Berita hari ini: Kamis, 7 Juli 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Kamis, 7 Juli 2016

ANTARA FOTO

Pantau terus laman ini untuk mengetahui berita pilihan Redaksi Rappler pada Kamis, 7 Juli 2016.

Menhub Jonan setuju tol digratiskan jika masih macet saat arus balik

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengaku setuju dengan beberapa masukan yang menyarankan agar tol digratiskan jika kemacetan kembali terjadi saat arus balik.

“Kalau menurut saya bagus (tol digratiskan),” ujar Jonan ketika meninjau arus balik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Dia mengaku telah mengingatkan kalau gerbang pintu tol harus dibuka dan digratiskan saja jika masih macet. Sementara, terkait kemacetan parah yang terjadi di tol Pejagan saat arus mudik kemarin, ada dua hal penyebabnya. Pertama, pengguna jalan tol lebih banyak yang masih menggunakan pembayaran tunai.

“Itu kalau pintu (tol)nya masih pakai (uang) tunai (untuk pembayaran), saya kira berat. Orang bilang itu enggak ada hubungannya karena memang exitnya saja. Tetapi, coba kita lihat, kalau banyak yang menggunakan (uang) tunai (untuk pembayaran) pasti macet,” ujar Jonan.

Sementara, penyebab kedua kemacetan di tol Pejagan versi Jonan yaitu desain jalan tol yang modelnya menyerupai tutup botol. Bentuknya lebar di bagian bawah tetapi sempit di atas. Jonan merujuk desain itu kepada pintu tol keluar di Brebes Timur atau “Brebes”.

“Mestinya itu bukin (pintu) exit tol sebesar jalannya. Ini kan seperti teori botol aja. Nanti, akan dievaluasi semua,” tuturnya.

Selengkapnya baca di Detik.

Todongkan pistol dan tampar penumpang, sopir taksi Uber jadi tersangka

DIUBER-UBER. Logo Uber di kantor pusat di San Francisco, Kalifornia, AS. Foto oleh EPA

Seorang sopir taksi berbasis aplikasi Uber telah ditetapkan sebagai tersangka karena menodongkan pistol dan menampar seorang penumpang di Jakarta pada Selas, 5 Juni, lalu.

“Pelaku menodongkan sebuah barang mirip senjata jenis pistol ke arah korban, tetapi oleh korban ditepis, lalu pelaku menampar korban sebanyak dua kali,” kata Kepala Sub-Bagian Humas Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Suyatno pada Kamis, 7 Juli.

Peristiwa itu berawal dari penumpang BCC (22 tahun) memesan taksi Uber untuk rute Gambir, Jakarta Pusat ke Bekasi, Jawa Barat. Namun, dalam perjalanan, sopir berinisial AS itu meminta para penumpang turun dengan alasan tidak bisa mengantar mereka sampai Bekasi.

Karena korban tidak mau turun dari mobil, AS menodongkan pistol kepada BCC dan menamparnya dua kali.

Tidak terima diperlakukan demikian, BCC melaporkan kasus tersebut ke polisi. AS ditangkap dengan barang bukti sebuah benda mirip pistol, mobil, dan sebuah lencana penyidik polisi. Baca berita selengkapnya di Kompas.com.

Jokowi berziarah ke makam kakek di Kecamatan Gondangrejo

Presiden Joko Widodo menyalami warga saat mengunjungi kampung masa kecilnya di Desa Kragan, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah, pada Kamis, 7 Juli. Dalam kunjungan tersebut Presiden membagikan 2.000 paket sembako dan uang kepada warga serta berziarah ke makam ayah dan kakeknya. Foto oleh Antara/Maulana Surya

Pada hari kedua Idulfitri, Presiden Joko “Jokowi” Widodo berziarah ke makam kakeknya di Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pada Kamis, 7 Juli.

“Dulu kalau datang ke sini (dari Solo), saya naik bus lewat Kebakkramat, terus berjalan kaki, dan naik gethek (perahu untuk menyeberangi sungai) di Bengawan Solo,” kata Presiden Jokowi di  Pemakaman Umum Kragan.

Kakek Presiden Jokowi, Lamidi Wiryo Miharjo, pernah menjadi Kepala Desa Kragan. Dia terkenal dengan sebutan Lurah Dongkol. Ayah kandung Jokowi, Noto Mihardjo, merupakan anak pertama Lamidi Wiryo Miharjo dari pernikahannya dengan Painem.

Sebelum berziarah ke makam kakeknya, Jokowi membagi ribuan paket sembako kepada warga kurang mampu di Kecamatan Gondangrejo. Baca berita selengkapnya di Antaranews.com. 

Indonesia berharap bulan Juli patroli laut 3 negara terealisasi

PERBATASAN INDONESIA DAN FILIPINA. Kapal TB Charles kembali ke perairan Balikpapan usai dibajak oleh kelompok milisi bersenjata Filipina pada tanggal 20 Juni. Foto oleh TNI Angkatan Laut

JAKARTA, Indonesia – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu berharap patroli laut 3 negara untuk mengamankan wilayah perairan di perbatasan Filipina bisa terealisasi di bulan ini. Keputusan tersebut merupakan salah satu cara yang disepakati oleh militer 3 negara untuk mencegah aksi pembajakan yang dilakukan oleh kelompok milisi bersenjata di Filipina selatan.

“Paroli laut kan sudah acc (disetujui), tinggal latihan. Latihan itu perlu, walaupun tidak ada apa. Kalau enggak, nanti bisa semrawut dan babak belur,” ujar Ryamizard ketika ditemui di Istana Wakil Presiden pada Rabu, 6 Juli.

Inisiatif untuk melakukan patroli datang dari Pemerintah Indonesia pasca 14 WNI menjadi korban penculikan kelompok Abu Sayyaf beberapa waktu lalu. Peristiwa pertama, pelaku menculik 10 WNI pada tanggal 28 Maret. Dalam kejadian kedua, pelaku menawan 4 WNI pada tanggal 15 April.

Bahkan, pada tanggal 20 Juni, sebanyak 7 WNI kembali diculik oleh kelompok yang sama. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan aksi penculikan semacam ini sudah tidak bisa lagi ditoleransi.

Sejauh ini, Indonesia terus melakukan koordinasi dengan pemerintahan baru Filipina.

“Negosiasi dengan Pemerintah Filipina sedang dilakukan. Tetapi, kami tidak bisa ikut campur jadi hanya bisa memonitor,” tutur Ryamizard.

Publik terus mendesak agar unsur militer Indonesia segera masuk ke teritori Filipina dan membebaskan ke-7 ABK TB Charles dan tongkang Robby. Tetapi, hal tersebut bertentangan dengan konstitusi yang berlaku di Filipina.

“Kita serahkan dulu lah kepada Pemerintah Filipina. Mereka telah mengerahkan 6.000-7.000 pasukan militer dan personil intelijen. Kita percayakan saja dulu,” katanya.

Bahkan Menhan terpilih Filipina, Delfin N. Lorenzana mengaku Indonesia tidak perlu khawatir terkait upaya pembebasan ke-7 WNI dari kelompok milisi. Sebab, operasi militer terus ditingkatkan di area Filipina selatan.

“Bahkan, Menhan baru mereka meminta saya untuk tidur enak saja, karena mereka akan terus melaporkan perkembangannya, sehingga kami hanya diminta untuk monitor,” tutur dia.

Patroli wilayah laut yang dimaksud dilakukan hanya hingga area perbatasan kedua negara. Indonesia baru diizinkan masuk ke wilayah laut negara lain, jika terjadi sesuatu yang mendesak sehingga perlu dilakukan pengejaran hingga ke teritori laut Filipina atau Malaysia.

Selain itu, rencananya juga akan disiapkan pengawal yang berjaga di atas kapal dan jalur pelayaran yang aman menuju ke Filipina selatan. Jalur tersebut sangat vital untuk pengiriman batu bara dari Pulau Kalimantan. – Rappler.com

Terpidana kasus terorisme Ali Azhari bebas setelah mendapat remisi Idulfitri

Situasi di kawasan Sarinah usai terjadi peledakan dan baku tembak pada 14 Januari 2016. Foto oleh Adi Weda/EPA

Terpidana teroris Ali Azhari alias Jakfar (33 tahun) bebas pada Rabu, 6 Juli, setelah mendapat pemotongan pidana atau remisi khusus dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1437 Hijriyah. 

Jakfar keluar dari Lembaga Pemasyarakatan Permisan di Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah di bawah pengawalan personel Brimob Kepolisian Daerah Jawa Tengah.

Menurut Kepala Kepolisian Resor Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Ulung Sampurna Jaya, Jakfar dijemput oleh anggota keluarganya dan dibawa langsung ke Kelurahan Keudah, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh, Nangroe Aceh Darussalam.

Jakfar dihukum tujuh tahun penjara karena terbukti membantu pelaku tindak pidana terorisme dengan menyembunyikan informasi tentang tindak pidana terorisme. Baca berita selengkapnya di Antaranews.com.

Pemerintah akan terbitkan peraturan perlindungan data di dunia maya

Menteri Rudiantara mengatakan pemerintah akan segera terbitkan peraturan menteri mengenai perlindungan data pribadi di dunia maya. Foto oleh Antara.

Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan aplikasi asing masuk Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menerbitkan peraturan mengenai perlindungan data pribadi di dunia maya.

“Paling lama Agustus tahun ini,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Jakarta pada Rabu, 6 Juli.

Bila diterbitkan, permen tersebut menjadi langkah pintas dan sementara sampai rancangan undang-undang mengenai perlindungan data pribadi disepakati oleh pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat pada 2017.

Sampai saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menerbitkan surat edaran yang mewajibkan perusahaan asing seperti Facebook, Twitter, Yahoo, dan Google memiliki Badan Usaha Tetap dan tunduk terhadap undang-undang di Indonesia. Baca berita selengkapnya di Tempo.co.

– Rappler.com

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!