Berita hari ini: Rabu, 6 Juli 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Rabu, 6 Juli 2016

ANTARA FOTO

Pantau terus laman ini untuk mengetahui berita pilihan Redaksi Rappler pada Rabu, 6 Juli 2016.

Kapolri Badrodin: Tito Karnavian akan dilantik pada 12 Juli

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan Komjen Tito Karnavian akan dilantik pada 12 Juli, atau 12 hari sebelum Badrodin memasuki masa pensiun wajib pada 24 Juli mendatang.

“Pelantikan tanggal 12 Juli, lalu tanggal 13 ada paparan di internal Polri. Setelah itu, baru tanggal 14 serah terima jabatan,” kata Badrodin usai menunaikan salat Ied di Mabes Polri, Jakarta pada Rabu, 6 Juli. 

‎Badrodin genap berumur 58 tahun pada 24 Juli mendatang. Berdasarkan UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, anggota Polri, tanpa keahlian khusus, hanya boleh bertugas sampai usia 58 tahun.

Badrodin hanya tersenyum ketika ditanya apakah jadwal pelantikan Tito sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo. Pelantikan Tito akan dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebutkan Tito akan dilantik selepas perayaan hari ulang tahun Polri ke-70 yang jatuh pada 1 Juli lalu.  – Rappler.com 

700 narapidana bebas setelah mendapat remisi Idulfitri

Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur mengikuti salat Idulfitri. Sedikitnya 700 narapidana di seluruh Indonesia mendapat remisi bebas pada Rabu, 6 Juli 2016. Foto oleh Antara.

Sebanyak 700 narapidana di tanah air langsung bebas pada Rabu, 6 Juli, setelah mendapat remisi Idulfitri 1437 Hijriah, kata M Akbar Hadiprabowo, Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM. 

Napi yang langsung bebas itu merupakan bagian dari 63.170 narapidana beragama Islam yang mendapatkan pengurangan pidana (remisi) khusus pada Lebaran.

“Remisi RK-1 (pengurangan masa tahanan) diberikan kepada narapidana yang setelah mendapatkan remisi khusus masih menjalani sisa pidana sebanyak 62.470 orang,” kata Akbar.

Pada setiap hari raya besar keagamaan, pemerintah memberikan potongan hukuman penjara kepada narapidana yang merayakannya. Baca berita selengkapnya di Antaranews.com.   

Kapolri imbau pemudik kembali ke kota masing-masing lebih awal 

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti meminta para pemudik untuk kembali lebih awal ke kota masing-masing untuk mencegah kemacetan selama arus balik. Foto oleh Romeo Gacad/AFP

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti meminta para pemudik untuk kembali ke kota masing-masing lebih awal untuk mencegah kemacetan seperti pada saat mudik.

“Kami harapkan pemudik tidak menunggu sampai hari Minggu. Pemudik bisa memilih hari Jumat atau Sabtu agar tidak numpuk,” ujar Badrodin selepas salat Ied di Mabes Polri di Jakarta pada Rabu, 6 Juli. 

Badrodin juga meminta keluarga yang membawa anak mereka ke kampung halaman untuk menggunakan transportasi umum. 

“Anak-anak sekolah masuknya masih minggu depannya lagi, tanggal 18 Juli. Sehingga bisa diatur bagaimana baiknya supaya mengurangi penumpukan,” ujar Badrodin.

Menurut analisa Korlantas Polri, kata Badrodin, kemacetan akan tetap terjadi pada arus balik.

“Tapi saya yakin nanti terjadi penumpukan di daerah Jawa Tengah. Tetapi setelah masuk tol Brebes Timur-Pejagan kemudian lancar. Baru macet lagi di Cikarang Utama,” kata Badrodin. – Rappler.com.

Peternak sapi membagi susu segar gratis selama lebaran

Menteri Saleh Husin mengunjungi pabrik susu milik PT Greenfields Indonesia di Desa Gunung Kawi, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Foto: Kementerian Perindustrian

Ardiansyah Harjunantyo, seorang peternak sapi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, memutuskan untuk membagi secara gratis susu segar dari peternakannya pada Rabu dan Kamis, 6-7 Juli, karena kesulitan mencari pembeli.

Ardiansyah mengatakan semua pedagang dan langganannya tutup selama Idulfitri. Koperasi susu yang bisa menampung susu segarnya juga tutup. 

“Lebih baik dibagikan gratis daripada dibuang sia-sia,” kata Ardiansyah, warga Desa Kalisidi, Kabupaten Semarang pada Rabu, 6 Juli.

Selama dua hari, Ardiansyah memproduksi sekitar 240 liter susu dengan harga pasar mencapai Rp 5 ribu per liter. Baca berita selengkapnya di Tempo.co.

Umat Islam salat Idulfitri di Kantor Gubernur Papua 

Umat Islam Kota Jayapura, Papua mengadakan salat Idulfitri di Kantor Gubernur Papua pada Rabu, 6 Juli.

Salat Idulfitri 1437 Hijriah dipimpin oleh Imam Ustad Abdul Kadir dan khotib Ustad Syaiful Muhyidin yang merupakan Dosen Ilmu Al Quran dan Tafsir STAIN Al-Fatah Jayapura.

Mahmud Abdullah, salah satu umat, mengatakan dia senang karena Pemerintah Provinsi Papua menyediakan halaman kantornya untuk tempat salat.

“Kami menyampaikan terima kasih yang dalam dan apresiasi tinggi terhadap pemerintah daerah atas kesediaannya meminjamkan halaman kantornya,” katanya. Baca berita selengkapnya di Antaranews.com.

Jokowi minta rayakan Idulfitri dengan membangun bangsa dan negara

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) dan Ketua DPD Irman Gusman (kanan) melaksanakan salat tarawih terakhir di Masjid Nurul Iman, Padang, Sumatera Barat pada Senin, 4 Juli. Presiden bersama keluarga merayakan Idulfitri 1437 Hijriah di Kota Padang. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/ama/16

Presiden Joko “Jokowi” Widodo meminta warga Indonesia untuk merayakan Idulfitri dengan membangun bangsa dan negara.

“Mari kita merayakan kemenangan ini dengan semangat kerja, bahu-membahu membangun bangsa, bahu-membahu membangun negara,” kata Jokowi dalam pesan Idulfitrinya melalui YouTube.

Presiden Jokowi dan keluarga melaksanakan salat Idulfitri pada Rabu, 6 Juli, di Masjid Raya Padang, Sumatera Barat di bawah pengawalan yang cukup ketat, ratusan aparat keamanan berjaga-jaga di sepanjang jalan menuju lokasi. Baca berita selengkapnya di Antaranews.com.

Indonesia wRap: Selasa, 5 Juli 2016

Dari ledakan bom bunuh diri di Madinah hingga ke teror ke petugas polisi di Mapolresta Solo

Sebuah ledakan bom bunuh diri terjadi di kota Madinah, Arab Saudi. Pelaku meledakan dirinya sendiri di lapangan parkir yang berlokasi tak jauh dari Masjid Nabawi, salah satu tempat yang disucikan oleh umat Muslim. Ledakan bom bunuh diri mengakibatkan 4 petugas keamanan dan pelaku tewas. Siapa pelaku peledakan?

Teror juga terjadi di Solo. Seorang pria yang belakangan diketahui bernama Nur Rohman meledakan dirinya sendiri di halaman Mapolresta Solo sekitar pukul 07:45. Pelaku masuk ke kantor Mapolresta Solo dengan mengendarai sepeda motor, lalu dicegat oleh seorang petugas polisi.

Tiba-tiba pelaku mengatifkan alat peledak yang dipasang di pinggangnya. Pelaku tewas seketika, sedangkan satu petugas polisi mengalami luka.

Video selengkapnya di Indonesia wRap:

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!