Berita hari ini: Sabtu, 4 Juni 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Sabtu, 4 Juni 2016

SIGID KURNIAWAN

Pantau terus laman ini untuk mengetahui berita pilihan redaksi pada Sabtu, 4 Juni 2016.

 Kegembiran Ahmad Dhani sambut kelahiran anak ke-2 dari Mulan Jameela

JAKARTA, Indonesia – Pasangan artis Ahmad Dhani dan Mulan Jameela tengah diselimuti kebahagiaan karena mereka baru saja dikaruniai anak kedua pada Sabtu, 4 Juni. Anak kedua yang berjenis kelamin laki-laki itu diberi nama oleh Dhani yaitu Ahmad Syailendra Aerlangga. 

Informasi itu kali pertama disampaikan oleh mantan suami Maia Estianti itu melalui akun Instagramnya @AHMADDHANIPRAST. Di akun Instagramnya, Dhani mengunggah sebuah video berisi dia, putra kedua dari pernikahan dengan Maia, El dan ibunya tengah berada di dalam lift bersama bayi yang baru saja dilahirkan. 

“Dengan rahmat Tuhan dan didorong keinginan luhur…telah hadir di muka bumi seorang titah yg akan menentramkan dan mengharmoniskan seluruh alam….Gusti nyembadani Ahmad Syailendra Aerlangga….Rahayu Kalis Ing,” tulis Dhani di akun Instagramnya. 

Berikut video dari akun Instagram Dhani: 


Para penggemar Dhani pun memberikan ucapan selamat melalui akun Instagram tersebut. Sebelumnya dari pernikahan dengan Mulan, Dhani telah dikaruniai seorang putri yang diberi nama Safeea Ahmad. Sementara, dari pernikahan dengan Maia, Dhani diberikan 3 orang putra: yakni Ahmad Al Ghazali, Ahmad El Jallaludin Rumi dan Dul Jaelani. – Rappler.com

Hadapi Lee Chong Wei, Ihsan Maulana Mustofa siap bermain lepas 

MAJU KE SEMIFINAL. Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Ihsan Maulana Mustofa meluapkan kegembiraan usai memperoleh poin dari pebulu tangkis tunggal putra Inggris Rajiv Ouseph pada perempat final Kejuaraan BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016 di Istora Senayan Jakarta, Jumat, 3 Juni. Foto oleh Wahyu Putro A./ANTARA

Pebulutangkis tunggal putra, Ihsan Maulana Mustofa berharap bisa bermain tenang dan lepas ketika menghadapi pebulutangkis unggulan Malaysia pada Sabtu, 4 Juni dalam babak semifinal BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016. Berdasarkan penghitungan di aas kertas, Ihsan yang saat ini masih menduduki peringkat ke-29 masih terpaut jauh dari Chong Wei yang sudah berada di urutan ke-2 dunia.

“Pelatih selalu mengingatkan saya, kalau saya tidak bermain sendiri. Ada pelatih, apalagi di sini suporter luar biasa. Saya berharap bisa bermain maksimal dan bebas. Kalau rezeki tidak akan ke mana,” ujar Ihsan usai meraih tiket ke semifinal setelah mengalahkan wakil dari Inggris, Rajiv Ouseph dengan rubber game, 17-21, 21-12, dan 21-12.

Dalam permainan hari ini, dia menyebut memerlukan agar staminanya bisa kembali lebih dulu karena laga sebelumnya cukup menguras tenaga. Dalam pertandingan hari ini, dia mengaku ingin bermain bagus dulu dengan mengumpulkan poin demi poin.

Sementara, tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei mengaku tidak memiliki persiapan khusus ketika berhadapan dengan Ihsan hari ini. Kendati begitu, bukan berarti mantan pemain terbaik dunia itu tidak mengejar kemenangan.

“Saya tetap ingin mengejar gelar juara Indonesia Open yang keenam. Oleh sebab itu, saya tidak akan membiarkan satu-satunya wakil Indonesia menghalangi target,” kata Lee.

Dia juga mengakui ramainya stadion Istora Senayan Jakarta dan ribuan suporter Indonesia bisa menjadi tenaga tambahan bagi Ihsan.

“Saya harus mewaspadai hal itu,” tuturnya.

Mampukah Ihsan meraih tiket ke babak final? Baca selengkapnya di Berita Satu.

Prajurit TNI AU tewas diduga akibat dianiaya senior

DIANIAYA SENIOR. Prajurit TNI Angkatan Udara, Septiawan Wahyu, tewas pada Rabu, 1 Juni diduga akibat dianiaya oleh kakak seniornya. Foto ilustrasi oleh Aloysius Jarot Nugroho/ANTARA

Seorang prajurit TNI Angkatan Udara yang juga siswa Sekolah Kejuruan Dasar Listrik dan Elektronika (Sejursalislek) Skadik 203 Landasan Udara Sulaiman, Bandung, Jawa Barat dikabarkan meninggal dunia karena diduga dianiaya oleh kakak seniornya. Prajurit yang diketahui bernama Septiawan Wahyu itu meninggal pada Rabu, 1 Juni.

Kepala Pentak Lanud Sulaiman, Asni Asnywatty membenarkan adanya siswa Sejursalislek bernama Septiawan yang meninggal dunia.

“Iya benar (dia meninggal). Tetapi, saya tidak bisa berbicara banyak. Mengenai kronologi dan penyebab akan dipaparkan oleh komandan kami,” ujar Asni.

Septiawan diduga dianiaya oleh seniornya pada Rabu malam. Dia mengalami luka dan sempat dirawat di rumah sakit. Tetapi, nyawanya tidak tertolong setelah menjalani perawatan.

Asni mengatakan jenazah Septiawan sudah dibawa ke Solo pagi tadi sekitar pukul 07:00.

Kasus ini sedang diselidiki oleh POM Lanud Sulaiman. Kadispen TNI AU, Marsma Wieko Syofyan menyebut Septiawan merupakan anggota TNI AU yang tengah mengikuti sekolah kejuruan tingkat bintara. Selengkapnya baca Detik.

Bandara Abdulrachman Saleh Malang tutup karena pesawat hercules alami kerusakan 

BANDARA DITUTUP. Bandara Abdulrachman Saleh, Malang ditutup selama 24 jam karena nose wheel pesawat hercules rusak di main runway. Foto oleh Arindra Meodia/ANTARA

MALANG, Indonesia – Bandara Abdulrachman Saleh Malang ditutup selama 24 jam sejak Sabtu, 4 Juni pukul 07:00 hingga Minggu, 5 Juni di jam yang sama. Penutupan bandara disebabkan roda depan atau nose wheel pesawat Hercules A 1318 patah di landasan utama Lanud Abd Saleh saat hendak lepas landas.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Abd Saleh Mayor Sus Hamdi Londong Allo mengatakan tak ada korban jiwa atau luka dalam peristiwa tersebut.

“Saat itu pesawat Herky dengan kode penerbangan A 1318 sedang melakukan tugas rutin. Tetapi, ketika akan take off di main runway, nose wheelnya patah,” ujar Londong.

Karena pesawat berada di main runway maka penerbangan di Bandara Abdulrachman Saleh terpaksa tak beroperasi selama 24 jam hingga besok.

“Pesawat sekarang ada di runway, jadi butuh waktu untuk memindahkan pesawat,”kata dia.

Londong mengaku belum mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan itu.

“Saya sedang tidak di lokasi, detilnya (akan disampaikan) Senin minggu depan,” tutur dia.

Sementara Kepala UPTD Bandara Abdulrachman Saleh Suharno mengatakan bandara ditutup karena kendala teknis dari TNI AU Lanud Abdulrachman Saleh.

“Terjadi aircraft block runway, untuk teknisnya itu yang menangani pihak Lanud,” kata Suharno.

Beberapa maskapai akhirnya mengalihkan penerbangan dari Malang ke Surabaya.

“Tiga penerbangan kami dari Malang ke Jakarta dialihkan ke Juanda. Selama ini penerbangan komersil yang selama ini menumpang di main runway milik Laund,” ujar Manajer Distrik Sriwiaya Air, Muhammad Yusri Hansya. – dengan laporan Dyah Pitaloka/Rappler

Helikopter jatuh di Papua, tewaskan 1 orang

HELIKOPTER JATUH. Helikopter milik PT Amur jatuh di Degeuwo Distrik Dogobaida, Kabupaten Paniai, Papua pada Sabtu pagi, 4 Juni. Pilot helikopter dilaporkan tewas di tempat. Foto ilustrasi oleh Herry Murdy Hermawan/ANTARA

Sebuah helikopter milik PT Amur dilaporkan jatuh di Degeuwo Distrik Dogobaida, Kabupaten Paniai, Papua pada Sabtu pagi, 4 Juni. Helikopter jatuh di lokasi 99, yakni di Kali Degeuwo, Distrik Dogobaida, Kabupaten Paniai.

Berdasarkan informasi, helikopter itu ditumpangi seorang pilot dan 3 penumpang. Pilot diketahui bernama Kombes Pol (Purn) Karmana, sedangkan tiga penumpang yakni Ajo, Asmar dan Darwis.

Saat jatuh, helikopter diketahui membawa barang campuran seberat 314 kilogram. Informasi dari PT Amur, pilot helikopter tewas di tempat karena mengalami luka benturan di kepala. Tiga penumpang lainnya masih dalam kondisi kritis di Rumah Sakit Umum Daerah Nabire.

PT Amur masih melakukan koordinasi dengan PK HVD milik Dimonim Air untuk meninjau tempat kejadian perkara. Penyebab jatuhnya helikopter hingga saat ini masih belum diketahui. Selengkapnya di Sindo News.

Artis Restu Sinaga tertangkap basah menggunakan narkoba

Petugas menunjukkan narkotika jenis sabu saat gelar barang bukti narkotika di Badan Narkotika Nasional (BNN), Jakarta, Kamis 7 Januari. Foto oleh M Agung Rajasa/ANTARA

 Aktor Restu Sinaga ditangkap polisi pada Jumat dini hari, 3 Juni karena positif menggunakan narkoba jenis sabu. Kepala Unit II Satuan Narkoba Kepolisian Resor Metro Jakarta Selatan, Inspektur Satu Edy Suprayitno menyebut Restu ditangkap di rumahnya di kawasan Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan.

Menurut Edy, RS sudah lama mengkonsumsi narkoba.

“Dia (RS) bilangya sudah menggunakan narkoba selama 3 tahun,” ujar Edy di Markas Polres Metro Jakarta Selatan.

Di rumah itu, dia hanya tinggal bersama kakaknya. Sebab, Ibunya baru meninggal 1,5 bulan lalu. Edy mengatakan RS tergolong sebagai pengguna narkoba kelas berat karena berbagai jenis narkotika sudah pernah dia cicipi, termasuk kokain. Dari hasil penggebrekan di rumah RS, polisi berhasil menyita satu plastik ganja, obat penenang dumolid dan 26 butir pil Happy Five. Selengkapnya di Tempo.co

Kesan Menlu Retno terhadap Dubes Sabam: Beliau guru saya saat bertugas di Australia

DUBES SABAM MENINGGAL. Mantan Duta Besar Indonesia untuk Australia dan tokoh senior di dunia pers, Sabam Siagian wafat di usia 84 tahun pada Jumat, 3 Juni. Foto oleh ANTARA

JAKARTA, Indonesia – Kementerian Luar Negeri menyampaikan rasa duka mendalam atas wafatnya mantan Duta Besar Indonesia untuk Australia, Sabam Siagian di Rumah Sakit Siloam pada Jumat, 3 Juni di usia 84 tahun. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang saat ini tengah berada di Prancis mengaku sedih dan kehilangan atas kepergian Sabam. 

“Duta Besar Sabam Siagian merupakan sosok Dubes yang visioner dan gigih. Beliau adalah guru saya ketika bertugas di KBRI Canberra,” ujar Retno seperti dalam keterangan tertulis pada hari ini. 

Lahir pada 4 Mei 1932, Sabam menempuh pendidikan di Fakultas Hukum dan Ilmu-ilmu Sosial Universitas Indonesia, Akademi Dinas Luar Negeri (ADLN), dan Pendidikan Ilmu Politik di Vanderbilt University, Nashville, Tennessee, Amerika Serikat. Pada tahun 1978, dia mengikuti program  Nieman Fellow for Journalism dari Harvard University, Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. 

Sabam bertugas menjadi Duta Besar pada tahun 1991 hingga 1995. Selama berada di Australia, Sabam berhasil meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Australia. 

Setelah selesai bertugas, Sabam kembali ke dunia jurnalistik dengan menjabat sebagai Presiden Komisaris di harian Suara Pembaruan dan Pemimpin Redaksi The Jakarta Post. – Rappler.com

Tanggul di Pantai Mutiara jebol karena air laut pasang

TANGGUNG JEBOL. Petugas melakukan evakuasi warga saat banjir yang menggenangi kawasan Perumahan Pantai Mutiara, Jakarta, Sabtu, 4 Juni. Foto oleh Reno Esnir/ANTARA

Kepala Dinas Tata Air Provinsi DKI Jakarta, Teguh Hendrawan, memastikan penyebab jebolnya tanggul di sekitar perumahan Pantai Mutiara akibat air laut yang pasang. Tanggul diprediksi mulai jebol sejak pukul 20:30 WIB. 

“Tanggul jebol berada di jembatan dan tanggul apartemen Pantai Mutiara,” ujar Teguh dalam keterangan tertulis. 

Volume air laut yang masuk melebihi ketinggian tanggul. Sementara, dari bawah tanggul, air laut juga masuk dan menggerus bagian bawah jembatan. 

Akibat jebolnya tanggul tersebut air laut terlihat menggenangi kawasan perumahan Pantai Mutiara. Sementara, demi keamanan Pemda DKI sengaja mematikan aliran listrik di kawasan tersebut. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI bersama instansi terkait telah mengevakuasi warga yang terdampak dengan menggunakan perahu karet sejak semalam. Saat ini BPBD masih melakukan pendataan. Sementara, tanggul yang jebol sudah berhasil ditutup dengan karung pasir dari Dinas Tata Air dibantu oleh TNI dan Bina Marga. Selengkapnya di Detik

Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama merupakan salah satu orang yang diketahui juga memiliki rumah di area itu. Lalu, bagaimana keadaan rumah Ahok? Mantan politisi dari Partai Gerindra itu menyebut rumahnya tidak tergenang. 

“Perumahan yang tergenang hanya yang berhadapan langsung dengan laut,” ujar Ahok. 

Indonesia wRap: Jumat, 3 Juni 2016

Dari tumbangnya unggulan pebulu tangkis Indonesia di ajang Indonesia Open hingga persiapan berpuasa

Para pebulu tangkis unggulan Indonesia justru bertumbangan di ajang BCA Indonesia Open Super Series Premier 2016. Di sektor ganda putra, Indonesia tidak berhasil meloloskan satu wakil pun setelah pasangan unggulan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dikalahkan ganda dari Denmark dengan skor rubber set: 21-19 13-21 18-21. Bagaimana nasib wakil dari Indonesia di babak final nanti?

Mulai tanggal 6 Juni, umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia mulai memperingati bulan Ramadhan dengan berpuasa. Rappler Indonesia membuat laman khusus di bagian depan yang memuat laporan mengenai Ramadhan. Salah satunya, mengenai manfaat berpuasa. Apa saja manfaat berpuasa selama 1 bulan bagi tubuh kamu? Simak laporannya dalam video berikut:

 

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!