Berita hari ini: Selasa, 21 Juni 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Selasa, 21 Juni 2016
Pantau laman ini untuk mengetahui perkembangan berita terbaru pilihan redaksi Rappler pada Selasa, 21 Juni 2016.

Indonesia wRap: Dari ultah Jokowi hingga PPI Belanda sebut ide reklamasi sudah usang

Hari ini, 21 Juni 2016, Presiden Jokowi berulangtahun ke-55. Ia tetap bekerja dan blusukan ke lima lokasi di Bogor, Depok, dan Bekasi.

Jokowi tidak pernah merayakan ulang tahun dengan pesta. “Sejak dulu tidak ada pesta. Hanya syukuran kecil bersama istri dan anak-anak saja,” kata Jokowi. Baca ucapan selamat ulang tahun dari Rappler untuk Presiden Jokowi di sini.

Sementara itu, Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Belanda mengatakan ide reklamasi teluk Jakarta ketinggalan zaman. Bahkan negara-negara maju seperti Belanda sudah meninggalkan konsep tersebut.

Ironisnya, ide reklamasi dan Giant Sea Wall Jakarta disarankan oleh konsultan asal Belanda. Pembangunan tembok raksasa dan reklamasi disebut justru akan memunculkan masalah baru di masa depan. Selengkapnya di sini.

Simak videonya di bawah ini: 

Ahok diperiksa lagi dalam kasus pengadaan UPS tahun anggaran 2014

Untuk ketiga kalinya, Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama diperiksa pada Selasa, 21 Juni, dalam kasus dugaan korupsi dalam pengadaan uninterruptible power supply (UPS) pada tahun anggaran 2014 lalu.

Ahok diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Fahmi Zulfikar, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta dari Fraksi Hati Nurani Rakyat.

“Pemeriksaan tambahan saja. Konfirmasi saja soal sistem pelaporan staf Pemprov DKI terkait dengan anggaran,” kata Kepala Subdirektorat V Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Ajun Komisaris Besar Indarto.

Ahok diperiksa untuk pertama kali pada Juli 2015 dan kedua pada Februari 2016 lalu. Baca berita selengkapnya di Tempo.co.

Hore, gratis masuk Ancol pada Juni 22

Wisatawan menikmati liburan di Pantai Ancol, Jakarta Utara. Foto oleh Antara/Rivan Awal Lingga

Kabar gembira bagi warga Jakarta dan sekitar yang ingin mengunjungi Taman Wisata dan Taman Impian Jaya Ancol pada Rabu, 22 Juni.

Manajemen tempat wisata di Jakarta Utara itu mengumumkan pada Selasa, 21 Juni, bahwa mereka memberi tiket masuk gratis kepada pengunjung pada Rabu, 22 Juni, hari ulang tahun Kota Jakarta yang ke 489, 

“Pengelola Ancol, sebagai salah satu BUMD Provinsi DKI Jakarta, ikut ambil peran dalam momen spesial ini. Kami ikut merayakan dengan memberikan kado spesial masuk Ancol gratis kepada seluruh warga Jakarta dan sekitarnya,” kata Gatot Setyowaluyo, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk & PT Taman Impian Jaya Ancol pada Selasa, 21 Juni.

Namun demikian, pengunjung yang membawa kendaraan harus membayar tiket motor atau mobil. Baca berita selengkapnya di Antaranews.com.

Ratusan rumah tertimbun longsor di Sangihe, warga mengungsi ke gereja

Petugas gabungan dari TNI, BASARNAS, Polri dan relawan mencari korban longsor di Dusun Caok, Loano, Purworejo, Jawa Tengah, Selasa, 21 Juni. Foto oleh Antara/Hendra Nurdiyansyah

Ribuan warga di Kecamatan Tahuna Barat, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara terpaksa mengungsi ke beberapa gereja setelah rumah mereka hancur tertimbun longsor pada Selasa pagi, 21 Juni.

Wakil Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana mengatakan saat ini para pengungsi sangat membutuhkan bantuan makanan, selimut, dan pakaian karena mereka hanya bisa menyelamatkan diri pada saat longsor tiba.  

Menurut beberapa warga, longsor terjadi sekitar pukul 06:30 WITA akibat hujan yang mengguyur Sangihe sejak Senen sore, 20 Juni.

“Saat ini ratusan rumah di Kecamatan Tahuna Barat rusak tertimbun longsor,” Gaghana di Kolongan Beha Tahuna Barat. Baca berita selengkapnya di Antaranews.com

Usai Lebaran, Menteri Susi akan tenggelamkan 30 kapal pencuri ikan

TENGGELAMKAN KAPAL. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kanan) bersama Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaja Bakar mengikuti rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 8 Juni. Foto oleh Hafidz Mubarak/ANTARA

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan akan menenggelamkan 30 kapal pencuri ikan usai Lebaran nanti. Rencananya penenggelaman itu akan direalisasikan antara tanggal 9 atau 10 Juli.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sedang menyiapkan proses itu.

“Rakornas Satgas 115 (akan dilakukan) habis Lebaran pada 9 atau 10 Juli. Kami sedang menyiapkan ditenggelamkan 30-an kapal,” ujar Susi.

Namun, dia tidak menjelaskan apakah terdapat kapal asing. KKP mencatat hingga tanggal 21 Juni sudah ada 57 kapal yang ditenggelamkan di wilayah penangkapan kapal 711. Kapal asing yang ditenggelamkan paling banyak yang berasal dari Vietnam sebanyak 49 kapal, Thailand hanya 1 kapal, Malaysia mencapai 4 kapal dan Tiongkok sebanyak 3 kapal.

Sementara, Satgas 115 dibentuk bulan Oktober 2015, total sudah ada 176 kapal yang ditangkap. Semua kapal itu juga telah ditenggelamkan.

Selengkapnya di Sindonews.

Dua anggota Polresta Kendari ditahan karena menganiaya staf BNN hingga tewas

Petugas memeriksa barang-barang milik pengunjung tempat hiburan malam saat razia narkoba di Tegal, Jawa Tengah, Rabu, 25 Mei 2016 malam. Razia narkoba gabungan BNN, Polisi Militer dan TNI jelang Ramadan tersebut untuk antisipasi peredaran dan pemberantasan narkoba khususnya di tempat hiburan malam. Foto olhe Antara/Oky Lukmansyah

Dua anggota Kepolisian Resor Kota Kendari, Sulawesi Tenggara telah ditahan karena diduga menganiaya hingga tewas seorang staf Badan Nasional Narkotika (BNN) Provinsi Abdul Jalil (25) pada Selasa, 7 Juni, lalu.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara Komisaris Besar Agus Sudono mengatakan mereka juga telah menyita senjata api yang digunakan dua polisi tersebut untuk menembak Jalil dan temannya Ambang.

Selain menahan dua tersangka, polisi memeriksa 13 anggota Polresta Kendari yang diduga terlibat dalam penangkapn Jalil.

Sementara itu, Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan Ajun Kombes Agung Adi Koerniawan mengatakan pihaknya telah memeriksa 23 anggota Polresta Kendari dalam kasus tersebut. Baca berita selengkapnya di Tempo.co.

Jaksa penuntut umum tolak seluruh eksepsi Jessica

Jessica Kumala Wongso berjalan keluar ruang sidang usai menjalani sidang perdana sebagai terdakwa kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, pada 15 Juni 2016. Foto oleh M Agung Rajasa/Antara

Jaksa Penuntut Umum menolak seluruh nota keberatan atau eksepsi yang diajukan tim kuasa hukum Jessica Kumala Wongso yang menjadi terdakwa pembunuhan Wayan Mirna Salihin. 

Persidangan kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat digelar untuk mendengarkan replik atau jawaban jaksa atas eksepsi kuasa hukum terdakwa yang menganggap surat dakwaan tidak lengkap, karena salah satunya tidak mencantumkan jumlah natrium sianida yang dikonsumsi Mirna. 

“Selaku Penuntut Umum dalam perkara ini, memohon agar Majelis Hakim yang mengadili perkara ini menjatuhkan putusan sela dengan amar sebagai berikut, menolak keberatan atau eksepsi dari penasihat hukum terdakwa untuk seluruhnya,” kata salah satu jaksa penuntut umum, Ardito Muwardi.

Menurut Ardito, yang harus diuraikan dalam surat dakwaan penuntut umum adalah perencanaan Jessica yang dilakukan secara tenang sikap kejiwaan untuk merampas nyawa korban, Mirna, bukan dari mana dan kapan Jessica mendapatkan sianida itu.

Setelah mendengarkan jawaban dari jaksa, Kisworo selaku Hakim Ketua, memutuskan untuk menunda jalannya persidangan untuk pembacaan putusan sela pada Selasa, 28 Juni, pekan depan. Selengkapnya di Antara.

Kuasa hukum Bukit Duri: Dasar hukum normalisasi Sungai Ciliwung kedaluwarsa

BONGKAR RUMAH. Satpol PP membongkar rumah Barnis, warga Bukit Duri, pada 12 Januari 2016. Foto oleh Febriana Firdaus/Rappler

Proses penggusuran warga Bukit Duri oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menemui rintangan. Menurut kuasa hukum warga, Vera Soemarwi, dasar hukum normalisasi Sungai Ciliwung sudah kedaluwarsa.

Hal itu disampaikan langsung oleh Pemprov DKI, kata Vera, saat melakukan sosialisasi penggusuran kepada warga pada Maret, April, dan Mei 2016 ini. Saat itu pun, warga mempertanyakan dasar hukum Pemprov DKI melakukan penggusuran. Namun, menurutnya, Pemprov menyatakan akan menerbitkan dasar hukum baru.

Warga kemudian mengajukan gugatan class action pada 10 Mei 2016. Menurut Vera, program normalisasi Sungai Ciliwung dimulai pada 4 Oktober 2012 dan seharusnya berakhir 5 Oktober 2015. 

Hal ini mengacu pada Undang-undang No. 2 Tahun 2012 yang mengatur bahwa pelaksanaan proyek untuk pembangunan kepentingan umum hanya boleh dilakukan selama dua tahun dan dapat diperpanjang satu tahun. Selengkapnya di Kompas.com.

Pilot Wings Air yang sebut Bandara Maumere ‘termalas di Indonesia’, diberi surat peringatan

Dokumentasi para pemakai jasa penerbangan turun dari kabin ATR-72 Wings Air di Bandara Naha, Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Sabtu, 24 Januari. Foto oleh Andika Wahyu/ANTARA

Manajemen Wings Air memberikan surat teguran kepada pilotnya yang menyebut Bandara Frans Seda, Maumere, Nusa Tenggara Timur, sebagai “bandara termalas di Indonesia”.

“Jadi memang betul ada ucapan seperti itu. Sudah diberikan surat peringatan terkait hal itu dan diberi pembinaan,” kata Public Relation Manager Lion Air Grup, Andy M Saladin, kepada Kompas.com.

Sebelumnya, pesawat Wings Air berputar-putar 20 menit di udara, di atas bandara Frans Seda, pada 17 Juni lalu. Pesawat dengan nomor penerbangan WON 1821 rute Kupang-Maumere melakukan perjalanan pada pukul 6:00 WITA dan tiba pada pukul 6:40 WITA. Namun, bandara Frans Seda baru buka pukul 7:00 WITA. 

Akibatnya, pesawat harus berputar-putar di udara selama 20 menit sembari menunggu bandara siap beroperasi. Dalam penerbangan itu, pilot mengucapkan, “Ini bandara termalas di Indonesia” melalui announcer dan didengar seluruh penumpang.

Anda dilarang pegang stupa dan patung di Candi Borobudur

Wisatawan berpose dan mengambil foto di stupa Candi Borobudur. Foto oleh Andreas Fitri Atmoko/Antara

Balai Konservasi Borobudur melarang pengunjung memegang dan menginjak stupa-stupa di Candi Borobudur untuk mencegah kerusakan salah satu warisan budaya dunia itu.

Kepala Humas Balai Konservasi Borobudur, Mura Aristina, mengatakan para petugas keamanan tidak henti-hentinya melalui pengeras suara mengingatkan warga agar tidak memegang dan menginjak stupa.

“Kendati dari batu, kalau lama-lama dipegang pasti rusak juga. Di bagian bawah ada batu stupa yang halus sehingga bentuk aslinya hilang karena terlalu sering dipegang pengunjung,” kara Mura sambil menunjukkan bekas tangan yang merusak batu itu.

Pengelola Borobudur juga melarang pengunjung memegang patung di dalam stupa karena juga bisa mengakibatkan kerusakan bahkan bisa lebih parah lagi.

“Kalau mau pegang patung kan kaki harus menginjak bagian bawah stupa juga. Pasti lama-lama batu rusak juga kalau diinjak,” katanya. Selengkapnya di Antara.

Indonesia wRap: Senin, 20 Juni 2016

Dari sejuta Teman Ahok hingga tewasnya aktor film ‘Star Trek’

Meski Teman Ahok berhasil kumpulkan 1 juta KTP, tapi Ahok belum menentukan apa ia akan tetap maju sebagai cagub DKI secara independen. Atau Ahok akan menerima dukungan parpol yang sudah deklarasi seperti Golkar, Nasdem, dan Hanura?

“Dukungan kepada Pak Ahok harus tanpa hutang politik. Hutang seharusnya ada antara Pak Ahok dengan warga, bukan ke parpol,” kata pendiri Teman Ahok, Amalia Ayuningtyas.

Sementara itu, aktor film ‘Star Wars’, Anton Yelchin, meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di Los Angeles. Pemuda berusia 27 tahun ini ditemukan meninggal terjepit di antara pagar pembatas dengan mesin mobilnya yang masih hidup.

Simak selanjutnya di video ini:

SAKSIKAN: Indonesia wRap edisi Senin, 20 Juni 2016. Dari #SejutaTemanAhok hingga meninggalnya Anton Yelchin. https://t.co/2imHWem9ba

— Rappler Indonesia (@RapplerID) June 20, 2016

—Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!