Obama ajak Muslim Amerika rayakan Idul Fitri di Gedung Putih

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Obama ajak Muslim Amerika rayakan Idul Fitri di Gedung Putih

AFP

Sekaligus menyindir pernyataan Donald Trump tentang warga Muslim Amerika.

JAKARTA, Indonesia – Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengajak umat Islam untuk merayakan Idul Fitri di Gedung Putih. Ia mengaku tidak sabar menunggu pesta akhir puasa itu bersama umat Islam Amerika.

“Seperti yang sudah saya lakukan selama masa kepemimpinan, saya membuka pintu Gedung Putih bagi Muslim Amerika pada momen spesial ini – untuk perayaan Idul Fitri pada akhir Ramadan,” kata Obama di situs resmi Gedung Putih pada Senin, 6 Juni. 

Suami Michelle Obama ini juga menambahkan kalau cara tersebut adalah yang terbaik untuk menandai perayaan Ramadan terakhirnya sebagai presiden AS.

Sindir Donald Trump?

Pada pernyataan yang sama, sejumlah media Amerika juga mengatakan kalau Obama tengah menyindir salah satu kandidat presiden Amerika Serikat Donald Trump. Pebisnis yang sekaligus kader Partai Republik itu terkenal sering menyindir dan menghina umat Muslim selama kampanye pencalonan atau preliminaries dari Partai Republik.  

Obama mengambil sikap yang berseberangan. “Saya ingin mengingatkan, kita adalah satu keluarga. Saya berdiri tegak di antara para Muslim, bersama-sama kita menolak suara-suara yang berusaha membatasi kebebasan beragama dan hak asasi,” kata Obama. 

Obama juga berjanji akan memastikan semua warga Amerika mendapat hak mereka tanpa memandang agama ataupun penampilan.

Ia juga tak lupa menyebut para pencari suaka yang terpaksa meninggalkan tanah kelahiran mereka karena konflik dan peperangan. “Begitu banyak orang Muslim yang tak bisa menjalani Ramadan dengan nyaman di tanah kelahiran mereka, ataupun Idul Fitri dengan anak-anak mereka,” kata dia.

Amerika, menurut Obama, akan tetap menerima para imigran dan pencari suaka. Termasuk orang Muslim. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!