Berita hari ini: Minggu, 10 Juli 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Minggu, 10 Juli 2016
Pantau terus laman ini untuk mengetahui berita pilihan redaksi Rappler pada Minggu, 10 Juli 2016.

Gempa 5,4 SR guncang Pasaman, Sumatera Barat

Gempa berkekuatan 5,4 pada Skala Richter (SR) menguncang Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Minggu pada pukul 16:31 WIB. 

Informasi yang diterima dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang, menyebutkan gempa tersebut berpusat pada 0,21 Lintang Utara (LU) dan 100,08 Bujur Timur (BT), pada jarak 10 Kilometer (KM) arah Barat Daya Pasaman, Sumbar, dengan kedalaman 10 KM di bawah permukaan tanah.

Menurut laporan Harian Singgalang, gempa membuat pengendara di kawasan Malalak, Kabupaten Agam, terguncang seolah dalam kapal.

“Gempa terasa begitu kuat. Dalam mobil saya terasa terguncang-guncang seperti dalam kapal,” kata Donal, salah seorang pengendara yang melewati Malalak menuju Bukittinggi. 

Di kawasan jalur alternatif tersebut pengendara berhamburan menyelamatkan diri, dengan mencoba mengendalikan kendaraan masing masing. 

PMI gunakan helikopter untuk evakuasi pemudik sakit di ‘Brexit’

PMI Pusat memberangkatkan satu pesawat Helikopter Ambulance Udara yang disiagakan di sepanjang jalur mudik. Foto dari Facebook/Yadi Jentak

Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat menurunkan satu unit helikopter untuk mengevakuasi pemudik yang sakit terjebak kemacetan pada arus balik Lebaran di sepanjang jalur Pantura.

“Helikopter yang diturunkan ini untuk evakuasi medis melalui udara yang sulit dijangkau oleh mobil ambulans,” kata Ketua Bidang Penanggulangan bencana PMI Pusat Soemarsono di Jakarta, Minggu.

Helikopter tersebut membawa perlengkapan kegawatdaruratan, obat-obatan, dan tabung oksigen serta kebutuhan logistik berupa air mineral kemasan, biskuit tinggi kalori, roti, dan minuman berenergi.

Helikopter PMI akan beroperasi di sepanjang jalur mudik mulai dari pintu tol keluar Brebes Timur sampai gerbang tol Cikarang Utama melintasi tol Kanci-Pejagan, Palimanan-Kanci, Cikampek-Plimanan, dan Cikampek-Jakarta. Selengkapnya di Antara.

Komisioner KPU: Hentikan spekulasi penyebab meninggalnya Husni Kamil Manik

Kerabat membacakan Al-Qur’an di depan jenazah Ketua KPU Husni Kamil Manik pada 7 Juli 2016. Foto oleh Muhammad Adimaja/Antara

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay meminta semua pihak untuk berhenti berspekulasi tentang meninggalnya Ketua KPU Husni Kamil Manik beberapa hari lalu. Ia mengatakan ada yang menduga bahwa Husni meninggal karena diracun.

“Saya kira tidak melihat ada yang aneh, kami dengan pihak keluarga telah berkomunikasi denga pihak rumah sakit. Mereka telah menjelaskan secara detil mengapa Pak Husni meninggal dunia. Saya kira kabar itu tidak betul,” kata Hadar, Minggu.

Ia mengatakan agar jangan ada lagi pihak yang mengaitkan meninggalnya Husni dengan hasil Pemilu 2014.

“Itu sama sekali tidak benar, hasil pemilu di mana kecurangannya? Kami bekerja sebagai profesional, transparan, dan sangat terbuka, Jadi kenapa kemudian ada Ketua KPU kemudian meninggal dikaitkan ke sana? Ini kan tidak tepat dan dangkal,” tuturnya.

Pihak rumah sakit sebelumnya telah menjelaskan bahwa meninggalnya Husni karena komplikasi beberapa penyakit. Tidak hanya diabetes, ada infeksi yang sifatnya sistemik. Selengkapnya di Detik.com.

Car Free Day di Jalan Sudirman-Thamrin ditiadakan hari ini

Hari bebas kendaraan bermotor atau car free day di ruas Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman, Jakarta, ditiadakan selama libur Lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan ketiadaan ini karena sedang berlangsung operasi pengamanan dan pengawasan arus mudik serta arus balik Idulfitri 1437 H. 

Selain itu saat libur Lebaran banyak warga Jakarta yang mudik, sehingga peminat car free day juga menurun. “Tanggal 17 Juli baru akan berlaku kembali,” kata Andri

Program balik gratis, 1.080 motor diangkut dari Yogyakarta ke Jakarta 

ILUSTRASI MUDIK. Kebiasaan mengangkut penumpang bersama barang termasuk sepeda motor dalam satu bus lazim dikerjakan di Terminal Mamboro Palu, Sulawesi Tengah, meskipun sangat berisiko. Foto oleh Basri Marzuki/Antara

Sebanyak 1.080 unit sepeda motor diangkut dari Yogyakarta ke Jakarta menggunakan 22 truk dalam program balik gratis. Program tersebut juga diikuti 2.160 penumpang dengan tujuan yang sama, yakni Jakarta. Sebanyak 48 bus disiapkan untuk mengantar mereka. 

“Program ini dari Kementerian Perhubungan. Semuanya untuk tujuan Jakarta,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Penumpang Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta di Yogyakarta, Minggu, 10 Juli.

Peserta program balik gratis tersebut diberangkatkan dari Stadion Kridosono Yogyakarta pada Sabtu, 9 Juli, untuk sepeda motor dan disusul penumpangnya pada Minggu. Program ini tidak dipungut biaya apa pun. Selengkapnya di Antara.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!