Berita hari ini: Jumat, 17 Juni 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Jumat, 17 Juni 2016

ANTARA FOTO

Pantau terus laman ini untuk mengikuti perkembangan berita pilihan redaksi Rappler pada Jumat, 17 Juni 2016.

Indonesia wRap: Uni Eropa hapus 3 maskapai Indonesia dari daftar hitam, Rio Haryanto balapan di GP Eropa

Tiga maskapai Indonesia dihapus dari daftar hitam keselamatan penerbangan Uni Eropa. Batik Air, Lion Air, dan Citilink dinilai berhasil memperbaiki kualitas keselamatan penumpang.

Uni Eropa melarang seluruh maskapai Indonesia terbang di kawasannya sejak 2007. Sejak 2009, larangan itu mulai diangkat satu demi satu. Kini, sudah ada 8 maskapai Indonesia yang boleh melintasi wilayah udara Uni Eropa.

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banten ingin kasus Ibu Saeni tetap diproses hukum.

Saeni dianggap melanggar Perda Serang No. 2 tahun 2010 karena membuka rumah makan siang hari di bulan Ramadan. MUI menilai proses hukum ini untuk memberikan efek jera pada para pemilik warung makan agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Dari bidang olahraga, pembalap Indonesia di Formula 1, Rio Haryanto, akan menjalani balapan kedelapannya di Sirkuit Baku, Azerbaijan, akhir pekan ini.

Rio mengatakan Sirkuit Baku memiliki tantangan dan konsekuensi yang cukup berat, seperti dinding sirkuit yang sangat dekat dengan lintasan dan trek yang sempit. 

Indonesia berhasil gagalkan upaya UMLWP jadi anggota penuh MSG

JAKARTA, Indonesia – Pemerintah Indonesia berhasil mencegah organisasi Gerakan Bersatu untuk Pembebasan Papua Barat (ULMWP) menjadi anggota penuh kelompok negara-negara berpenduduk Melanesia (MSG). Hal tersebut merupakan salah satu poin yang dihasilkan dalam pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri yang digelar di Lautoka, Fiji pada Kamis, 16 Juni.

Tim delegasi dari Indonesia dipimpin oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Desra Percaya. Menurut keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri, sejak awal UMLWP memang sudah berupaya untuk menaikkan statusnya dari kelompok peninjau menjadi anggota penuh.

“Setelah melalui pembahasan internal di antara anggota dan lobi intensif delegasi Indonesia, upaya itu berhasil digagalkan. MSG hanya mencatat pengajuan keanggotaan dari UMLWP dan membentuk komite untuk membahas kriteria keanggotaan,” tulis Kemlu dalam keterangan tertulisnya.

Sementara, Desra menyebut UMLWP hanya gerakan separatis di dalam suatu negara berdaulat.

“Gerakan tersebut tidak memiliki legitimasi dan bukan wakil masyarakat Papua,” kata Desra yang juga tertulis dalam rilis Kemlu.

Alih-alih menaikan status UMLWP sebagai anggota penuh, justru negara anggota MSG lainnya menginginkan agar Indonesia yang bisa memperoleh status tersebut.

Desra mengatakan Pemerintah Indonesia sejak awal telah berkomitmen untuk memajukan kemitraan serta langkah praktis dalam merealisasikan tujuan agar bisa menjadi anggota penuh MSG. Maka Pemerintah Indonesia fokus untuk mencapai pertumbuhan ekonomi, pembangunan berkelanjutan, membuat tata kelola pemerintahan yang baik dan keamanan di sub-kawasan Melanesia.

Desra turut mengundang negara anggota MSG untuk hadir pada Forum Bali Demokrasi yang akan membahas penguatan kapasitas demokrasi antara negara pada tanggal 8-9 Desember mendatang.

Sebelumnya, keinginan UMLWP untuk menjadi anggota penuh MSG didukung penuh oleh 2 negara yakni Kepulauan Solomon dan Vanuatu. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada bulan Mei lalu, kantor Perdana Menteri Solomon mengetahui mengenai niat PM Vanuatu untuk mengajukan ULMWP sebagai anggota penuh MSG.

“Keputusan Anda untuk mengajukan keanggotaan telah menyentuh hati ku dan memperoleh dukungan penuh dari saya,” ujar PM Solomon, Manesseh Sogavare dalam pernyataan tertulis seperti dikutip laman ABC Australia.

Indonesia sendiri sudah menjadi anggota MSG sejak tahun 2015. Sebelumnya dalam kelompok negara Melanesia itu, status Indonesia masih sebagai negara pengamat. – Rappler.com

TNI AU hentikan penerbangan helikopter Super Puma

Foto oleh Antara

TNI Angkatan Udara memutuskan pada Jumat, 17 Juni, untuk tidak menerbangkan sementara waktu Helikopter NAS-332 L1 Super Puma menyusul kecelakaan yang melibatkan pesawat jenis tersebut di berbagai negara di Eropa.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna juga memerintahkan pemeriksaan secara menyeluruh komponen pesawat Helikopter NAS- 332 L1 Super Puma, sambil menanti hasil kajian dari tim keselamatan terbang dan kerja Mabes AU. 

Menurut Kepala Dinas Penerangan AU Marsekal Pertam TNI Wieko Syofyan, beberapa negara di Eropa telah mengambil langkah yang sama. Bahkan Badan Keamanan Udara Eropa EASA telah melarang terbang Helikopter Airbus Super Puma.

TNI AU mulai menggunakan helikopter NAS 332 L1 Super Puma buatan Eurocopter Perancis sejak 2002. Baca berita selengkapnya di Antaranews.com.

Teman Ayok gugat undang-undang Pilkada ke MK

REVISI UU PILKADA. Mendagri Tjahjo Kumolo (kedua kiri) didampingi Ketua Komisi II DPR Rambey Kamarulzaman (kiri) menjawab pertanyaan wartawan usai Rapat Kerja dengan Komisi II DPR dengan agenda Pengambilan Keputusan Tingkat I Revisi UU Pilkada di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 31 Mei. Foto oleh Yudhi Mahatma/ANTARA

Teman Ahok dan Gerakan Nasional Calon Independen mengajukan judicial review terhadap undang-undang pemilihan gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota dan wakil walikota yang disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) awal Juni lalu.

Kuasa Hukum Teman Ahok Andi Syafrani mengatakan pihaknya menggugat persyaratan calon perseorangan dan waktu yang pendek untuk verifikasi dukungan calon perseorangan.

Dalam rancangan yang masih akan ditandatangan Presiden, petugas PPK dan PPS melakukan verifikasi faktual dengan menemui langsung pendukung di alamat yang tertera di KTP. Dan bila para pendukung tidak ditemui, pasagan calon harus menghadirkan mereka di kantor PPS setempat dalam tempo tiga hari. Bila pasangan calon tidak bisa menghadirkan mereka, dukungan dianggap gugur.

Andi menilai batas waktu 3 hari merugikan calon perseorangan karena terlalu pendek. Baca berita selengkapnya di Detik.com

Samadikun cicil Rp 21 M untuk bayar kerugian negara kasus BLBI

TERTANGKAP. Buronan perkara Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono meninggalkan gedung usai menjalani pemeriksaan di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis, 21 April 2016. Foto oleh Rivan Awal Lingga/Antara

Terpidana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Samadikun Hartono, dilaporkan telah membayar sebagian kewajiban untuk mengganti kerugian negara. Sejak Senin awal pekan ini, 12 Juni, Samadikun telah membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 21 miliar.

“Dia baru membayar Rp 21 miliar dari total kerugian negara Rp 169 miliar,” kata Jaksa Agung HM Prasetyo.

Samadikun memohon keringanan pembayaran dengan cara menyicil sebanyak empat kali. Dua kali cicilan di antaranya akan dibayarkan tahun ini, masing-masing senilai Rp 21,125 miliar. Angsuran kedua rencananya akan dibayarkan pada November 2016.

Saat menjabat sebagai Komisaris Bank Modern, Samadikun divonis bersalah menyelewengkan dana BLBI untuk penyehatan bank tersebut. Bank ini menerima dana BLBI dalam bentuk Surat Berharga Pasar Uang Khusus (SBPUK), fasilitas diskonto, dan dana talangan valas sebesar Rp 2,5 triliun.

Ia divonis 4 tahun penjara serta membayar kerugian negara sebesar Rp 169 miliar pada 2003. Namun sebelum vonis dijatuhkan, ia lari ke luar negeri dan menjadi buron selama 13 tahun. Samadikun tertangkap di Shanghai, Tiongkok, dan dipulangkan ke Tanah Air pada April lalu.

Kini ia ditahan di Lembaga Permasyarakatan Salemba, Jakarta Pusat. Selengkapnya di Tempo.co.

Uji coba pelat ganjil-genap di Jakarta selama 20 Juli-20 Agustus

Jalur di depan Plaza Semanggi arah Kuningan, Jakarta, terpantau padat pada Jumat malam, 8 April 2016. Foto dari @TMCPoldaMetro

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta mengatakan uji coba sistem pelat ganjil-genap akan diberlakukan pada 20 Juli di bekas lokasi penerapan sistem 3-in-1.

“Kalau menurut SOP-nya, uji coba ini akan berlangsung selama satu bulan,” kata Kadishubtrans DKI Jakarta, Andri Yansyah.

Sosialisasi kepada masyarakat akan dimulai pada 28 Juni sampai 19 Juli, sedangkan uji coba berlaku pada 20 Juli sampai 20 Agustus. Jika lancar, sistem ini akan secara resmi diterapkan pada 23 Agustus, sebelum sistem electronic road pricing (ERP) dilaksanakan.

Peraturan ini akan diberlakukan di sepanjang ruas Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin dan sebagian Jalan Gatot Subroto, serta Jalan HR Rasuna Said. Mengapa Jalan Rasuna Said? Karena di sini juga akan terkena dampak sistem ERP.

“Pagi diberlakukan pada pukul 07:00-10:00 WIB. Sore pada pukul 16:00-20:00 WIB. Selengkapnya di Detik.com.

Relawan Karisma ingin Risma gantikan Ahok pimpin Jakarta

Pasangan Wali Kota/Wakil Wali Kota Surabaya terpilih Tri Rismaharini (tengah) dan Wisnu Sakti Buana (kedua kanan) saat mengikuti pelantikan pada 17 Februari 2016. Foto oleh Zabur Karuru/Antara

Puluhan orang yang menamakan diri relawan Karisma, atau pendukung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, datang ke Jakarta dan menyampaikan aspirasinya di depan gedung Dewan Pimpinan PDI-Perjuangan, Kamis sore. 

Mereka menginginkan Risma dicalonkan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada 2017.

“Risma memiliki prestasi yang baik. Risma juga berpengalaman karena beliau Wali Kota Surabaya,” kata Parman, koordinator relawan Karisma, seperti dikutip Tempo.co.

Menurut para relawan, mereka mendukung Risma karena tidak puas dengan kinerja Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama yang berniat maju kembali dalam Pilkada DKI 2017. Ia dianggap tidak ideal memimpin Jakarta. 

“Tegas bukan arogan. Tegas harus memakai hati nurani. Makanya kita dorong Bu Risma,” kata salah satu relawan lainnya kepada Kompas.com.

Memotret aksi demo di Papua, WNA Spanyol ditangkap polisi

Seorang warga asing asal Spanyol ditangkap oleh Polda Papua, pada Rabu, 15 Juni. WNA bernama Andreu Arino Prats itu ditangkap saat sedang memotret aksi unjuk rasa Komite Nasional Papua Barat di Abepura, pada Rabu pagi.

Saat ditanya oleh polisi, pria berusia 28 tahun ini mengaku sebagai turis yang sedang berkunjung ke Jayapura.

“Dari keterangan Andreu, ia mahasiswa Jurusan Fisika di Universitas Barcelona. Andreu tinggal di rumah temannya di Jayapura yang bernama George Setiawan. Ia mengenal George melalui media sosial,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Komisaris Besar Patrige Renwarin.

“Andreu mengaku memotret aksi unjuk rasa karena dinilai sebagai kegiatan yang unik. Namun bagi kami, perbuatannya tidak tepat dengan visa kunjungan ke Jayapura,” tuturnya. Selengkapnya di Kompas.com.

Terbelit kasus makam fiktif, Ahok akan copot Kepala Dinas Pemakaman

Warga berziarah di makam kerabatnya di TPU Karet Bivak, Jakarta, pada 4 Juni 2016. Foto oleh Yudhi Mahatma/Antara

Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama dikabarkan akan kembali merombak jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, hari ini.

Salah satu pejabat yang akan diganti adalah Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Ratna Diah Kurniati.  Ratna mengatakan ia ikhlas dan tak mempermasalahkan pencopotan itu. 

“Saya sudah ikhlas, ini kan risiko jabatan. Ini kemauan pimpinan, saya ngikutin saja,” kata Ratna yang mengaku tidak tahu atas alasan apa pencopotannya ini.

Sebelumnya, Ahok mendapat laporan mengenai makam fiktif di sejumlah tempat pemakaman umum.

“Jadi kita temukan banyak sekali makam-makam yang fiktif. Jadi kalau ada batu nisan segala macam, belum pasti itu ada isinya. Karena ada yang nyogok. Itu ditaruh di depan,” kata Ahok.

Namun menurut Ratna, makam fiktif yang dimaksud adalah penanda bahwa lahan tersebut sudah dipesan. Selengkapnya di Kompas.com.

BNPB: Satu tewas akibat banjir di Padang

Hujan lebat membuat banjir menggenangi pemukiman dan ruas jalan di Kota Padang, Sumatera Barat, pada 16 Juni 2016. Foto oleh Iggoy el Fitra/Antara

Satu orang tewas akibat banjir di Kota Padang dan Kabupaten Padang, Sumatera Barat.

Hujan dengan intensitas hujan lebih dari 300 milimeter sejak pukul 16:00 WIB-23:30 WIB pada Kamis (16 Juni) menyebabkan banjir disertai longsor di Padang.

Beberapa sungai meluap sehingga ribuan rumah terendam banjir dengan ketinggian antara 50-140 sentimeter. Banjir menyebabkan ribuan warga dievakuasi. 

Data dari Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan bahwa satu orang meninggal, yaitu seorang pria 63 tahun warga Kota Padang yang terpeleset saat mengungsi.

Tujuh kecamatan di Kota Padang terendam banjir yaitu Kecamatan Koto Tangah, Lubuk Begalung, Nanggalo, Padang Selatan, Padang Barat, Teluk Kabung, dan Padang Timur yang meliputi 14 kelurahan. Selengkapnya di Antara.

Indonesia wRap: Kamis, 16 Juni 2016

Teman Ahok bantah terima dana Rp 30 miliar dari pengembang reklamasi Jakarta. Sebelumnya,  hal tersebut diungkapkan oleh anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P, Junimart Girsang.

Dana tersebut diduga disalurkan melalui staf pribadi Ahok, Sunny Tanuwidjaja, dan CEO Cyrus Network, Hasan Nasbi. Pendiri Teman Ahok, Singgih Widyastomo, mengatakan dana operasional selama ini hanya dari penjualan kaus dan merchandise.

Sedangkan dari Euro 2016, pendukung timnas Inggris kembali membuat kerusuhan di Kota Lille, menjelang pertandingan melawan Wales. Sebelumnya suporter Inggris dan Rusia terlibat bentrok di jalanan akhir pekan lalu.

Sementara itu, Perancis menjadi tim pertama yang lolos ke babak berikutnya Euro 2016. Tim tuan rumah mengalahkan Albania dengan skor 2-0.

Tidak lupa kabar gembira (atau patah hati?) mengenai penyanyi Taylor Swift yang menjalin hubungan baru dengan aktor Tom Hiddleston. Keduanya tertangkap kamera berciuman di sebuah pantai di Amerika Serikat.

Swift baru saja putus dengan DJ Calvin Harris beberapa waktu lalu. Baik Swift maupun Harris langsung menghapus semua unggahan tentang mantan pacarnya itu di media sosial.

 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!