15 hal yang membuat hidupmu lebih mudah tanpa ART

Lita Iqtianti

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

15 hal yang membuat hidupmu lebih mudah tanpa ART
ART pulang kampung saat Lebaran? Jangan khawatir. Lakukan 15 hal ini untuk membuat hidupmu lebih mudah

Setengah dari sesama ibu yang saya temui di bulan Ramadan ini mengeluhkan hal yang sama, “ART (Asisten Rumah Tangga) gue balik enggak, ya, abis Lebaran?”

Ya, perkara ART saat menjelang Lebaran ini memang selalu menjadi momok yang mengerikan buat kami, para ibu. Tapi saya percaya bahwa pada akhirnya, yang belum jadi ibu juga sering kena getahnya untuk melakukan pekerjaan domestik di rumah, kan?

Daripada bersungut-sungut dan berakhir pada berkurangnya pahala karena menolak membantu orangtua (buat yang belum berkeluarga), lebih baik kamu mencari tahu apa saja, sih, yang bisa dilakukan untuk mengurangi “beban hidup” selama ART pulang kampung di musim Lebaran ini.

  1. Gunakan 1 gelas untuk masing-masing anggota keluarga. Jadi selama seharian masing-masing anggota keluarga hanya menggunakan satu gelas saja.
  2. Gunakan air minum kemasan gelas saat tamu bertandang.
  3. Gelar karpet untuk mengurangi keharusan mengepel lantai.
  4. Lantai yang perlu dipel hanya ruangan yang paling sering digunakan beraktivitas, seperti ruang keluarga, ruang tamu (kalau memang banyak tamu yang datang), dan dapur.
  5. Sebuah container besar bisa digunakan untuk menyembunyikan segala hal yang harusnya tak terlihat. Mainan anak? Bisa. Prakarya anak yang tak layak pajang tapi dibuang sayang? Bisa. Majalah yang belum sempat dibaca? Bisa. Pakaian yang belum disetrika? Bisa.
  6. Jangan sering-sering mengganti pakaian. Celana jeans bisa dikenakan lebih dari 2 kali, kan?
  7. Tambahkan Vanish Oxi Action Powder setiap kali mencuci. Baju dewasa, taplak meja, bahkan untuk baju anak Vanish aman digunakan. Kita enggak perlu banyak menyikat atau menggosok berlebihan ke pakaian kotor atau bernoda sekalipun.
  8. Enggak semua baju harus disetrika. Pakaian di rumah, jelas enggak perlu. Setrika pakaian yang akan dipakai saja. Sisanya? Menunggu Si Mbak pulang atau laundry dekat rumah beroperasi kembali.
  9. Kamar mandi adalah representasi dari kebersihan sebuah rumah. Nah, bersihkan kamar mandi utama. Jangan sampai saat ada tamu datang ke rumah lalu mampir ke kamar mandi, ternyata kamar mandi kita kotor.
  10. Jangan menumpuk piring kotor di dapur. Setelah menggunakan piring atau gelas, langsung cuci. Makin menumpuk, semakin malas dan terasa berat. Selain itu juga tumpukan piring kotor bisa menimbulkan bau tak sedap.
  11. Pilih masakan yang simpel tapi bisa disimpan dalam waktu lama. Misalnya, ayam goreng dibekukan dulu setengah matang, jadi kalau mau makan tinggal goreng, deh.
  12. Kalau terlalu malas untuk masak… Go-Food to the rescue!
  13. And Go-Mart to make your life easier.
  14. They also have Go-Clean.
  15. And Go-Massage to end your hectic day.

Lebaran memang masih dua minggu lagi, tapi bersiap-siap tak ada salahnya, kan? Jika 15 hal di atas masih belum membuat kalian tenang karena ditinggal ART, akhirnya adalah pasrah saja. 

Buat ibu-ibu, rumah berantakan atau jika anak makan frozen food enggak dosa, kok. Sementara buat kalian yang belum berkeluarga atau masih tinggal sama orangtua, anggap ini balas budi ke orang tua, ya. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!