Berita hari ini: Jumat, 16 September 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Jumat, 16 September 2016
Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Jumat, 16 September 2016

Indonesia wRap: Dari kontroversi ‘tax amnesty’ di Singapura hingga Krishna Murti bantah penganiayaan

Pemerintah Singapura membantah bahwa bank-bank swasta halangi kliennya ikuti ‘tax amnesty’ dari pemerintah Indonesia.

“Monetary Authority of Singapore (MAS) telah beritahu bank-bank untuk mendorong klien mereka menggunakan kesempatan pengampunan pajak untuk benahi masalah pajak,” kata Kedutaan Besar Singapura di Jakarta.

Media di Indonesia beritakan bank-bank swasta Singapura melaporkan nama-nama nasabah yang ikuti program pengampunan pajak. 

Pemerintah Indonesia terapkan amnesti pajak sejak 1 Juli 2016. Para wajib pajak didorong untuk laporkan harta kekayaan, termasuk yang disimpan di luar negeri. Selengkapnya baca di sini.

Berita lainnya, Wakil Kepala Polda Lampung Kombes Krishna Murti bantah isu penganiayaan terhadap seorang wanita. 

“Saya tidak tahu mengapa dikaitkan dengan isu yang beredar,” kata Krishna.

Sebelumnya di media sosial, beredar foto perempuan dengan luka di wajah dan tubuh. Perempuan itu mengaku pelaku kekerasan tersebut merupakan Krishna Murti.

Kasus ini tengah diselidiki oleh Divisi Profesi dan Pengamanan Mabes Polri. Baca beritanya di sini.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika segera blokir 3 aplikasi pencari kencan sesama jenis, Grindr, Blued, dan BoyAhoy.

Sebelumnya, Bareskrim laporkan aplikasi tersebut karena terjadi penyalahgunaan untuk menjual anak-anak dalam kasus prostitusi online.

Kemkominfo mengatakan aplikasi tersebut memiliki “konten seksual yang menyimpang” sehingga harus diblokir. Selengkapnya di sini.

Irjen Mochamad Iriawan jadi Kapolda Metro Jaya 

Inspektur Jenderal Polisi Mochamad Iriawan diangkat menjadi Kepala Polda Metro Jaya menggantikan Jaya Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto.

Pergantian ini tertera dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1253/IX/2016 tertanggal 16 September 2016.

“Iya betul (mutasi),” kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Polisi Boy Rafli Amar di Jakarta, Jumat 16 September 2016.

Irjen Polisi Mochamad Iriawan sebelumnya menjabat Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Irjan Moechgiyarto sendiri menjadi Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Kalemdikpol) menggantikan Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin yang menjabat Wakapolri. Baca berita selengkapnya di Beritasatu.com

Sri Mulyani: Singapura dukung pengampunan pajak

Managing Director and Chief Operating Officer World Bank sekaligus mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah) didampingi Kepala Biro Bantuan Hukum Kementerian Keuangan Indra Surya (kanan) dan Kepala Bagian Bantuan Hukum I Kementerian Keuangan Didik Hariyanto (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2015). Sebelumnya Sri Mulyani diperiksa oleh penyidik Bareskrim Mabes Polri sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi penjualan kondensat oleh SKK Migas dan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah Singapura akan mendukung program tax amnesty atau pengampunan pajak yang digulirkan Presiden Joko Widodo.

Kepastian tersebut didapatkan Sri Mulyani saat bertemu langsung dengan Deputi Perdana Menteri Singapura Tarman Shamugaratnam.

“MAS menekankan bahwa keikutsertaan Warga Indonesia di dalam program tax amnesty Indonesia tidak bisa dianggap sebagai tindakan yang bisa menarik atau memicu investigasi kriminal,” kata Sri Mulyani.

Pernyataan Sri Mulyani ini menaggapi pemberitaan yang menyebutkan jika perbankan Singapura akan melaporkan data nasabah Indonesia yang mengikuti program pengampunan pajak ini ke kepolisian setempat.

“Berita itu akan berpotensi mengganggu para wajib pajak (WP) terutama yang berdomisili atau yang menempatkan uang dan hartanya di Singapura,” kata Ani, panggilan akrab Sri Mulyani. Baca berita selengkapnya di Setkab.go.id.

Indonesia bersiap menjadi tuan rumah Sidang Interpol pada November

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (tengah) bersama Kapolda Bali Irjen Sugeng Priyanto (kanan) dan Kepala Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri Irjen Ketut Untung Yoga (kiri) meninjau tempat penyelenggaraan Sidang Umum ke-85 Interpol, di Nusa Dua, Bali, pada 15 September 2016. Foto oleh Nyoman Budhiana/Antara  

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan Indonesia siap menjadi tuan rumah Sidang Umum Interpol pada November 2016.

“Dari rapat koordinasi dan peninjauan lapangan, Polri siap menjadi tuan rumah Sidang Umum Interpol,” kata Tito. IA mengatakan ajang Sidang Umum Interpol merupakan kesempatan Polri membuktikan mampu menggelar kegiatan tersebut.

“Belum tentu akan dilaksanakan di Indonesia lagi dalam 100 tahun mendatang karena anggotanya terdiri dari 190 negara,” katanya.

Sidang Umum Interpol ke-85 rencananya akan digelar di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada 7-10 November 2016. Selengkapnya di Antara.

Sirip sayap ditemukan, babak baru pencarian pesawat MH370 

A Malaysia Airlines logo is pictured at Kuala Lumpur International Airport (KLIA) in Sepang on March 8, 2015. Malaysia's transport minister said on March 7, the hunt for MH370 would be sent "back to the drawing board" if the search now under way comes up empty, but insisted his government remained committed to finding the plane. AFP PHOTO / MOHD RASFAN

Teka-teki hilangnya pesawat MH370 mulai terkuak ketika bagian sirip sayap tersebut ditemukan di Tanzania, Afrika bagian Timur, kemarin.

“Yang ditemukan adalah bagian dari sirip sayap pesawat,” kata Menteri Perhubungan Malaysia Liow Tiong Lai pada Kamis, 15 September 2016.

Pesawat MH370 hilang sejak tanggal 8 Maret 2014. Pencarian besar-besaran telah dilakukan. Namun sampai saat ini keberadaan pesawat itu masih menjadi misteri.

Sehingga penemuan puing mirip sayap ini akan menjadi babak baru dalam pencarian. “Tim investigasi masih akan melihat rincian lainnya,” kata Liow Tiong. Baca berita selengkapnya di Tempo.co

Diminta buka-bukaan, Ahok minta Sandiaga tak banyak bicara

Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama. Foto oleh AFP

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menerima tantangan lawan politiknya, Sandiaga Salahuddin Uno, untuk buka-bukaan soal harta kekayaan.

“Silakan saja. Kami sudah buka kok. Kalau itu, kami enggak masalah,” kata Ahok di Balai Kota DKI, Jumat, 16 September 2016.

Sandiaga sebelumnya menantang Ahok untuk lebih transparan mengenai harta yang dimilikinya. Ia juga meminta Ahok menjelaskan asal-usul dana kampanye yang dilakukan relawan Teman Ahok.

Ahok meminta Sandiaga yang akan diusung Partai Gerindra dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 tak banyak bicara. Sebab Sandiaga juga belum bisa membuktikan kredibilitasnya sebagai pejabat pemerintahan. Baca berita selengkapnya di Tempo.co

Satelit NASA deteksi 63 titik panas di Pulau Sumatera

Petugas memadamkan kebakaran lahan gambut di Pekanbaru, Riau, pada 13 September 2016. Foto oleh Rony Muharrman/Antara

Satelit milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mendeteksi 63 titik panas berada di daratan Sumatera dengan tingkat kepercayaan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) lebih dari 50 persen.

Kepala Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sugarin menyebut, jumlah titik panas pada Jumat, 16 September, meningkat drastis dibanding hari sebelumnya, yang hanya 14 titik.

Menurutnya, 63 titik panas tersebut tersebar di 8 provinsi, dengan rincian:

  • 31 titik di Riau
  • 15 titik di Sumatera Selatan
  • 5 titik di Sumatera Utara
  • 3 titik di Bengkulu
  • 3 titik di Jambi
  • 3 titik di Lampiung
  • 2 titik di Sumatera Barat
  • 1 titik di Banka Belitung

Data terakhir dirilis Satgas Karhutla Riau 2016, kebakaran hutan dan lahan hampir terjadi merata dan hingga kini telah menghanguskan sekitar 3.743 hektare serta menetapkan 86 orang sebagai tersangka. Selengkapnya di Antara.

Indonesia wRap: Kamis, 15 September 2016

Dari bonus untuk Tontowi/Liliyana hingga film Indonesia diputar di Toronto 

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) serahkan bonus pada atlet ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, peraih medali emas Olimpiade 2016.

Tontowi/Lilyana dan pelatih mereka, Rexy Mainaky, masing-masing dapat satu unit apartemen di Dago, Bandung. Tim bulu tangkis yang terlibat dalam Olimpiade juga masing-masing diganjar bonus.

“Ini adalah penghargaan kita untuk teman-teman di PBSI yang selama ini berjuang,” kata Ketua PBSI Gita Wirjawan.

Berita baik lainnya, film pendek Indonesia soal tragedi 1965 diputar di Toronto International Film Festival (TIFF) 2016. 

On the Origin of Fear diputar pada sesi kompetisi Short-cut Film Program dengan 41 film lainnya. Sebelumnya, film ini diputar perdana di Venice Film Festival.

“Tujuan dari kami membuat film adalah menghadirkan sinema untuk kemanusiaan,” ujar produser film, Yulia Evina Bhara.

Selain On the Origin of Fear, film Indonesia lainnya, Headshot — yang dibintangi oleh Iko Uwais dan Chelsea Islan — juga diputar di TIFF.

Sementara itu, baru sepekan diluncurkan, iPhone 7 Plus sudah laris terjual habis.  iPhone 7 juga terjual habis untuk warna jet black.

Produsen iPhone, Apple, akan segera kirimkan produk gelombang kedua pada 16 September. Tingginya antusiasme publik terhadap iPhone 7 terbantu oleh musibah yang menimpa Samsung.

Produk terbaru Samsung, Galaxy Note 7, ditarik dari pasaran karena baterai meledak. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!