Philippine economy

Polisi pastikan Nur Rohman pelaku bom bunuh diri Solo

Fariz Fardianto, Ari Susanto

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Polisi pastikan Nur Rohman pelaku bom bunuh diri Solo
Kepastian itu didasarkan pada hasil saintifik dengan pengambilan sampel DNA pelaku dan kedua anak biologisnya

SOLO/SEMARANG, Indonesia (UPDATED) – Polisi menyimpulkan pelaku tunggal bom bunuh diri di Mapolresta Surakarta pada Selasa, 5 Juli, lalu adalah Nur Rohman, laki-laki berusia 30 tahun, warga Kelurahan Sangkrah, Solo, Jawa Tengah.

Kepastian itu didasarkan pada hasil investigasi dengan pengambilan sampel DNA pelaku dan kedua anak biologisnya.

“Hasilnya identik. Kami menyimpulkan 99,9 persen pelaku adalah Nur Rohman bin Sehno Wigyo Wiyono,” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono dalam konferensi pers tentang hasil penyelidikan polisi terhadap kasus bom Solo.

Hasil uji genetik itu sekaligus menguatkan penyelidikan sebelumnya, yaitu kecocokan sidik jari pelaku dengan Daftar Pencarian Orang (DPO) bernama Nur Rohman. Istri pelaku, SIti Aminah, juga mengakui bahwa jenazah adalah suaminya.

Di Jakarta, Mabes Polri mengatakan akan menerbitkan surat penghentian penyidikan kasus bom di Mapolresta Solo karena pelaku tunggal bom Rohman tewas sehingga penyelidikan tidak bisa dikembangkan.

“Hasil penyelidikan diserahkan sepenuhnya pada Densus 88. Dan di SP3 karena tersangkanya meninggal dunia,” kata Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Martinus Sitompul saat dihubungi, Senin.

Condro mengatakan polisi akan terus mengembangkan ke mana saja Rohman ini selama pelariannya dan dengan siapa-siapa saja ia bertemu.

 

Nur Rohman merupakan buronan yang masuk DPO jaringan terorisme bom Bekasi yang berhasil melarikan diri saat penangkapan pada Desember 2015. Ia juga disebut-sebut terkait jaringan Aman Abdurahman dan juga bagian dari kelompok hisbah Solo yang berbaiat kepada Islamic State (ISIS).

Ia diduga membuat sendiri bom rakitan jenis casing press cooker yang berdaya ledak rendah (low explosive), berbahan kalium nitrat dan sulfur dilengkapi ratusan butir gotri sebagai peluru untuk melukai sasaran ledakan. Nur Rohman juga diduga pernah bongkar-pasang M16 di Masjid Al Wusto Mangkunegaran Solo.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Rappler dari beberapa sumber, Nur Rohman merupakan pendukung setia ISIS yang disebutnya sebagai daulah Islamiyah. Mantan kawan-kawan Nur Rohman menyebut ayah dua anak itu memiliki karakter pemberani, nekat, dan tanpa perhitungan dalam bertindak.

Sementara itu, tim INAFIS menemukan dua tas ransel yang dipakai pelaku. Satu tas dalam kondisi hancur, diduga berisi bom rakitan yang diledakan, sedangkan tas lainnya berisi bahan peledak yang diduga untuk menyulut ledakan yang lebih besar. Tas kedua dan isinya masih utuh.

Selama pelarian berpindah kota, ia diduga membawa sepeda motor Suzuki Nex warna hijau bernomor polisi AD 6136 HW yang digunakan dalam aksi bom bunuh diri di Mapolresta Solo sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri. Polisi sudah memeriksa 25 saksi terkait kejadian dan barang bukti sepeda motor.

Jenazah Nur Rohman dibawa keluarga untuk dimakamkan. Foto oleh Fariz Fardianto.

Jenazah Rohman diserahkan ke keluarga

Sementara itu, pihak Rumah Sakit Bhayangkara Semarang, Jawa Tengah menyerahkan jenazah Rohman kepada keluarganya pada Senin, 11 Juli, setelah menuntaskan autopsi selama tiga hari terakhir.

Proses serah terima jenazah disaksikan langsung oleh istri pelaku, ‎Siti Aminah yang didampingi kuasa hukum dari Tim Pengacara Muslim (TPM) Solo, Muhammad Saifudin.

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara, Komisaris Besar Didiet S, mengatakan, penyerahan jenazah Rohman dilakukan tanpa pengawalan ketat karena permintaan pihak keluarga.

“Untuk hari ini, kami menyerahkan jenazah yang disaksikan istrinya dan tim pengacara. Karena pihak keluarga keberatan maka kami tidak melakukan pengawalan terhadap jenazahnya,” kata Didiet. 

Ia menjelaskan hasil autopsi terhadap jenazah Rohman kini telah tuntas. Tim forensik memastikan bahwa jasad pelaku bom bunuh diri itu identik dengan database Rohman dan database yang sudah diserahkan oleh keluarganya.

“Setelah kami menunggu hasil tes DNA, maka baru bisa diserahkan dan autopsi menyatakan betul itu jenazah Nur Rohman,” katanya.

Siti Aminah, enggan mengucapkan sepatah katapun saat menjemput jenazah suaminya. Raut mukanya tampak dirundung kesedihan mendalam saat berada di rumah sakit.

Pengacara keluarga korban dari TPM Solo, Muhammad Saifudin, menyatakan setibanya di rumah duka, jenazah Rohman langsung dikebumikan di tempat pemakaman umum Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo pada Senin sore.

“Sore ini juga bila sesuai rencana dimakamkan oleh keluarga di Polokarto. Sanak keluarganya sudah menunggu di rumah duka,” kata Saifudin. – Rappler.com.

 

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!