5 hal tentang pembalap Spanyol Luis Salom

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal tentang pembalap Spanyol Luis Salom

EPA

Luis Salom meninggal dalam kecelakaan di sesi latihan bebas di Sirkuit Catalunya pada Jumat, 3 Juni.

JAKARTA, Indonesia – Pembalap Moto2 Luis Salom meninggal dunia akibat kecelakaan yang terjadi saat sesi latihan di Grand Prix Catalunya, Spanyol, pada Jumat, 3 Juni.

Pembalap berusia 24 tahun dari tim SAG tersebut kecelakaan di tikungan ke-12, di sirkuit Montmelo yang penuh tantangan, 25 menit sebelum sesi latihan kedua berakhir.

Berikut hal-hal yang kamu perlu tahu tentang pemuda 24 tahun ini.

1. Balapan sejak anak-anak

Salom lahir di Palma, Spanyol, dan sudah mulai balapan sejak berusia 8 tahun. Saat itu, ia memenangan kejuaraan Balearic Supermotard untuk kelas 50 cc.

7 tahun kemudian, ia merangsek ke kejuaraan Balearic 125 cc, dan dua tahun berturut-turut menjadi peringkat pertama. Setelah itu, ia masuk kejuaraan CEV Buckler pada 2007.

Salom terkenal dengan gaya bertandingnya yang agresif.

2. Masuk kancah dunia pada tahun 2009

Setelah menuai prestasi pada kejuaraan lokal Spanyol, Salom mulai merambah kancah dunia pada tahun 2009. Ia mulai dari kelas 125 cc, atau Moto3.

Pada tahun 2012, ia berada di posisi dua kejuaraan dunia Moto3, dan setahun kemudian di posisi ketiga pada babak final di Valencia.

Ia menjadi juara 9 kali di Moto3 sebelum masuk ke Moto2. Prestasinya cukup baik, mengingat ia sudah menaiki podium tiga kali; dan berada di ranking 10 saat ini.

3. Bukan kecelakaan pertama

Sebelum ini, Salom pernah mengalami kecelakaan di kejuaraan Catalunya Grand Prix tahun 2014. Saat itu, ia beradu dengan Jonas Folger, di mana keduanya tak bisa mengikuti balapan.

Salom dibawa ke rumah sakit, dan menjalani operasi di bagian tangan kanan karena mengalami patah tulang.

Dalam kecelakaan kali itu, Salom juga sempat dioperasi terlebih dahulu. Sayang, nyawanya sudah tak tertolong lagi.

4. Kematian pertama setelah Simoncelli

Kematian Salom merupakan yang pertama setelah pembalap Italia Marco Simoncelli kehilangan nyawa di sirkuit Sepang pada 2011.

Saat itu, Simoncelli kehilangan kendalinya pada lap ke dua, dan tertabrak Collin Edwards dan Valentino Rossi hingga terseret di trek balap. Usianya sama seperti Salom, 24 tahun.

5. Simpati lintas cabang olahraga

Ucapan belasungkawa untuk Salom tak hanya datang dari rekannya di MotoGP. Klub sepakbola FC Barcelona juga turut merasa kehilangan seorang olahragawan di tanah mereka.




-Rappler.com

BACA JUGA: 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!