Penulis naskah pidato Melania Trump mengundurkan diri

Rappler Social Media Team

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Penulis naskah pidato Melania Trump mengundurkan diri

EPA

Donald Trump menolak pengunduran diri penulis naskah plagiat istrinya

JIPLAK PIDATO? Penulis pidato yang sudah bekerja sejak lama dengan Donald Trump memutuskan mengundurkan diri pasca muncul tudingan pidato yang dibacakan Melania Trump pada Konvensi Nasional Partai Republik Selasa, 18 Juli menjiplak pidato Michelle Obama tahun 2008 silam. Foto oleh Michael Reynolds/EPA

JAKARTA, Indonesia – (UPDATED) Setelah ramai tuduhan plagiat pidato Michelle Obama oleh Melania Trump pada Konvensi Nasional Partai Republik Selasa, 19 Juli, akhirnya Meredith McIver, si penulis naskah pidato, memutuskan untuk mengundurkan diri.

McIver mengatakan bertanggung jawab atas pidato tersebut. “Saya merasa bersalah atas kekacauan yang saya timbulkan terhadap Melania dan keluarga Trump, juga Nyonya Obama. Tidak ada tujuan buruk dari peristiwa ini,” kata dia lewat pernyataan resmi.

Berikut isi surat pengunduran diri McIver: 

Pidato tersebut memang memuat beberapa frasa dari Michelle Obama, yang dibacakan Melania lewat telepon saat penyusunan naskah. Kepada McIver, Melania mengaku terinspirasi oleh istri Presiden Amerika Serikat Barack Obama ini. Akhirnya, coretan itu menjadi naskah final pidato Melania, tanpa dicek terlebih dahulu isi keseluruhan naskah.  

Sebagai pertanggungjawaban, McIver memutuskan untuk mundur dari jabatannya. Namun, permintaan ini ditolak oleh Donald Trump.

“Tuan Trump mengatakan kalau manusia membuat kesalahan kecil, dan pengalaman ini membuat kita tumbuh dan berkembang,” kata dia. McIver mengaku sangat bersyukur atas pemahaman Trump atas kasus ini.

Pembelaan Donald Trump

Sementara itu, Donald Trump pun turun tangan untuk membela pidato sang istri, yang menjadi bahan lelucon netizen. Lewat akun Twitternya, Trump mengatakan kalau pidato Melania mendapatkan ‘publikasi lebih banyak dibanding pidato lain sepanjang sejarah politik’ dan tak lupa mencantumkan ‘kalau kau percaya media itu baik.

 

Ia pun sempat melontarkan sindiran terhadap media yang dianggapnya ‘lebih fokus pada pidato Melania ketimbang masalah surat elektronik Hillary.’

Plagiat pidato

Melania Trump berpidato untuk mendukung suaminya, Donald Trump pada Konvensi Nasional Partai Republik (Republican National Convention) pada hari Selasa. Setelah pidato tersebut ditayangkan, para netizen menunjukkan beberapa bagian yang sangat mirip dengan pidato Michelle Obama di tahun 2008.

 

Dalam pidatonya, Melania berbicara mengenai kerja keras, hormat untuk sesama, dan keinginan untuk masa depan yang lebih baik bagi generasi selanjutnya. Bagian dari pidato yang menyinggung hal ini hampir semuanya diambil dari pidato ibu negara AS Michelle Obama di Konvensi Partai Demokrat tahun 2008.

Kesamaan ini pertama kali ditemukan oleh Jarrett Hill, seorang jurnalis dan desainer interior. “Seperti sebuah lagu yang kamu sudah lama tidak dengar, namun kamu mengingat liriknya saat kamu mendengarnya lagi. Atau sebuah dialog dalam film yang kamu ingat dan kamu meresponnya,” kata Hill kepada LA Times. 

Ketika ia mengunggah temuannya di Twitter, ternyata ia adalah orang pertama yang  menyadari kesamaan pidato Melania Trump dan Michelle Obama. Ia mencuit: “Koreksi: Melania mencuri keseluruhan paragraf dari pidato Michelle.”

 

Hanya dalam waktu singkat, video perbandingan kedua pidato mereka pun beredar di dunia maya. Timothy Burke, editor di Deadspin, mencuit video perbandingan pidato dan menuliskan “Bahkan muridku yang terburuk tidak akan melakukan hal ini.”

Berikut perbandingan side-by-side pidato Melania Trump dan Michelle Obama yang diunggah oleh Mike Hearn, manajer produk New York Public Radio. Kesamaan pidato Melania Trump dan Michelle Obama terdengar semakin kentara.

Karena bukti-bukti yang beredar semakin menunjukkan kalau Melania Trump (dan timnya) mengambil sebagian pidato Michelle Obama, netizen ramai-ramai mengunggah meme dengan tagar #FamousMelaniaTrumpQuotes.

Salah satu netizen membandingkan kontroversi plagiarisme ini dengan perseteruan antara Taylor Swift vs Kanye West. “Ketika Don diam-diam merekam pidatomu, dan Michelle mengunggahnya ke internet.”

Ronan Farrow, putra dari aktris Mia Farrow, “yakin kalau Melania Trump telah meminta izin Michelle Obama untuk menggunakan sebagian dari pidatonya, dan Kim Kardashian merekam segalanya.”

Luke O’Neil, penulis untuk majalah Esquire, “membocorkan” history dari browser Melania Trump.

 Ada juga netizen yang mengedit foto Michelle Obama yang memegang kertas bertuliskan “#Bring Back Our Girls” untuk kampanye yang mengecam penculikan 273 siswa perempuan oleh Boko Haram di Nigeria.

Apa yang terjadi kalau Melania benar-benar mengutip keseluruhan pidato Michelle?

Craig Rozniecki, seorang satiris politik, menyindir Trump yang “membuat Amerika hebat kembali” dengan bantuan Tuan dan Nyonya Obama.

Inilah penampakan keyboard yang digunakan Melania Trump untuk menulis pidatonya:

Tapi, siapa sebenarnya yang menulis pidato Melania Trump? Apakah Rick Roll, penyanyi Never Gonna Give You Up?

Ini buktinya:

Sementara itu, manajer kampanye Trump, Paul Manafort mengatakan pada CNN bahwa sangat “gila” untuk berpikir ini adalah plagiarisme. “Tidak ada yang mengambil bagian dari pidato Michelle Obama,” kata Manafort. “Ini adalah kata-kata dan nilai yang lazim digunakan —ia peduli dengan keluarganya, hal-hal seperti itu. Ia berbicara di hadapan 35 juta orang tadi malam, Melania tahu itu. Untuk berpikir bahwa ia mengambil kata-kata Michelle Obama adalah, gila.”

“Tentu ada proses dan kolaborasi,” tambahnya. “Yang ia gunakan adalah kata-kata yang umum.”

Bagaimana menurutmu? Apakah Melania Trump benar-benar mengutip pidato Michelle Obama? – Rappler.com.

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!