Berita hari ini: Rabu, 24 Agustus 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Rabu, 24 Agustus 2016

ANTARA FOTO

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Rabu, 24 Agustus 2016

Indonesia wRap: Rabu, 24 Agustus 2016

Dari janji Jokowi bagi peraih medali Olimpiade hingga lelucon Duterte

Para atlet Olimpiade memperoleh apreasiasi dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo ketika bertemu di Istana Negara. Untuk berangkat menuju ke Istana, para atlet Olimpiade diarak dengan menggunakan bus Bandros dari kantor Kemenpora melewati jalan-jalan protokol dan berakhir di Monas.

Dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi yang berlangsung hanya 15 menit, para atlet peraih medali dijanjikan akan diberikan tunjangan ketika mereka pensiun nanti. Berapa nominal tunjangan tersebut?

Sementara, Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengklarifikasi omongannya sendiri soal ancaman akan keluar dari organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Menurut Duterte, omongan yang dia sampaikan pada tanggal 21 Agustus hanya sekedar lelucon.

“Anda tidak bisa diajak bercanda ya,” ujar Duterte kepada media yang bertanya jika ancaman itu benar-benar akan direalisasikan.

Simak video Indonesia wRap berikut:

 

 Mendag sinergi dengan daerah untuk lindungi konsumen

JAKARTA, Indonesia – Setelah melakukan sinergi antar kementerian, Kementerian Perdagangan merangkul pemerintah daerah untuk meningkatkan perlindungan terhadap konsumen.  

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyampaikan komitmen pemerintah dalam acara Sinkronisasi Kebijakan Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga pada Rabu, 24 Agustus, di Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala-kepala dinas yang membidangi perdagangan di tingkat provinsi dari seluruh Indonesia.

“Kepala Dinas yang menangani bidang perdagangan merupakan penyambung lidah dan garda terdepan pelaksana kebijakan Kementerian Perdagangan, dalam hal ini kebijakan perlindungan konsumen di daerah. Terdapat 250 juta konsumen di Indonesia dengan berbagai status pekerjaan, termasuk juga produsen, yang harus dilindungi,” kata Enggar.

Menurut Enggar, perlindungan konsumen bukan tugas pemerintah saja, tetapi juga tanggung jawab pelaku usaha dan konsumen. “Apabila 250 juta konsumen Indonesia cerdas, mengerti kewajiban mereka, dan kritis dalam mempertahankan hak mereka, konsumen akan mampu mengendalikan pasar. Dengan demikian, pelaku usaha akan mengikuti keinginan konsumen sehingga menyediakan produk yang memenuhi ketentuan dan itu baik bagi konsumen,” kata Mendag.

Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) di Indonesia pada tahun 2015 berada di angka 34,17. Itu artinya, konsumen sudah paham hak dan kewajiban, tapi belum mampu memperjuangkan hak mereka.  Melalui kegiatan sinkronisasi ini, Mendag berharap agar cita-cita konsumen cerdas, pelaku usaha yang bertanggung jawab, dan tertib niaga di bidang perdagangan segera terwujud – Rappler.com

Ini nomor kontak aduan soal e-KTP

PEMBUATAN E-KTP. Petugas membantu merekam data identitas warga dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) di Kantor Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa, 2 Agustus. Foto oleh Aditya Pradana Putra/ANTARA

Kamu masih mengalami kendala dalam membuat e-KTP? Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh memberikan nomor kontak yang dapat dihubungi oleh masyarakat.

Publik dipersilakan mengirim SMS atau WhatsApp ke nomor tersebut.

“Nomor WA pengaduan 0813 269 12479. Silahkan ditulis nama, nomor NIK, kabupaten, kota dan nomor ponsel yang dapat dihubungi,” kata Zudan.

Dia mengatakan nomor tersebut dipantau secara langsung oleh dirinya atau stafnya. Berdasarkan data dari Kemdagri, saat ini masih ada 22 juta penduduk Indonesia atau sekitar 12 persen yang belum melakukan perekaman e-KTP.

Yang tercatat melakukan perekaman data baru mencapai 161 juta penduduk. Jika tidak mengurus e-KTP maka dapat menimbulkan risiko sulit mengurus surat-surat lain. Hampir semua syarat administrasi kini mengharuskan adanya e-KTP.

Sementara, Kemdagri mengatakan akan tegas menonaktifkan data penduduk yang belum terekam sampai pada tanggal 30 September mendatang. Selengkapnya di Detik.

Mahasiswa Trisakti segel gedung rektorat universitas

PEMILIHAN REKTOR. Mahasiswa tidak dapat masuk ke dalam kampusnya yang dijaga polisi di halaman Universitas Trisakti, Jakarta pada Rabu,24 Agustus. Petugas kepolisian berhasil mengamankan sejumlah preman yang melakukan aksi penutupan akses kampus sebagai buntut konflik pihak yayasan dan civitas akademika pasca terpilihnya Eddy Suandi Hamid sebagai Rektor menggantikan Thoby Mutis. Foto oleh Muhammad Adimaja/ANTARA

Mahasiswa Triaksi menyegel gedung rektorat universitas pada Rabu, 24 Agustus, menyusul tidak terselesaikannya konflik internal yang mendera lembaga pendidikan tinggi tersebut sejak tahun 2002.

“Kami akan tutup gedung rektorat Trisakti sampai kasus ini kelar dan ada hitam di atas putihnya. Biar enggak ada lagi kegaduhan, dari tahun 2002 kasus ini enggak kelar-kelar,” kata Presiden Mahasiswa Trisakti, Abdul Khader, di Kampus Trisakti, Jakarta Barat.

Meski gedung rektorat disegel, proses belajar mengajar akan tetap berlangsung di kampus tersebut. Rektorat akan dibuka lagi setelah konflik internal terselsaikan.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengamankan sedikitnya 75 pria yang diduga dikirim Yayasan Trisakti dalam usaha mengambil alih Universitas Trisakti. Baca berita selegkapnya di Kompas.com.

Penyapu Jalan Tendean temukan granat tangan aktif

ILUSTRASI PENEMUAN GRANAT. Anggota unit Penjinak Bom (Jibom) Gegana Brimob Polda Gorontalo memasukan granat ke dalam tempat khusus di Kantor Satpas Lalu Lintas Polres Gorontalo Kota, Senin, 1 Agustus. Foto oleh Adiwinata Solihin/ANTARA

Granat jenis nanas ditemukan di Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada pagi tadi. Kepala bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Awi Setiyono membenarkan informasi itu.

“Benar, yang menemukan petugas dinas kebersihan sekitar pukul 06:00 WIB,” ujar Awi.

Penemuan granat berawal dari petugas kebersihan bernama Atun yang tengah menyapu Jalan Tendean yang menjadi sektornya. Saat tengah menyapu, dia menemukan kaleng berisi benda mirip granat nanas yang dililit ban dalam sepeda motor.

“Merasa benda tersebut membahayakan, yang bersangkutan melapor ke Polsek Mampang Prapatan,” katanya. Selengkapnya di Tempo.

DPR bantah sudah terima surat penunjukkan Budi Gunawan jadi Kepala BIN

CALON KEPALA BIN? Wakapolri, Komjen. Pol. Budi Gunawan (tengah) didampingi Gubernur Sulut, olly Dondokambey (kiri) dan Kapolda Sulut, Irjen. Pol. Wilmar Marpaung, (kanan) menjawab pertanyaan wartawan usai upacara peresmian peningkatan status Polda Sulut, di halaman Polda Sulut, Manado, Sulawesi Utara, Senin. 22 Agustus. Foto oleh Adwit B. Pramono/ANTARA

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) membantah telah menerima surat penunjukkan Budi Gunawan sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dari Presiden Joko “Jokowi” Widodo. Nama Budi Gunawan mengemuka sebagai satu-satunya calon sejak Tito Karnavian ditunjuk sebagai Kapolri dan suratnya dilaporkan telah diterima oleh DPR pada Selasa kemarin. 

Ketua DPR, Ade Komarudin, mengaku bosan kerap ditanya oleh media setiap kali isu ini mengemuka. 

“Saya sudah katakan, surat itu tidak pernah ada hingga hari ini. Bahkan, ada yang bilang Pak Ketua ini berbohong. Bohong bagaimana? Mana mungkin saya sembunyikan dan biasanya saya tahu tanda-tanda kalau mau dapat surat seperti itu,” ujar Akom yang ditemui di gedung DPR pada hari ini.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh juru bicara kepresidenan, Johan Budi ketika dihubungi Rappler. Johan mengatakan hingga saat ini Presiden Jokowi belum mengirimkan surat. Namun, dia tidak bisa memprediksi apakah Budi Gunawan yang hanya dijadikan satu-satunya calon oleh Jokowi. 

Budi Gunawan akan menggantikan Sutiyoso sebagai Kepala BIN. – Rappler.com

Indonesia wRap: Selasa, 23 Agustus 2016

Dari Owi/Butet disambut bak pahlawan hingga perpustakaan jalanan dibubarkan

Peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir tiba di Jakarta. Sesuai dengan janjinya, pemerintah menyiapkan karnaval untuk mengarak atlet para pemenang Olimpiade.

Sebelumnya pesawat Qatar Airways yang mereka tumpangi diberi penghormatan dengan disambut menggunakan water cannon ketika mendarat di Terminal 3 Ultimate Soekarno-Hatta. Bagaimana proses arak-arakan itu dilakukan dari bandara menuju ke kantor Kemenpora?

Sementara, Mahkamah Konstitusi menggelar sidang uji materi KUHP mengenai LGBT. Pasal yang diuji yakni materi pasal 284, 285, dan 292 KUHP mengenai tindak kekerasan seksual.

Pemohon Rita Soegiarto menolak jika disebut melakukan upaya tindak kriminalisasi terhadap LGBT. Dia mengatakan ini merupakan upaya perluasan makna dan pencegahan main hakim sendiri.

Selengkapnya simak video Indonesia wRap berikut:

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!