Vietnam

Berita hari ini: Sabtu, 18 Juni 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Sabtu, 18 Juni 2016
Pantau terus laman ini untuk mengikuti perkembangan berita pilihan redaksi Rappler pada Sabtu, 18 Juni 2016.

Gedung bekas rumah duka Heaven roboh, satu tewas

Bangunan gedung bekas rumah duka Heaven di Penjaringan, Jakarta Utara, roboh pada Sabtu pagi. Satu orang tewas tertimpa, sedangkan 5 lainnya luka-luka.

Enam unit mobil dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Provinsi DKI Jakarta berada di lokasi untuk melakukan evakuasi.

Kepala‎ Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Utara‎, Satriadi Gunawan‎, mengatakan runtuhnya gedung yang berfungsi sebagai rumah duka dan ibadah terjadi sekitar pukul 10:30 WIB.

Hingga kini belum diketahui penyebab robohnya gedung. Selengkapnya di BeritaSatu.com.

Aceh akan buat qanun soal pendirian rumah ibadah

Seorang warga Muslim Aceh duduk di tokonya, di seberang sebuah gereja di Banda Aceh, dalam ilustrasi foto yang diambil pada 23 Oktober 2012. Foto oleh Chaideer Mahyuddin/AFP

Pemerintah Aceh bersama Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) akan membuat qanun atau peraturan daerah tentang pendirian rumah ibadah dan pedoman kerukunan umat beragama.

“Saat ini, Pemerintah Aceh bersama DPR Aceh sedang melakukan finalisasi rancangan qanun pendirian rumah ibadah. Kami berharap qanun ini bisa disahkan pada tahun ini juga,” kata staf shli Gubernur Aceh, M Jafar.

Jafar, yang juga mantan Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, mengatakan qanun pendirian rumah ibadah dibuat berdasarkan Undang-Undang No. 11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh.

Qanun ini nantinya juga akan mengatur pedoman kerukunan umat beragama dan diharapkan bisa menjawab permasalahan-permasalahan menyangkut penodaan agama dan penyiaran agama.

“Selain memperkuat kerukunan umat beragama, kehadiran qanun ini diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan pendirian rumah ibadah,” kata dia. Selengkapnya di Antara.

Garuda Indonesia tunda penerbangan karena seorang penumpang bercanda bawa bom

Seorang teknisi sedang membersihkan pesawat Garuda Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta. Foto oleh AFP

Seorang penumpang pesawat Garuda Indonesia sempat ditahan oleh pikah keamanan bandara karena bercanda membawa bom, Sabtu. Penumpang tersebut mengaku membawa bom di dalam tas yang dibawa ke dalam kabin. Akibatnya, penerbangan GA-143 jurusan Banda Aceh-Jakarta pada Sabtu pagi pukul 7:00 WIB ditunda.

“Pengakuan itu mengejutkan penumpang lain dan juga terdengar pilot. Terpaksa pesawat yang hendak take off kembali lagi ke apron. Lalu seluruh penumpang, yang jumlahnya 127, sesuai standar keselamatan diturunkan, beserta bagasi dan juga kargo untuk pemeriksaan intensif,” kata Corporate Communications Garuda Indonesia, Benny S Butarbutar.

Setelah melalui pemeriksaan, tak ditemukan adanya bom di pesawat tersebut. Pesawat pun kembali diterbangkan menuju ibu kota pukul 09:40 WIB. Insiden ini mengganggu jadwal penerbangan lainnya. Penumpang tersebut pun diberi teguran sesuai aturan. Selengkapnya di Detik.com.

Waspada hujan lebat di seluruh wilayah Indonesia selama 3 hari ke depan

Pedagang sate melintasi banjir yang menggenangi jalan Kampung Nias, Padang, Sumatera Barat, pada 16 Juni 2016. Foto oleh Iggoy el Fitra/Antara

Sejumlah wilayah di Indonesia diprediksi akan mengalami hujan lebat selama akhir pekan ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga agar waspada selama tiga hari ke depan, hingga Senin, 20 Juni.

Peningkatan curah hujan diperkirakan terjadi karena faktor-faktor ini:

  • Kondisi masih hangatnya suhu laut di atas normal perairan Indonesia barat
  • Masuknya aliran massa udara basah dari samudera Hindia di maritim kontinen Indonesia
  • Lemahnya aliran massa udara dingin Australia di wilayah Indonesia

Kondisi ini akan menyebabkan hujan lebat disertai petir dan angin kencang di hampir seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Jabodetabek, menurut siaran pers yang diterima Rappler, Sabtu pagi.

Untuk itu, masyarakat diimbau agar meningkatkan kewaspadaan pada potensi bencana yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, genangan, dan pohon tumbang.

Cuaca tak mendukung, peluncuran satelit BRI ditunda sehari

Roket Ariane 5 yang membawa satelit BRIsat menanti waktu hitung mundur di titik peluncuran, fasilitas ruang angkasa Arianespace, Kourou, Guyana Perancis, pada 17 Juni 2016. Foto oleh Ismar Patrizki/Antara  

Peluncuran satelit BRIsat milik PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) kembali ditunda. Rencananya, BRIsat akan diluncurkan pada Jumat, 17 Juni, pukul 17:30 waktu Kourou, French Guiana, Amerika Selatan, atau Sabtu, 18 Juni, dini hari pukul 4:30 WIB.

Namun karena kondisi cuaca yang tidak mendukung, maka peluncuran satelit tersebut diundur satu hari pada waktu dan tempat yang sama.

“Karena kondisi angin yang tidak cocok untuk peluncuran dan kita mengutamakan keselamatan, jadi peluncuran akan kita tunda sampai besok pada jam yang sama,” kata CEO Arianespace, Stéphane Israël, seperti dikutip Detik.com.

Alasan pembuatan satelit untuk BRI adalah memangkas pengeluaran komunikasi antar badan pegawai, juga dengan pelanggan di seluruh Indonesia dan luar Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi tersebut, BRI yakin akan menghemat biaya telekomunikasi sekitar 50 persen.

Indonesia wRap: Jumat, 18 Juni 2016

Tiga maskapai Indonesia dihapus dari daftar hitam keselamatan penerbangan Uni Eropa. Batik Air, Lion Air, dan Citilink dinilai berhasil memperbaiki kualitas keselamatan penumpang.

Uni Eropa melarang seluruh maskapai Indonesia terbang di kawasannya sejak 2007. Sejak 2009, larangan itu mulai diangkat satu demi satu. Kini, sudah ada 8 maskapai Indonesia yang boleh melintasi wilayah udara Uni Eropa.

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banten ingin kasus Ibu Saeni tetap diproses hukum.

Saeni dianggap melanggar Perda Serang No. 2 tahun 2010 karena membuka rumah makan siang hari di bulan Ramadan. MUI menilai proses hukum ini untuk memberikan efek jera pada para pemilik warung makan agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Dari bidang olahraga, pembalap Indonesia di Formula 1, Rio Haryanto, akan menjalani balapan kedelapannya di Sirkuit Baku, Azerbaijan, akhir pekan ini.

Rio mengatakan Sirkuit Baku memiliki tantangan dan konsekuensi yang cukup berat, seperti dinding sirkuit yang sangat dekat dengan lintasan dan trek yang sempit. 

Simak videonya di bawah ini:

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!