

Berita hari ini: Rabu, 1 Juni 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Rabu, 1 Juni 2016

ANTARA FOTO

Pantau terus laman ini untuk mengetahui berita pilihan redaksi Rappler sepanjang Rabu, 1 Juni 2016.

Indonesia wRap: Hari Lahirnya Pancasila dan Simposium ‘Anti-PKI’

 

Jaksa Agung: Eksekusi mati tahap 3 dilakukan setelah Lebaran

Jaksa Agung, Muhammad Prasetyo memastikan pelaksanaan eksekusi mati tahap ke-3 akan dilakukan setelah perayaan Idul Fitri. Dia bahkan menyebut kemungkinan besar eksekusi dilakukan di awal bulan Juli. 

“Kemungkinan (eksekusi) setelah Lebaran,” ujar Prasetyo ketika melakukan kunjungan kerja ke Ambon. 

Namun, dia tidak menjelaskan secara rinci mengenai pelaksanaan eksekusi itu lebih lanjut seperti jumlah terpidana mati yang akan dieksekusi maupun tempatnya. Tetapi, santer disebut terpidana mati kasus narkoba, Freddy Budiman masuk dalam daftar napi yang akan dieksekusi.

Kemungkinan besar dalam eksekusi tahap tiga ini akan melibatkan napi warga asing. 

Sesuai dengan aturan, pemerintah akan memberikan notifikasi mengenai pelaksanaan hukuman mati tiga hari sebelumnya. Menteri Koordinator bidang hukum, politik dan keamanan Luhut Pandjaitan telah meminta agar pelaksanaan hukuman mati kali ini tidak menimbulkan drama seperti eksekusi pada tahun 2015. 

Luhut berpendapat jika mengikuti ketentuan yang ada di dalam Undang-Undang, maka pelaksanaan eksekusi mati tidak ditanggapi secara berlebihan oleh masyarakat. Selengkapnya di Antaranews

TNI AL: KRI Pati Unus-384 bocor bukan karena ditembak militer negara lain 

KAPAL BOCOR. Ilustrasi KRI Pati Unus-384 saat dinaikkan ke darat untuk perawatan menyeluruh. KRI Pati Unus-384 merupakan kapal korvet kelas Parchim eks Jerman Timur yang dibeli pada 1993. Foto diambil oleh ANTARA dari Facebook

TNI Angkatan Laut membantah bocornya lambung KRI Pati Unus-384 karena diserang oleh militer negara lain di perairan Belawan, Sumatera Utara. Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama Edi Sucipto mengatakan penyebab bocornya lambung kapal karena terkena sesuatu benda di bawah permukaan air. 

“Saat ini komandan dan seluruh anak buah kapal KRI Pati Unus bersama personel Dinas Penyelaman Bawah Air dan Pangkalan Utama TNI AL I Belawan tengah mengatasi kebocoran tersebut,” ujar Edi. 

Tetapi, upaya itu terhalang karena posisi kapal berada di area permukaan yang terbuka sehingga pengaruh angin gelombang dapat mempengaruhi perbaikan lambung kapal tersebut. 

KRI Pati Unus-384 diketahui bocor pada 18:15 WIB pada tanggal 13 Mei saat tengah berlayar di alur pelayaran Belawan. Berita mengenai KRI Pati Unus dihantam oleh militer negara lain menjadi ramai karena muncul meme dan foto di media sosial. Dalam foto-foto tersebut menggambarkan seolah KRI Pati Unus-384 tenggelam akibat dihantam torpedo. Selengkapnya baca di Antara

Kantor Pertamina Semarang dapat ancaman bom

Teror bom melanda kantor PT Pertamina Marketing Operation di Semarang, Jawa Tengah pada Rabu, 1 Juni. Sebuah pesan singkat berisi ancaman akan meledakkan kantor tersebut diterima oleh seorang pegawai bagian teknologi informasi perusahaan sekitar pukul 07.30 WIB.

Juru bicara PT Pertamina Marketing Operation Region IV Suyanto mengatakan SMS ancaman tersebut langsung diteruskan ke polisi untuk ditindaklanjuti. Tim Gegana Brimob Polda Jawa Tengah tiba tidak lama berselang.

“Isinya tidak spesifik soal bom, tapi hanya ancaman akan meledakkan,” kata Suyanto.

Tim Gegana Brimob Polda Jawa Tengah menyisir kompleks perkantoran tersebut tetapi tidak menemukan benda yang mencurigakan. Baca berita selengkapnya di antaranews.com

8 pemerkosa anak 12 tahun di Semarang ditangkap

TIDAK TERBUKTI. Alih-alih fokus mencari jumlah pasti pelaku pemerkosaan, polisi malah mendalami mengenai pesta narkoba yang diduga ikut melibatkan korban. Ilustrasi oleh Adinda Maya/Rappler

SEMARANG, Indonesia – Delapan dari 21 terduga pelaku pemerkosaan terhadap SR (12 tahun), siswi SD di Penggaron Semarang, diringkus polisi di tempat berbeda pada Senin malam, 30 Mei.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Burhanuddin mengatakan 2 dari 8 pelaku akhirnya dibebaskan dengan dalih tidak memenuhi unsur tindak kekerasan seksual.  

“Dari delapan pelaku yang kami amankan, ada yang masih anak-anak dan ada yang sudah berusia dewasa,” kata Burhanuddin di Mapolrestabes Semarang, Selasa, 31 Mei.

“Pokoknya masih ditelisik terus dan pelaku lainnya akan dikejar sampai dapat semua,” ujarnya, sembari menambahkan bahwa 21 pelaku pemerkosaan terhadap SR bakal dijerat dengan UU Perlindungan Anak.

Minggu lalu, Presiden Joko Widodo menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang yang memperberat hukuman terpidana pemerkosaan sampai hukuman mati dan kebiri kimia. 

“Hasil yang didapat, pelaku melakukan bujuk rayu sebelum memerkosa korban. Itu dilakukan supaya mau mengikuti keinginan para tersangka,” katanya.

Hasil penyelidikan yang dilakukan polisi, SR diketahui merupakan anak perempuan dari keluarga broken home. Setiap hari, SR tinggal sendirian di rumah sedangkan sang ayah berinisial A bekerja serabutan. – dengan laporan Fariz Fardianto/Rappler.com

Megawati menangis di peringatan Pidato Bung Karno

DI BALIK SOEKARNO. Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri memperingati Hari Pancasila pada 1 Juni 1998. Foto oleh Kemal Jufri/AFP

 Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menangis ketika memberi sambutan dalam perayaan Hari Lahir Pancasila di Bandung, Jawa Barat pada Rabu, 1 Juni.

Presiden kelima Indonesia itu diminta memberikan sambutan mewakili keluarga Soekarno. 

“Dengan semangat Pancasila 1 Juni 1945 jadikan Pancasila 1 Juni 1945 sebagai falsafah bangsa Indonesia,” kata anak kedua Soekarno itu.

“Pancasila 1 Juni 1945 adalah prinsip dasar sekaligus jalan penerang yang harus kita ambil untuk terus melangkah, teruslah berjalan, teruslah bergerak, teruslah bersama dalam perjalanan menuju masyarakat adil makmur lahir batin sampai terwujud Indonesia Raya, Indonesia yang sejati-jatinya merdeka.” Baca berita selengkapnya di Antaranews.com

Hore! Hari libur nasional bertambah lagi

Parade pawai seni budaya dalam rangka memeriahkan peringatan pidato Bung Karno di Bandung, Rabu, 1 Juni. Foto: Antara/Ida Nurcahyani

Hari libur nasional Indonesia bertambah satu lagi. Hari ini, Presiden Joko Widodo mengumumkan secara resmi bahwa mulai 2017, tanggal 1 Juni akan menjadi hari libur nasional untuk merayakan hari lahirnya ideologi negara Pancasila.

“Dengan mengucap bismillah, tanggal 1 Juni ditetapkan diliburkan dan diperingati sebangai Hari Lahir Pancasila,” kata Presiden dalam Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka Bandung, Jawa Barat, pada Rabu, 1 Juni.

Keputusan Jokowi itu disambut tepuk tangan meriah dari seluruh tamu undangan yang memadati gedung.

Sampai saat ini, Indonesia sudah mempunyai 15 hari libur nasional, tiga hari cuti bersama Idul Fitri, dan satu hari cuti bersama Natal. Baca berita selengkapnya di Detik.com

Pencurian energi listrik resmi haram

MUI menerbitkan fatwa yang mengharamkan pencurian energi listrik pada  Selasa, 31 Mei. Foto oleh Jurnasyanto Sukarno/EPA

Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara resmi menyatakan pencurian energi listrik haram dengan menerbitkan fatwa No. 17, 2016 tentang pencurian energi listrik.

“Dengan fatwa ini, MUI menetapkan bahwa mencuri energi listrik hukumnya haram termasuk juga membantu dengan segala bentuknya dan atau membiarkan terjadinya pencurian energi listrik hukumnya haram,” kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh pada Selasa, 31 Mei.

Fatwa tersebut disambut baik oleh General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya Syamsul Huda. Dia berharap masyarakat semakin sadar bahwa menggunakan listrik adalah salah dan dilarang agama.

“Memang haram hukumnya melakukan pencurian, tapi enggak banyak yang paham menggunakan listrik ilegal itu adalah mencuri. Dengan fatwa MUI, ini bisa mendukung kegiatan kami. Ini juga membantu agar umat muslim taat ibadahnya,” kata Syamsul. Baca berita selengkapnya di Kompas.com

Singapura bantah klaim Pulau Manis di Batam 

KLAIM PULAU. Awal mula rumor klaim itu dari adanya rencana untuk mengembangkan area pulau buatan bernama Funtasyland. Foto oleh ANTARA

Pemerintah Singapura membantah telah mengklaim Pulau Manis yang masuk dalam area Kepulauan Batam, Riau. Bantahan disampaikan secara resmi melalui rilis Kementerian Luar Negeri pada Selasa malam kemarin. 

Dalam pernyataannya, Kemlu Singapura mengaku bingung dengan laporan berbagai media di Indonesia yang menyebut Negeri Singa mengklaim Pulau Manis. Awal mula dari laporan tersebut karena adanya peta yang diunggah ke situs sebuah resor mewah bernama Funtasy Island. Resor dengan luas 30 hektar yang dimiliki oleh Singapura itu diketahui berlokasi di Pulau Manis, Batam. 

Dalam petanya, sang desainer membuat warna Pulau Manis dan Singapura terlihat sama yakni biru, sehingga menimbulkan kesan pulau tersebut merupakan bagian dari Singapura. Warna dalam peta itu pun telah diubah dan dibedakan. Akibat laporan ini berbagai pejabat di Indonesia mulai dari anggota DPR hingga Wakil Presiden Jusuf “JK” Kalla ikut berkomentar. JK mengaku tidak percaya seandainya Singapura sampai mengklaim Pulau Manis. Selengkapnya baca di Channel News Asia.

Lapas Gorontalo rusuh

LAPAS GORONTALO RUSUH. Lembaga pemasyarakatan kelas II A Gorontalo rusuh sejak Selasa malam, 31 Mei. Belum diketahui penyebab kerusuhan. Foto oleh Nyoman Budhiana/ANTARA

Kerusuhan di lembaga pemasyarakatan terjadi lagi. 

Saat ini, Kapolda Gorontalo Brigjen Hengkie Kaluara dan jajarannya sedang berusaha meredam kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Gorontalo sejak tadi malam.

“Ya rusuh dari semalam, anggota di lapangan masih standby di lokasi,” kata anggota Polres Gorontalo Kota Brigadir Budiono pada Rabu, 1 Juni.

Belum diketahui penyebab kerusuhan.

Pada akhir April lalu, Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan di Bali juga rusuh setelah narapinda menolak kehadiran 11 tersangka pembunuhan yang juga organisasi masyarakat terbesar di Bali: Laskar Bali. Pada akhir Maret, polisi menetapkan 17 tersangka kerusuhan dan pembakaran di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Melabero, Bengkulu. – Baca berita selengkapnya di Detik.com

Indonesia wRap: Selasa, 31 Mei 2016

Dari keputusan PTUN yang menyatakan reklamasi ilegal hingga buronan La Nyalla Mattalitti ditangkap

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) menjatuhkan putusan untuk gugatan nelayan terhadap salah satu pulau reklamasi di Teluk Jakarta, Pulau G. Hasilnya, majelis hakim menerima gugatan nelayan dan membatalkan izin reklamasi Pulau G oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama ke PT Muara Wisesa Samudra, anak perusahaan pengembang Agung Podomoro Land.

Sementara, buronan kasus tindak korupsi, La Nyalla Mattalitti akhirnya ditangkap oleh otoritas Singapura karena dianggap telah tinggal di Negeri Singa melewati batas waktu yang ditentukan atau overstay. Dia dijemput oleh otoritas berwenang di Indonesia dan langsung dibawa ke Kejaksaan Agung. Ketua Umum PSSI itu akan diperiksa di Jakarta selama 20 hari.

Simak video berisi rangkuman berita tersebut: 

 

– Rappler.com

 

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!