Kini kamu bisa siaran langsung di YouTube

Aditya Hadi Pratama

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kini kamu bisa siaran langsung di YouTube
Cara membuat video siaran langsung di YouTube lewat smartphone

JAKARTA, Indonesia — Seperti ingin memanfaatkan gaung konferensi video online VidCon yang sedang berlangsung di Amerika Serikat, para perusahaan teknologi akhir-akhir ini bergantian meluncurkan fitur baru yang berkaitan dengan video. 

Diawali dengan Tumblr yang menghadirkan layanan video siaran langsung, Twitter pun ikut mengumumkan kalau mereka telah memperpanjang maksimal durasi video di platform mereka.

Pada 23 Juni 2016, giliran YouTube yang menghadirkan fitur untuk membuat video siaran langsung di aplikasi mobile

Saat ini, hanya ada beberapa pengguna yang bisa menggunakannya, namun YouTube memastikan kalau mereka juga akan menghadirkan fitur tersebut untuk para pengguna lain dalam waktu dekat.

Tampilan aplikasi YouTube live stream

Untuk menyiarkan sebuah video, kamu harus menekan tombol yang ada di pojok layar, kemudian memasang sebuah foto untuk thumbnail. Kamu pun bisa mengirimkan notifikasi kepada seluruh subscriber kamu ketika akan mulai merekam video.

YouTube sebenarnya telah menghadirkan fitur siaran langsung ini sejak 2011. Namun para pengguna YouTube hanya bisa menggunakan fitur tersebut lewat Creator Studio di perangkat desktop.

Beberapa contoh video siaran langsung terkenal yang pernah diunggah ke YouTube adalah pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton yang dikenal dengan nama Royal Wedding, serta video Felix Baumgartner yang melakukan terjun payung dari luar angkasa.

Fitur baru ini akan membuat YouTube kembali bisa bersaing lebih maksimal dengan Periscope dan Facebook Live yang telah terlebih dahulu menghadirkan fitur siaran langsung di perangkat mobile. —Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di Tech in Asia

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!