Berita hari ini: Selasa, 5 Juli 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Selasa, 5 Juli 2016
Pantau terus laman ini untuk mengetahui berita pilihan Redaksi Rappler pada Selasa, 5 Juli 2016.

Indonesia wRap: Selasa, 5 Juli 2016

Dari ledakan bom bunuh diri di Madinah hingga ke teror ke petugas polisi di Mapolresta Solo

Sebuah ledakan bom bunuh diri terjadi di kota Madinah, Arab Saudi. Pelaku meledakan dirinya sendiri di lapangan parkir yang berlokasi tak jauh dari Masjid Nabawi, salah satu tempat yang disucikan oleh umat Muslim. Ledakan bom bunuh diri mengakibatkan 4 petugas keamanan dan pelaku tewas. Siapa pelaku peledakan? 

Teror juga terjadi di Solo. Seorang pria yang belakangan diketahui bernama Nur Rohman meledakan dirinya sendiri di halaman Mapolresta Solo sekitar pukul 07:45. Pelaku masuk ke kantor Mapolresta Solo dengan mengendarai sepeda motor, lalu dicegat oleh seorang petugas polisi. 

Tiba-tiba pelaku mengatifkan alat peledak yang dipasang di pinggangnya. Pelaku tewas seketika, sedangkan satu petugas polisi mengalami luka. 

Video selengkapnya di Indonesia wRap: 

 

Kemacetan Tol Brebes merenggut jiwa 12 pemudik 

Sedikitnya 12 pemudik meninggal dunia dalam jebakan kemacetan di pintu Tol Brebes Timur di Jawa Tengah, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Sri Gunadi Parwoko pada Selasa, 5 Juni.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menunjukkan total 18 pemudik meninggal dunia di Kabupaten Brebes sejak 30 Juni. Kebanyakan di antara mereka meninggal di antara  2 sampai 5 Juli, puncak mudik lebaran 2016.

Lima dari pemudik yang meninggal dunia disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas dan satu orang lagi karena akibat lain.

Menurut Suri, petugas mengalami kesulitan mengevakuasi jenasah karena ambulans dan sepeda motor tidak bisa menembus kemacetan di Tol Brebes Timur. “Masalah yang paling sulit adalah evakuasi jenazah,” kata Sri. Baca berita selengkapnya di Metrotvnews.com.

Tiga pemudik meninggal dunia dalam kecelakaan di Jambi

Para pengendara sepeda motor sedang antre untuk menyeberangi Jembatan Surabaya-Madura di Jawa Timur (Suramadu). Sepeda motor adalah salah satu moda transportasi yang cukup digemari pemudik lebaran setiap tahun.  Foto oleh Fully Handoko/EPA

Tiga orang pemudik yang mengendarai sepeda motor meninggal dunia dalam kecelakaan di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi pada Senin malam, 4 Juni.

Kasubbid Penmas Bidang Humas Polda Jambi Kompol Wirmanto mengatakan pada Selasa, 5 Juni, ketiga korban itu bernama Ramus (40 tahun), Sidan (37), dan Marzal (3). Mereka merupakan satu keluarga yang sedang mudik lebaran ke Desa Pendung Hiang, Kecamatan Tanah Kampung.

Menurut Wirmanto, ketiga pemudik itu jatuh dari sepeda motor setelah bersenggolan dengan mobil Toyota Innova dan ditabrak mobil lain yang laju dengan kecepatan tinggi. Kasus ini sedang ditangani oleh pihak kepolisian setempat. Baca berita selengkapnya di Antaranews.com. 

Panglima TNI bolehkan anggota wanita pakai jilbab

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmanty saat dilantik pada 8 Juli 2015. Foto oleh Gatta Dewabrata/Rappler

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo membolehkan wanita anggota TNI AD (Kowad) mengenakan jilbab saat bertugas. Jadi begini, jilbab itu bulan puasa jadi pada pakai. Kalau mau gunakan, ya gunakan saja,” kata Gatot pada Jumat pekan lalu.

Ia tidak melarang jika jilbab itu digunakan oleh Kowad sebagai seragam tugasnya pascabulan Ramadan. Namun, Gatot tidak menyebut secara rinci mengenai aturannya.

Hal ini mendapat apresiasi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Menurut Ketua Fraksi PKS di DPR RI, Jazuli Juwaini, pernyataan Gatot  menunjukkan pemahaman keagamaan yang mendalam dari pimpinan TNI bahwa jilbab merupakan syariat bagi seorang Muslimah dan tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk tetap berkontribusi dalam membela negara.

Jazuli berharap Jenderal Gatot segera mengeluarkan aturan berupa edaran tertulis kepada seluruh satuan TNI agar para wanita anggota TNI semakin yakin dan mantap.

“Saya rasa ini bisa menjadi kado terindah bagi seluruh muslimah anggota TNI menjelang Idul Fitri,” kata Jazuli, Selasa, 5 Juli. Selengkapnya di Antara.

Indonesia wRap: Senin, 4 Juli 2016

Dari penetapan Hari Idulfitri hingga ‘Brexit’ macet parah

Pemerintah menetapkan hari menetapkan hari Lebaran atau 1 Syawal 1437 H pada Rabu, 6 Juli 2016. Dengan demikian, masyarakat Indonesia pada umumnya akan merayakan Hari Raya Idulfitri secara bersamaan.

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) membolehkan masyarakat mengikuti takbiran di malam Lebaran. Menurut MUI, takbir keliling merupakan syiar Islam yang terus dihidupkan, asal dilaksanakan dengan tertib.

Sebelumnya, beberapa daerah seperti Jakarta dan Jawa Barat dilaporkan melarang takbiran karena banyak terjadi kecelakaan dan kemacetan.

Saksikan selengkapnya di video di bawah ini:

—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!