Mengintip perubahan baru di iOS 10

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Mengintip perubahan baru di iOS 10
Say goodbye to ‘Swipe-to-unlock’

JAKARTA, Indonesia – Apple baru saja merilis hadirnya sistem operasi terbaru mereka, iOS 10. Kehadiran iOS 10 ini menyusul presentasi yang disampaikan oleh CEO Apple, Tim Cook, beberapa saat yang lalu.

Menurut banyak pihak, iOS 10 memiliki banyak keunggulan dan pembaharuan dari seri sebelumnya. Namun tak sedikit pula yang mengeluhkan performa iPhone atau iPad yang justru lebih merepotkan daripada menggunakan sistem operasi terdahulu.

Jika Anda menemukan kesulitan dalam meng-upgrade atau meng-update iPhone atau iPad, maka Anda bisa mengakses situs Apple lebih lanjut.

iOS 10 sendiri bisa diakses bagi pemilik iPhone 5, iPad 3, iPad mini 2 dan iPod touch 6th gen ke atas.

Bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman terbaru meng-upgrade ke iOS 10, sebaiknya cermati beberapa fitur unggulan yang dimiliki iOS 10 berikut ini:

Lock screen yang baru

Perubahan lock screen ini mungkin akan menjadi perubahan paling mencolok di iOS 10. Fitur slide-to-unlock yang sebelumnya mengharuskan Anda untuk menggeser layar dan memasukkan password sebelum bisa mengakses iPhone akan hilang. Semua akan bisa diakses dengan mudah dengan menekan home button.

Anda bisa mencobanya hanya dengan mengunci iPhone dan kemudian menyalakannya kembali. Yang perlu dilakukan hanyalah menekan home button dan semua akan terbuka ke home screen.

3D touch yang berguna

Jika Anda kembali ke home screen, pilihlah salah satu ikon aplikasi. Dengan teknologi 3D touch, Anda akan bisa melihat versi mini dari aplikasi apapun yang Anda pilih dan tekan. Bahkan Anda bisa berinteraksi saat itu juga.

Itu berarti Anda bisa melihat Anda mendapat e-mail dari siapa atau Anda bisa hanya menekan aplikasi Music untuk memulai beberapa lagu atau album yang sudah Anda dengarkan sebelumnya.

Semua hal tersebut juga bisa ditambahkan sebagai widget ke lock screen, sehingga membuat Anda akan lebih mudah untuk melihatnya.

Apple Maps yang lebih canggih

Mungkin salah satu perubahan terbesar di iOS 10 adalah untuk menu Maps. Tak hanya desainnya yang berbeda, fitur-fitur di dalamnya pun mengalami perubahan.

Model terbaru akan memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mengganti rute sambil terus bergerak dan bisa melakukan zoom in dan zoom out saat Anda sedang dalam perjalanan. Aplikasi ini pun bisa menjadwalkan kapan Anda harus berhenti untuk mengisi bensin atau beristirahat.

Menu search di aplikasi ini pun berubah drastis, karena tidak hanya akan mencari alamat yang Anda masukkan, tapi juga memberi sejumlah rekomendasi, termasuk dengan menarik data dari inbox email Anda atau aplikasi lainnya.

Menyingkirkan aplikasi yang tak penting

Akhirnya, Anda bisa menghapus aplikasi Stock yang tidak pernah Anda gunakan dari home screen!.

Selain Stock, Anda juga bisa menyingkirkan Tips yang juga rasa-rasanya tidak pernah digunakan. Cara menghapusnya masih cara lama, dengan menekan ikonnya agak lama dan mengklik tanda silang.

Tapi sebenarnya aplikasi tersebut tidak benar-benar hilang dan Anda bisa mengambilnya kembali di App Store jika suatu waktu Anda memerlukannya. Tapi bisa menyingkirkannya dari home screen pastilah sudah cukup melegakan.

Perubahan di menu Photo

Mengakses foto di iOS 10 akan jauh lebih mudah dari sebelumnya. Sistem di iOS 10 menggunakan artificial intelligence yang bisa mencari dengan spesifik foto mana yang Anda inginkan.

Misalnya, Anda hanya ingin mencari foto yang memuat imej bunga, maka Anda tinggal masuk ke aplikasi Photo dan memasukkan kata ‘bunga’. Maka secara otomatis Anda bisa mendapatkan serangkaian foto dengan nuansa bunga, termasuk kapan foto itu diambil.

Siri bertambah pintar

Apple akhirnya memperbolehkan Siri untuk ‘berbicara’ pada aplikasi lainnya dan mereka akan menjawab balik. Jaid sekarang Anda bisa menyuruh Siri memesankan Uber untuk Anda, misalnya. Atau lebih ekstrim, Anda bisa menyuruh Siri untuk memberitahukan pada seseorang agar orang tersebut mengirimkan pesan pada Anda.

Keyboard yang bisa ‘membaca pikiran’

Keunggulan lainnya dari iOS 10 bisa dilihat dari performa keyboard. Keyboard yang baru bisa membaca pesan dari orang lain dan langsung mengidentifikasi apa yang diperlukan orang tersebut dari Anda dalam waktu yang sangat cepat. Ya, keyboard Anda seperti bisa ‘membaca pikiran’.

Jadi, misalnya, jika seseorang mengirimkan pesan meminta Anda untuk mengirimkan alamat email, maka alamat email Anda akan langsung muncul di suggestions box. Tidak perlu repot-repot lagi mengetik. Semua sudah disediakan untuk Anda.-Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!