Berita hari ini: Kamis, 18 Agustus 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Kamis, 18 Agustus 2016
Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 18 Agustus 2016

Indonesia wRap: Dari Indonesia rebut emas di Olimpiade hingga Arcandra gunakan paspor AS

Pasangan ganda campuran bulu tangkis Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir beri medali emas di Olimpiade Rio. Tontowi/Liliyana kalahkan pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying 2-0.

Ini adalah pertama kali Indonesia dapat emas di nomor ganda campuran bulu tangkis Olimpiade sejak 1992. Tontowi/Liliyana tidak pernah kalah satu set pun sejak babak penyisihan Olimpiade Rio. Masing-masing akan mendapat bonus Rp 5 miliar.

Dalam berita lainnya, dua orang anak buah kapal TB Charles berhasil melarikan diri dari kelompok Abu Sayyaf. 

MS ditemukan oleh warga Filipina di Kepulauan Sulu. Sementara I kemudian ditemukan oleh militer Filipina.

Abu Sayyaf masih menyandera 5 ABK lainnya sejak 20 Juni lalu. Ini adalah kali ketiga penculikan oleh Abu Sayyaf dalam 6 bulan terakhir.

Sementara itu, mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar pernah berkunjung ke Indonesia menggunakan paspor AS pada 2012. Dirjen Imigrasi Ronny Sompie mengatakan sistem database imigrasi saat itu belum bisa deteksi penggunaan paspor ganda.

Namun untuk kunjungan-kunjungan Arcandra berikutnya, ia menggunakan paspor Indonesia. “Tahun 2013 sampai 2016 sebelum dilantik sebagai menteri juga menggunakan paspor Indonesia,” kata Ronny. 

Pesawat latihan jenis Cessna jatuh di Tasikmalaya, dua orang kritis

Sebuah pesawat latihan jenis Cessna jatuh di Desa Kujang, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada Kamis sore, 18 Agustus.

Dua orang yang berada di dalam pesawat dilaporkan dalam kondisi kritis, termasuk pilot. Mereka dilarikan ke Puskesmas setempat oleh warga.

Menurut warga yang menyaksikan kecelakaan, pesawat tersebut menabrak pohon kelapa sebelum jatuh ke sawah dengan posisi terbalik.

 “Awalnya warga ketakutan pesawat meledak. Tapi tak meledak, pilot diselamatkan ramai-ramai,” kata Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum. Baca berita selengkapnya di Kompas.com.

Dewan Kehormatan PWI Pusat kecam penganiayaan wartawan di Medan

Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat mengecam keras penganiayaan dua wartawan di Medan, Sumatera Utara pada Senin, 14 Agustus, dan mendesak pihak berwenang mengambil tindakan tegas terhadap para pelaku.

“Tindakan tersebut bukan saja merupakan perbuatan yang telah mengancam dan mengekang kemerdekaan pers, tetapi juga sudah pula menginjak-injak sendi-sendi demokrasi berbangsa dan berbangsa,” kata Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat, Ilham Bintang, dalam siaran pers yang diterima Rappler pada Kamis, 18 Agustus.

Dua wartawan dianiaya oleh oknum TNI AU ketika meliput unjuk rasa warga Kelurahan Sari Rejo di Kecamatan Medan Polonia, Sumatera Utara pada Senin, 14 Agustus. Satu wartawan diberitakan menderita patah tulang, sementara yang lain luka dalam. Peralatan kerja mereka juga dilaporkan dirampas dan masih hilang sampai sekarang.

Ilham Bintang meminta otoritas yang berwenang untuk mengambil tindakan tegas terhadap para oknum TNI AU yang terlibat dalam penganiayaan tersebut. – Rappler.com.

Arcandra pernah masuk ke Indonesia gunakan paspor Amerika pada 2012

PASPOR GANDA? Menteri ESDM Archandra Tahar diduga memiliki paspor ganda. Foto oleh Agung Rajasa/Antara

Direktur Jenderal Imigrasi Irjen Ronny Sompie mengatakan bahwa mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar pernah mengunjungi Indonesia menggunakan paspor Amerika Serikat.‎

“Pernah tahun 2012 menggunakan paspor Amerika,” kata Ronny, Kamis.

Namun ia mengatakan tidak mengetahui secara pasti sudah berapa kali Arcandra menggunakan paspor Amerikanya untuk masuk ke Indonesia. Namun pada tahun-tahun berikutnya, Arcandra kembali menggunakan paspor Indonesianya.

“Tahun 2013 sampai 2016 sebelum dilantik sebagai menteri juga menggunakan paspor Indonesia,” kata Ronny.

Meski demikian, ia tak menyalahkan sepenuhnya kepada Arcandra, melainkan sistem database imigrasi Indonesia yang masih menggunakan sistem manual pada 2012.

“Jadi sistem kami belum dirancang untuk bisa alert terhadap penggunaan dua paspor negara yang berbeda” kata Ronny, demikian laporan Rappler.com.

Produser film ini akan angkat kisah Gloria Hamel ke layar lebar

Anggota Paskibraka asal Jawa Barat, Gloria Natapradja Hamel (kanan), mengekspresikan kegembiraan seusai bertugas sebagai Tim Penjaga Gordon saat Upacara Penurunan Bendera HUT ke-71 Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka, Jakarta,17 Agustus 2016. Foto oleh Yudhi Mahatma/Antara

Seorang produser film nasional, Raja Asdi, mengatakan ia akan mengangkat kisah Gloria Natapradja Hamel ke layar lebar.

“Kebetulan kisah perjuangan Gloria sama dengan skenario yang sedang saya buat,” kata Asdi, Rabu.

Ia mengaku tertarik dengan semangat Gloria yang berusaha bergabung dengan tim Paskibraka setelah sempat dicoret lantaran memiliki paspor Perancis. Asdi mengatakan akan meminta Gloria memerankan dirinya sendiri dalam film yang ia buat nanti.

“Saya tidak ingin dia menjadi bintang film, tapi kalau dia mau, kenapa tidak,” ucap Asdi.

Asdi mengatakan akan menemui pihak keluarga Gloria untuk membicarakan proyek tersebut. Ia juga telah menghubungi pihak sekolah dan pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga tentang rencananya. Selengkapnya di Tempo.co.

Jarak pandang mulai berkurang di Kota Dumai, Riau

Api membakar tanaman kelapa sawit muda akibat kebakaran lahan di Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau, pada 10 Maret 2016. Foto oleh Wahyudi/Antara

Seiring dengan semakin banyaknya titik api, jarak pandang di Kota Dumai dan sekitarnya di Provinsi Riau sudah mulai berkurang.

Slamet Riyadi, Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, mengatakan bahwa jarak pandang di Dumai turun menjadi sekitar 5 kilometer pada Kamis, 18 Agustus. 

“Biasanya tujuh sampai delapan kilometer,” kata Slamet Riyadi.

Satelit Terra dan Aqua mendeteksi 22 titik panas, dan 17 di antaranya titik api pada Kamis, 18 Agustus, bandingkan dengan 123 titik panas di wilayah berbatasan langsung dengan Dumai para Rabu, 17 Agustus.  Baca berita selengkapnya di Antara.

PNS Aceh kini diizinkan cuti hamil 6 bulan

 Foto dari Shutterstock

Berdasarkan Peraturan Gubernur Aceh No. 49 tahun 2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu Ekslusif, pegawai negeri sipil (PNS) di daerah tersebut kini bisa mengajukan izin cuti hingga 6 bulan.

Menurut Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh Frans Delian peraturan tersebut bertujuan untuk membangun hubungan emosional antara ibu dan anak yang baru lahir. Kebijakan ini berlaku untuk pegawai negeri maupun tenaga honorer di Aceh sejak Peraturan Gubenur diundangkan pada 12 Agustus 2016.

“Supaya anak mendapat ASI secara eksklusif sampai enam bulan setelah melahirkan,” kata Frans.

Sebelumnya, selama ini pegawai hanya mendapatkan cuti maksimal selama 3 bulan untuk hamil dan melahirkan.

Sementara untuk suami, mereka bisa mengajukan cuti selama 7 hari sebelum dan sesudah istrinya melahirkan. Selengkapnya di Tempo.co.

Tokopedia situs lokal paling populer di Indonesia

Menurut perusahaan teknologi informasi SimilarWeb, Tokopedia kini menjadi situs asal Indonesia yang paling populer bagi netizen Indonesia, mengalahkan Twitter dan Wikipedia.

“Perjalanan kami selama 7 tahun terakhir telah mengantarkan Tokopedia menjadi situs lokal paling favorit di Indonesia,” kata CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, dalam perayaan HUT ke-7 Tokopedia, di Jakarta, Rabu.

“Tokopedia adalah satu-satunya situs di Indonesia dalam daftar 10 besar situs yang paling sering dikunjungi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, data dari perusahaan intelijen bisnis dan perusahaan analis App Annie di semester pertama juga menunjukkan bahwa aplikasi Tokopedia adalah aplikasi yang paling sering digunakan penggemar jual beli online se-Indonesia.

Dua tahun lalu, kunjungan dari perangkat bergerak mencapai angka 56 persen, namun kontribusi transaksi baru di kisaran 29 persen. Berbeda jauh dengan saat ini.

Pada akhir semester pertama 2016, 79,55 persen kunjungan sudah berasal dari perangkat bergerak, dan menariknya lagi, kontribusi transaksi mobile sudah mencapai angka 73,58 persen. Selengkapnya di Antara.

Indonesia wRap: Rabu, 17 Agustus 2016

Dari Gloria Hamel kembali jadi anggota paskibraka hingga satu kru kapal kabur dari Abu Sayyaf

Mimpi siswi SMA Islam Dian Didaktika, Gloria Natapradja Hamel untuk menjadi anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tetap hidup. Presiden Joko “Jokowi” Widodo akhirnya memberikan izin bagi remaja berusia 16 tahun itu untuk kembali bertugas.

Kendati dia absen dalam tim pasukan pengibaran bendera merah putih pada pagi hari, Gloria tetap ikut dalam upacara penurunan bendera.

“Terima kasih kepada Pak Presiden yang telah mengizinkan saya kembali,” ujar Gloria merespons keputusan itu.

Sementara, MS, satu dari 7 kru kapal TB Charles yang diculik oleh kelompok bersenjata di Filipina selatan berhasil melarikan diir dari penculik. Dia kabur ke hutan mangrove karena khawatir akan keselamatannya.

Penculik yang diduga merupakan kelompok Abu Sayyaf mengancam akan memenggal kepala MS dan 6 rekannya jika permintaan mereka tidak segera dituruti. Bagaimana kondisi MS saat ini? Selengkapnya saksikan video wRap hari ini:

 

—Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!