Persib Bandung vs Persija Jakarta: Waspadai serangan balik Macan Kemayoran

Mahmud Alexander

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Demi poin penuh, Persib pun menegaskan bakal mengusung strategi berbeda dibanding ketika melawan PSM Makassar sebelum jeda ‎libur lebaran lalu

Pesepakbola Persib Bandung Juan Carlos Belencoso (kiri) berebut bola dengan pesepakbola Bali United Fadhil (ketiga kanan) pada laga lanjutan Indonesia Soccer Championship A 2016 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (14/5). Persib Bandung berhasil mengalahkan Bali United dengan skor akhir 2-0. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/aww/16.JAKARTA, Indonesia – Persib Bandung bakal menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Sabtu, pukul 19.00 WIB. Tiga poin menjadi incaran skuad Maung Bandung, untuk mendongkrak posisi mereka di klasemen. 

Demi poin penuh, Persib pun menegaskan bakal mengusung strategi berbeda dibanding ketika melawan PSM Makassar sebelum jeda ‎libur lebaran lalu. Kemenangan 3-2 belum membuat pelatih Djadjang Nurdjaman puas dengan performa timnya.

“Saya masih akan melakukan rotasi, mungkin ada satu dua pemain yang akan digantikan,” katanya.

Melihat pergantian dan efektivitas permainan Maung Bandung, perubahan sepertinya bakal dilakukan di lini depan. Zulham Zamrun yang selalu menjadi cadangan bisa saja dicoba dimainkan dari menit pertama.

Itu karena serangan di sayap, mengalami peningkatan setelah terjadi perubahan, dari yang awalnya diisi Atep-Samsul Arif, ‎berubah menjadi Tantan-Zulham selepas jeda babak pertama.

Namun, mengukur keroposnya lini pertahanan, maka bisa jadi, perubahan dilakukan untuk lini belakang. Sosok Rudolof Yanto Basna bakal dicoba untuk tampil. Namun, modifikasi posisinya dia bisa ada di bek sayap atau bek tengah.

“Sepertinya begitu, Basna bisa menjadi salah satu yang akan saya mainkan,” kata Djadjang.

Menghadapi Persija, pelatih 51 tahun itu memiliki kewaspadaan tersendiri terhadap pemain senior seperti Bambang Pamungkas dan pemain muda Ambrizal ‎Umanailo. Keduanya dianggap berbahaya karena sudah membuktikan kemampuannya dan dipercaya pelatih Paulo Camargo.

Untuk itu, ‎permainan Persib yang mengandalkan ball posession akan dipertahankan. Tapi meninggalkan lebih banyak pemain saat naik menyerang, juga akan dilakukan.

“Lawan pasti akan berharap serangan balik. Kami antisipasi itu, bisa jadi begitu (memasang pemain lebih banyak di belakang dan melarangnya naik menyerang), “‎ tutur dia.

Pelatih Persija Paulo Camargo pun memilih merendah. Dia sadar, Persib lebih memiliki materi yang wah dan dukungan melimpah dari timnya kali ini. Dia pun mengakui, bermain menunggu, bakal menjadi opsi.

“Kami harus realistis. Tapi kami tetap optimistis bisa membawa pulang poin dari Bandung,” tuturnya.

Ambrizal yang menimpali pernyataan Camargo bahkan merasa terlecut tampil dalam laga panas dua musuh bebuyutan ini. Dia merasa, secara performa timnya masih bisa mengimbangi Persib. 

Dia ingin membuktikan, tuntutan menang Bobotoh, bakal menjadi bumerang tersendiri untuk Maung Bandung. 

“Kami justru bersemangat bang. ‎Biar mereka kan terbebani, kami bisa main lepas nanti,” tandasnya.

Persija sendiri masih ‎akan mempertahankan formasi terbaiknya, tapi minus Ismed Sofyan dan Jose Guerra. Keduanya belum cukup fit untuk ditampilkan karena masih proses penyembuhan cedera.

Karena itu, Bepe kemungkinan turun dari menit awal. Skenario lain, untuk meningkatkan kecepatan, ‎Rachmat Afandi akan dipasang terlebih dulu. Untuk menguras tenaga pemain belakang Persib kemudian baru digantikan Bepe pada babak kedua.

Di belakang, Ismed Sofyan ‎bakal digantikan Vava Mario Zagalo. Meski beda kualitas, secara performa keduanya tetap dianggap sebagai opsi terbaik yang dimiliki Macan Kemayoran.

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!