3 benda yang wajib dimiliki pengguna gadget

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

3 benda yang wajib dimiliki pengguna gadget
3 benda utama yang enggak boleh kamu lewatkan jika tidak bisa hidup tanpa gadget

Makin ke sini, saya merasa banyak orang yang tergantung dengan gadget. Termasuk saya, tentunya. Malah saya kadang lebih bingung saat ketinggalan handphone dibanding ketinggalan dompet. 

Alasannya? Ketinggalan dompet, bisa pinjam uang sama teman. Kalau handphone yang ketinggalan? Walah! Enggak hanya masalah pekerjaan saja yang repot, tapi juga eksistensi dunia maya bisa terhambat.

Karena pekerjaan saya berhubungan dengan dunia digital, maka saya ngerasain banget betapa pentingnya kehadiran sebuah telepon pintar. Berkirim e-mail, men-download data, berkirim pesan, koordinasi, dan sebagainya, bisa saya lakukan lewat alat yang besarnya enggak lebih dari genggaman tangan itu.

Ada 3 benda basic yang saat ini bagi saya menjadi penunjang untuk memaksimalkan fungsi gadget:

USB On the Go (OTG) 

USB OTG ini memungkinkan gadget kita berfungsi selayaknya laptop/PC. Bentuknya yang seperti kabel data, akan menyambungkan gadget kita dengan perangkat lain seperti external harddisk sehingga handphone kita bisa membaca data di external tersebut selayaknya laptop atau PC membaca data yang ada di sana.

Ada pula OTG dalam bentuk flashdisk. Jadi benar-benar tinggal plug and play deh, masukkan ke USB port di handphone kita, dan voila! Data akan terbaca secara otomatis di handphone

Untuk saya yang handphone-nya tidak memiliki slot eksternal memori, kehadiran USB OTG ini sangat membantu saya untuk menyimpan data serta transfer data dari/ke laptop. 

Powerbank 

Siapa yang tidak butuh powerbank sekarang? Mirip dengan ketinggalan handphone, saat baterai handphone “sekarat” dijamin kita (atau saya saja?) akan kelimpungan mencari sumber listrik untuk men-charge handphone. Sampai ada beberapa orang yang bela-belain beli secangkir kopi demi nge-charge baterai handphone-nya! 

Enggak heran juga di berbagai tempat umum seperti mall dan bandara udara, tersedia area khusus untuk me-recharge handphone.

Daripada mengeluarkan uang untuk jajan demi mendekatkan diri pada colokan, lebih baik berinvestasi untuk powerbank, kan? Saat ini beragam banget, deh, jenis powerbank, mulai dari yang berdaya kecil seukuran telapak tangan, hingga yang berdaya besar (dan berukuran bahkan lebih besar daripada handphone!), sampai yang menggunakan daya matahari. Canggih! Pemilihannya tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan kita.

Headset 

Headset buat saya itu penting banget. Modelnya juga makin beragam bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Headset ini enggak hanya untuk mendengarkan musik selama dalam perjalanan (berhubung penunggang ojek dan sarana transportasi umum lainnya) supaya enggak mengganggu kenyamanan orang lain, tapi juga untuk berkomunikasi lebih lancar. Dengan menggunakan headset, kedua tangan kita lebih bebas melakukan aktivitas tanpa terhenti.

Sejauh ini 3 benda itu yang memaksimalkan kinerja telepon pintar milik saya. Tapi tentunya, semua itu enggak akan berguna kalau handphone kita nggak ada kuota internetnya, ya kan? —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!