Semarak Olimpiade Rio 2016 di media sosial

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Semarak Olimpiade Rio 2016 di media sosial
Momen apa saja yang paling banyak dibicarakan di Twitter dan Facebook selama penyelenggaraan Olimpiade Rio 2016?

JAKARTA, Indonesia — Dengan diadakannya upacara penutupan Olimpiade Rio 2016 pada Senin pagi, 22 Agustus, waktu Indonesia, berakhir pulalah penyelenggaraan ajang olahraga terbesar dunia tersebut.

Selama Olimpiade, media sosial menjadi bagian yang penting karena memungkinkan pengguna di seluruh dunia mendapatkan informasi secara real time mengenai apa yang terjadi di Rio de Janeiro, Brasil.

Tak hanya untuk informasi mengenai Olimpiade, melalui Twitter dan Facebook, para pengguna dapat memberikan dukungannya kepada tim dan atlet favorit serta berbagi momen kebahagiaan bersama teman dan keluarga.

Mari kita lihat momen-momen terbaik yang paling banyak dibicarakan selama Olimpiade Rio 2016 berdasarkan data dari Twitter dan Facebook.

Twitter

Media sosial mikroblog Twitter mengeluarkan tagar #Rio2016 sebelum dan selama Olimpiade Rio berlangsung.

Terdapat lebih dari 187 juta cuitan terkait tagar #Rio2016 dengan Tweet impressions (berapa banyak cuitan dilihat di Twitter dan di luar Twitter) sebanyak 75 miliar kali.

Percakapan mengenai #Rio2016 selalu ramai dibicarakan setiap harinya di Twitter, namun momen saat penyerang Brasil, Neymar, memenangkan final sepak bola putra melalui tendangan penalti melawan Jerman menjadi yang tertinggi.

Berikut tiga momen yang paling banyak dibicarakan di Twitter selama Olimpiade Rio 2016, diukur berdasarkan Tweet per menit.

1. Neymar mencetak gol saat adu penalti di pertandingan final sepak bola melawan Jerman:

Foto dari Twitter/@FIFAcom

2. Usain Bolt memenangkan medali emas sebanyak tiga kali berturut-turut di Olimpiade pada nomor lari 100m

Foto oleh Frank Robichon/EPA

3. Gol dari Neymar yang membuat Brasil unggul 1-0 atas Jerman pada pertandingan final sepak bola putra

Pemain timnas Brasil berlari ke arah Neymar (bawah) setelah ia mencetak gol dalam adu penalti pada final sepak bola putra melawan Jerman. Foto oleh Michael Reynolds/EPA

Cabang olahraga bulu tangkis adalah yang paling banyak dibicarakan di Indonesia. Pertandingan final nomor ganda campuran yang mempertemukan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dengan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying menjadi momen yang paling banyak dibicarakan oleh pengguna Twitter di Indonesia.

Pebulu tangkis Tontowi Ahmad (kanan) dan Liliyana Natsir meluapkan kegembiraannya saat mengalahkan pasangan Malaysia Peng Soon Chan dan Liu Ying Goh dua set langsung dalam partai final ganda campuran bulu tangkis Olimpiade Rio 2016 di Rio de Janeiro, Brazil, Rabu (17/8). Pasangan tersebut menyumbangkan emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade Rio 2016. ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Blake/foc/16.

Beberapa menit sebelum Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus berakhir, Tontowi/Liliyana mempersembahkan medali emas untuk Indonesia.

Terdapat 1,1 juta cuitan yang membicarakan laga final ini yang mencapai puncaknya pada pukul 00:29 WIB dini hari dengan 5.200 cuitan per menit. Tagar #OwiButetBisaEmas sempat memasuki trending topic dunia. 

Grafik yang menunjukkan puncak percakapan dengan tagar #OwiButetBisaEmas di Twitter pada 17 Agustus 2016. Grafik oleh Twitter Indonesia

Atlet renang Amerika Serikat yang berhasil meraih 5 medali emas dan 1 perak di Rio, Michael Phelps, menjadi atlet yang paling banyak dibicarakan di Twitter.

Disusul oleh atlet lari Jamaika, Usain Bolt, dan pesepak bola Brasil, Neymar.

 

Sedangkan, cabang olahraga yang paling banyak dicuitkan selama Olimpiade Rio 2016 antara lain renang, sepak bola, dan atletik.

Para atlet yang berlaga di Olimpiade Rio 2016 juga menggunakan Twitter untuk berbagi momen spesial mereka. Berikut beberapa cuitan dengan retweet terbanyak, yang dipimpin oleh Simone Biles, atlet senam Amerika Serikat yang dikecup pipinya oleh aktor Zac Efron!






Bagaimana dengan Facebook? 

Ada 277 juta orang di seluruh dunia dengan interaksi sebanyak 1,5 miliar selama dua minggu penyelenggaraan Olimpiade.

Berikut beberapa momen, atlet, dan tim yang menjadikan Olimpiade Rio 2016 sebagai salah satu ajang olahraga yang paling interaktif di Facebook selama ini.

Apa saja unggahan terpopuler di Facebook selama Olimpiade Rio 2016 berlangsung?

Cristiano Ronaldo menyelamati temannya, Usain Bolt, atas pencapaiannya dengan tiga medali emas:

Kemenangan Neymar:

Perdana Menteri India Narendra Modi menyelamati pebulutangkis PV Sindhu setelah semifinal bulu tangkis tunggal putri:

Kejutan dari Zac Efron untuk Simone Biles:

Medali emas Usain Bolt:

Video Facebook Live Michael Phelps yang disiarkan langsung sebelum final renang estafet 400m putra, yang menyatakan kalau ia akan pensiun, menjadi video live atlet Olimpiade yang paling banyak ditonton.

Berikut pilihan momen-momen terbaik di Facebook selama Olimpiade Rio 2016.

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!