Rio Haryanto optimistis raih hasil baik di Sirkuit Baku

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rio Haryanto optimistis raih hasil baik di Sirkuit Baku

Manor Racing

Rio Haryanto berhasil perbaiki posisi saat latihan di Sirkuit Baku GP Eropa

JAKARTA, Indonesia — Pembalap Indonesia di Formula 1, Rio Haryanto, optimistis ia dapat meraih hasil baik dalam seri balapan di Sirkuit Baku, Azerbaijan, akhir pekan ini.

Dalam sesi latihan bebas kedua, Rio berhasil memperbaiki penampilannya ke posisi 18, pada Jumat, 17 Juni. Posisi ini lebih baik dari rekan setimnya di Manor Racing, Pascal Wehrlein, yang menempati P21.

Sebelumnya, pada sesi latihan bebas pertama, ia berada di posisi paling buncit.

Pada sesi latihan pertama, pembalap berusia 23 tahun yang mengendarai mobil MRT05-02 itu menempati posisi 22 dengan catatan waktu 1:51.925 dari 28 lap. Sedangkan pada latihan kedua, menempati posisi 18 dengan catatan waktu 1:47.487 dari 33 lap.

“Hari ini adalah hari yang sungguh positif bagi kami. Jika saya membandingkan latihan resmi pertama dengan kedua, tampaknya kami lebih kompetitif pada latihan yang kedua, jadi jelas kami menuju ke arah yang yang lebih baik,” kata Rio, seperti dikutip dari status Instagramnya usai balapan, pada Jumat.

“Saya benar-benar menikmati cara menguasai sirkuit. Sebuah trek yang menyenangkan dan saya pikir kami berada dalam kondisi yang bagus untuk Sabtu dan Minggu,” ujarnya.

Rio akan melanjutkan sesi latihan ketiga dan babak kualifikasi hari ini, Sabtu, 18 Juni. Balapan sendiri akan diadakan pada esok hari, Minggu, 19 Juni.

Menurutnya, ia mencoba beberapa long run untuk memahami degradasi ban lebih jauh. Ban super soft, ujar Rio,lebih rumit tetapi ban soft terasa cukup baik. 

“Saya benar-benar menikmati cara menguasai sirkuit,” katanya.

Sesuai ekspektasi Manor

Sementara itu, Pascal Wehrlein pada sesi latihan resmi pertama menempati posisi 20 dengan catatan waktu 1:51.210, sedangkan pada latihan resmi kedua menempati posisi 21 dengan catatan waktu 1:48.018.

“Saya sangat senang dengan trek, benar-benar bagus dan menarik. Dan saya menikmati cara mengemudi di sini,” kata Wehrlein. 

“Pada latihan pertama memang lancar karena saya mencatat lap time dengan ban medium, tetapi kami membuat beberapa perubahan di antara kedua sesi dan tidak semuanya berhasil dengan baik,” ujarnya.

Direktur Balap Manor Racing, Dave Ryan, mengatakan timnya melihat beberapa tanda-tanda yang sangat positif dari hari pembukaan di trek Baku.

“Program hari ini sesuai dengan harapan dengan beberapa insiden untuk para pembalap. Rio dan Pascal mengendalikan diri mereka dengan sangat baik dengan trek yang menantang sekali untuk dikuasai sehingga mereka pastinya senang dengan pekerjaan hari pertama,” kata Ryan.

Sirkuit Baku yang menjadi lokasi balapan Formula 1 kedelapan ini memiliki panjang lintasan 6.003 kilometer. 

Latihan resmi ketiga dilaksanakan pada Sabtu pukul 17:00 hingga 18:00 WIB, kemudian dilanjutkan babak kualifikasi untuk menentukan nomor start pembalap pada pukul 20:00 hingga 21:00 WIB. 

Sedangkan balapannya sendiri akan dilaksanakan pukul 20:00 hingga 22:00 WIB keesokan harinya. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!