Alex Eala

Hasil tim panahan Indonesia di Olimpiade Rio 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hasil tim panahan Indonesia di Olimpiade Rio 2016

ANTARA FOTO

Indonesia diwakili 4 atlet untuk panahan. Mereka adalah Ika Yuliana Rochmawati, Riau Ega Agatha, Muhammad Hanif Wijaya, dan Hendra Purnama.

JAKARTA, Indonesia — Indonesia mengirim 4 atlet untuk panahan, satu putri dan tiga putra, ke Olimpiade Rio 2016. Mereka adalah Ika Yuliana Rochmawati, Riau Ega Agatha, Muhammad Hanif Wijaya, dan Hendra Purnama.

Ketiga atlet putra bertanding di kategori individual pria serta beregu. Untuk pertandingan beregu, ketiganya berada di dalam satu tim.

Ika Rochmawati, yang bertanding di kategori individual putri, berpengalaman mengikuti Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012. Ia kini menduduki peringkat 26 di dunia.

Atlet panahan unggulan Indonesia lainnya adalah Riau Ega, yang duduk di peringkat ke-29 di dunia. Olimpiade Rio 2016 adalah Olimpiade pertama bagi Riau.

Jumat, 12 Agustus: Babak 16 besar individual putra

Satu-satunya atlet panahan tunggal putra Indonesia, Riau Ega Agatha, harus tersingkir di babak 16 besar setelah dikalahkan oleh atlet Italia, Mauro Nespoli, dalam tiga set langsung (29-25, 29-27, 27-26).

Pertandingan hari ini diwarnai oleh cuaca hujan. Namun demikian, Nespoli mendapatkan masing-masing dua kali angka 10 di set pertama dan kedua. Ia juga menancapkan anak panahnya sekali di angka 10 pada set ketiga.

Sementara Ega hanya berhasil satu kali mendapat angka 10 di set kedua.

Ega sebelumnya diharapkan bisa mengalahkan Nespoli, setelah menumbangkan pemanah nomor satu dunia, Kim Woo-jin, pada babak 32 besar.

Nespoli sebelumnya juga menyingkirkan atlet Indonesia lainnya, M. Hanif Wijaya, pada babak 32 besar.

Selasa, 9 Agustus: Babak 64 besar individual putri

Ika Yuliana Rochmawati saat bertanding di babak 64 besar melawan Naomi Folkard, pada 9 Agustus 2016. Screenshot dari vidio.com

Atlet panahan putri satu-satunya dari Indonesia tahun ini, Ika Yuliana Rochmawati gagal melaju ke babak selanjutnya dari babak 64 besar setelah dikalahkan oleh Naomi Folkard dari Inggris lewat shoot off.

Ika kalah tipis di set pertama dan kedua, masing-masing dengan skor 28-27 dan 27-25. Di set ketiga, Ika dan Naomi mendapatkan skor imbang 29-29.

Ika berhasil mencuri poin di set keempat dan set kelima, menang dengan skor 26-24 dan 28-27 yang membuat pertandingan pemenang harus ditentukan lewat shoot off.

Ia menembakkan anak panah ke angka 7, sementara Folkard berhasil mencapai ke angka 9.

Olimpiade Rio 2016 merupakan Olimpiade ke-4 Folkard, namun ia belum pernah mendapatkan satu pun medali di ajang ini. 

Selasa, 9 Agustus: Babak 64 besar individual putra

Atlet panahan individual putra Indonesia, Hendra Purnama, tersingkir dari babak 64 besar setelah dikalahkan oleh Viktor Ruban dari Ukraina dengan set poin 3-7.

Kondisi angin terlihat terus berubah-ubah di Sambódromo dan kedua pemanah tampak kesulitan menemukan ritme mereka. Set pertama berakhir imbang 26-26. Ruban memenangkan set kedua 29-26 tapi Hendra langsung menjawab dengan memenangkan set ketiga 27-24. Angin terus menganggu dan Ruban memenangkan dua set terakhir dengan skor yang cukup rendah yaitu 25-24.

Senin, 8 Agustus: Babak 32 besar individual putra

Riau Ega melaju untuk melawan unggulan nomor satu di dunia dari Korea Selatan, Kim Woo-jin, di babak 32 besar. Pada 5 Agustus kemarin, Kim memecahkan rekor dunia di babak kualifikasi individual putra.

Tanpa diduga, Ega berhasil mengalahkan Kim dengan set poin 2-6. Kim memenangkan set pertama 29-27, namun Ega membalas Kim pada 3 set berikutnya, 27-28, 24-27, 27-28. Dengan demikian, Kim pun harus gugur dari kompetisi.

Ega akan menghadapi Mauro Nespoli dari Italia pada Jumat, 12 Agustus. Nespoli sebelumnya mengalahkan atlet Indonesia lainnya, Muhammad Wijaya pada babak 64 besar.

Senin, 8 Agustus: Babak 64 besar individual putra

Foto dari screenshot vidio.com

Atlet panahan individual putra Indonesia, Riau Ega Agatha, lolos ke babak 32 besar setelah mengalahkan Xing Yu dari Tiongkok dengan set poin 7-1.

Riau Ega menangkan set pertama dan kedua dengan cukup mudah 27-25 dan 27-24. Set ketiga berakhir imbang 27-27, tapi Riau Ega berhasil menangkan set keempat dengan baik untuk menutup pertandingan.

Atlet panahan individual putra Indonesia, Muhammad Wijaya, gugur setelah dikalahkan oleh Mauro Nespoli dari Italia dengan set poin 3-7.

Set pertama dan kedua dimenangkan oleh Nespoli (25-27, 25-29). Wijaya berhasil menahan imbang 29-29 pada set ketiga dan menang 29-28 pada set keempat. Namun ia kembali kalah pada set terakhir 26-27.

Sabtu, 6 Agustus: Babak perempatfinal beregu putra

Tim panahan beregu putra Indonesia ditaklukkan tim America Serikat dengan set poin 2-6. Dengan hasil ini tim Indonesia gagal melaju ke babak semi final. 

Set pertama dimenangkan dengan telak oleh Amerika Serikat 57-51, tapi Indonesia langsung menjawab dengan memenangkan set kedua 57-54. Set ketiga berakhir imbang 56-56. Di awal set keempat, tim Indonesia tampak sedikit gugup dan hanya mendapatkan 23 dari maksimal 30 poin. Meski membaik di akhir set, Indonesia tetap kalah 51-56.

Riau Ega Agatha, M. Hanif Wijaya, dan Hendra Purnama masih akan bertanding di babak 64 besar individual putra pada Senin, 8 Agustus. 

Sabtu, 6 Agustus: Babak 16 besar beregu putra

Tim panahan beregu putra Indonesia berhasil melaju ke babak perempat final setelah mengalahkan tim Tionghoa Taipei dengan set poin 6-2.

Indonesia memenangkan set pertama 55-51, yang dilanjutkan skor imbang di set kedua dan ketiga 56-56, serta kemenangan di set keempat 53-51. 

Riau Ega Agatha, M. Hanif Wijaya, dan Hendra Purnama akan berlaga di babak perempat final melawan tim panahan Amerika Serikat pada Minggu, 7 Agustus, pukul 01:15 WIB.

Jumat, 5 Agustus: Babak kualifikasi individual perempuan

Satu-satunya atlet perempuan Indonesia di cabang olahraga panahan, Ika Rochmawati, berada di posisi 42 usai menyelesaikan babak kualifikasi.

Ika mengumpulkan total 617 poin. Pada babak berikutnya, ia akan bertemu dengan Naomi Folkard dari Inggris yang menempati posisi 23. 

Jumat, 5 Agustus: Babak kualifikasi individual/beregu putra

Tim beregu panahan putra Indonesia menempati peringkat ke-10 dari 12 tim dengan total 1.962 poin, dalam babak kualifikasi, pada Jumat, 5 Agustus.

Hasil tersebut didapat setelah masing-masing atlet panahan individual putra menyelesaikan tarikan masing-masing.

Riau Ega Agatha menyumbangkan total 660 poin. Ia berada di posisi 33 dari 64 atlet panahan individual putra. Dengan demikian, Riau akan menghadapi Xing Yu yang duduk di posisi 32.

Hendra Purnama mengumpulkan total 655 poin. Hasil ini membuatnya duduk di peringkat 39. Pada babak berikutnya, ia akan bertanding melawan Viktor Ruban yang berada di peringkat ke-25.

Sementara itu, M. Hanif Wijaya berada di posisi ke-49 dengan koleksi total 647 poin. Ia akan bertemu dengan Mauro Nespoli di posisi 16.

Dalam klasemen beregu putra, Korea Selatan berada di posisi pertama dengan 2.057 poin, diikuti Amerika Serikat dengan 2.024 poin.

Empat tim teratas akan langsung menuju babak perempatfinal. Sedangkan 8 tim beregu lainnya akan bersaing untuk mendapatkan 4 tempat sisanya. —Rappler.com 

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!