Jus anti-lapar ini bermanfaat buat kamu yang sedang berpuasa

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jus anti-lapar ini bermanfaat buat kamu yang sedang berpuasa
Jus anti-lapar ini baik dikonsumsi sehari-hari, termasuk di bulan Ramadan karena mengandung nutrisi yang membantu kondisi fisik orang yang sedang puasa.

BANDUNG, Indonesia – Jus buah dan sayur digemari karena khasiatnya yang baik bagi tubuh, namun dengan catatan tidak terlalu banyak mengandung gula. Tapi kini banyak penjual jus yang sudah tidak alami lagi, seperti mencampur buah dengan pemanis buatan dan pengawet agar tahan lama.

Namun di Bandung, ada sebuah kafe bernama Okebro yang menjual aneka jus kesehatan, di antaranya bahkan cocok untuk kamu yang sedang menjalankan puasa. Salah satunya adalah Jus Anti-lapar. Jus ini terbuat dari campuran wortel, buah naga merah, dan seledri.

Manfaat dari buah dan sayur itu tak perlu diragukan lagi. Wortel mengandung vitamin A, B, C, dan E, kalium, dan juga zat besi. Sedangkan, buah naga merah kaya akan nutrisi. Buah yang juga diberi nama Pitaya ini juga kaya vitamin dan lemak tak jenuh yang penting untuk tubuh. Serat buah yang berasal dari Meksiko ini sangat baik untuk pencernaan.

Sedangkan seledri merupakan sayuran yang mengandung kalsium, vitamin A, B1, B2, B6, dan juga vitamin C. Daun seledri yang memiliki nama latin Apium Graveolens ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Rasanya sangat menyegarkan dengan aroma seledri yang memberikan sensasi rasa yang berbeda. Tapi betulkah jus itu dapat menghilangkan rasa lapar seperti namanya? Jika iya, tentu cocok untuk diminum saat sahur.

“Jus ini kan padat kalorinya ya, jadi bisa mengerem selera makan dalam beberapa waktu, tapi tidak dalam waktu yang lama,” kata Kepala Dapur Okebro, Muhammad Linggra Nugraha, saat ditemui Rappler baru-baru ini.

Jadi jangan berharap seusai minum jus ini, kamu akan tahan lapar seharian, karena menurut Linggra, nama anti-lapar hanya sebagai strategi marketing. Meski demikian, jus anti-lapar ini sangat baik dikonsumsi sehari-hari, termasuk di bulan puasa. Kandungan nutrisinya yang menyehatkan akan membantu kondisi fisik orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Jus lainnya yang cocok diminum saat bulan puasa adalah jus untuk memperlancarkan metabolisme. Jus ini terbuat dari nanas, semangka, mentimun, apel, wortel, dan madu. Buah-buahan yang dipilih merupakan buah yang banyak mengandung air dan serat sehingga bisa mencegah sembelit yang biasa dialami orang yang sedang berpuasa.

Jus kesehatan dan kecantikan menjadi andalan kafe Okebro di Bandung. Foto oleh Yuli Saputra/Rappler
 

Khusus bagi kamu yang menderita anemia tapi ingin tetap menjalankan ibadah shaum, sebaiknya memilih asupan makanan yang bisa meningkatkan kadar sel darah merah.

Di kafe Okebro tersedia pula jus yang baik untuk diminum penderita anemia.  Jus yang diberi nama jus kurang darah itu terbuat dari pare, mangga, dan madu. Pare diketahui memiliki khasiat menyembuhkan anemia. Namun sayuran ini kurang disukai karena rasanya yang pahit. 

Untuk menyamarkan rasa pahitnya, sayur itu dicampur dengan mangga dan madu. Hasilnya adalah jus kurang darah yang segar dan sehat dengan rasa pahit yang bisa ditolerir lidah.

Selain ketiga jus tersebut, masih ada beberapa jus kesehatan yang dijual di Okebro, seperti jus kecantikan, jus awet muda, jus stamina, jus diet, dan jus asam urat. 

Penjualan jus kesehatan ini biasanya jarang dilakukan di kafe-kafe dan karenanya menjadi ciri khas kafe yang berlokasi di Jalan Terusan Jakarta No 321 Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat ini.

“Ini menjadi ciri khas kami, karena jarang ada kafe yang menjual jus kesehatan dan kecantikan. Ini juga menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke Okebro,” kata pengelola Okebro, Amal Sidiq.

Selain itu, penjualan jus kesehatan juga bertujuan untuk menunjang bidang kesehatan alternatif yang digeluti pemilik Okebro, seorang pakar herbal. Karena itu, pengunjung yang menderita suatu penyakit bisa berkonsultasi terlebih dahulu untuk memesan jus yang sesuai dengan kondisi kesehatannya.

Jus kesehatan ini dijual dengan harga berkisar antara Rp 16.500 hingga 22.000. Kamu tertarik mencoba? – Rappler.com 

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!