Berita hari ini: Selasa, 20 September 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Selasa, 20 September 2016
Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Selasa, 20 September 2016

Indonesia wRap: Selasa, 20 September

Dari DPD berhentikan Irman Gusman sebagai ketua hingga pidato Kalla di Sidang PBB

Badan Kehormatan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) mencopot Irman Gusman dari jabatannya sebagai ketua. Irman diberhentikan setelah tertangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam dugaan kasus suap impor gula.

“Pelanggaran etik menyalahgunakan kewenangan dan jabatan serta menciderai nama lembaga DPD yang terhormat,” kata Ketua Badan Kehormatan DPD AM Fatwa.

Sementara, Wapres Jusuf Kalla mengajak dunia internasional untuk bekerja sama dalam menangani masalah pengungsi dalam Sidang Umum PBB. 

“Konflik, perang, di dunia telah memaksa orang untuk meninggalkan rumah mereka, sementara masyarakat internasional berdiam diri,” kata Kalla.

Memiliki bahan peledak, warga Sulawesi Tengah jadi tersangka

Seorang warga Kabupaten Bombana di Sulawesi Tengah dijadikan tersangka karena memiliki 1.775 kilogram pupuk ammonium nitrat yang bisa menjadi bahan peledak.

Direktur Polair Polda Sultra Kombes Pol. Andi Nugraha mengatakan di Kendari, Sulawesi Tengah pada Selasa, 20 September, bahwa pihakya masih mendalami kasus kepemilikan kasus tersebut.

“Kami baru menetapkan HB (50 tahun) warga Kabupaten Bombana sebagai tersangka atas kepemilikan 1.775 kg pupuk ammonium nitrat ilegal yang diduga dipasok dari luar daerah. Kami yakin ada pihak-pihak lain yang terlibat atau menjadi pemilik utama dari pupuk yang merupaman jenis bahan peledak tersebut,” kata Andi.

“Memang pelaku saat ini baru satu orang yang ditetapkan sebagai tersangka, dan tidak tertutup kemungkinan akan bertambah setelah BH diperiksa untuk mendapat keterangan dan sekaligus mengungkap pelaku di balik semua itu,” ujarnya. Baca berita selengkapnya di Antara.

Tapanuli Selatan rusuh, 4 rumah warga dirusak penyerang 

VIHARA DIRUSAK. Tim Labfor Polri berada di kawasan Vihara Tri Ratna pasca kerusuhan yang terjadi, di Tanjung Balai, Sumatera Utara, Sabtu, 30 Juli. Foto oleh Anton/ANTARA

Situasi di Desa Huta Pardomua, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara masih mencekam pada Selasa, 20 September, menyusul penyerangan oleh sekelompok warga tidak dikenal pada Senin malam.

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Rony Samtana mengatakan pihaknya menerima laporan 4 rumah warga dirusak penyerang. Belum diketahui siapa pelaku penyerangan atau motivasi mereka.

“Saat ini anggota (kepolisian) sedang mengumpulkan laporan dan mendata,” kata Rony.

Sekelompok masa menyerang warga Desa Huta Pardomuan pada Senin malam sekitar pukul 23.00 WIB dan merusak rumah warga dengan batu dan kayu. Baca berita selengkapnya di Antara.

KPI akan keluarkan imbauan terkait pemburaman tayangan olahraga

Salah satu atlet renang wanita yang tubuhnya disamarkan saat tampil di televisi. Sumber foto: screen capture CNN Indonesia TV.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akan mengeluarkan imbauan terkait tayangan olahraga kepada seluruh lembaga penyiaran.

“[Senin] sedang dibuat, kemungkinan [Selasa] akan disampaikan ke seluruh lembaga penyiaran,” kata Komisioner KPI Nuning Rodiyah, pada Senin, 19 September.

Imbauan tersebut akan menjelaskan ketentuan tayangan olahraga, bukan hanya pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON), yang memperbolehkan tayangan tanpa harus menyamarkan gambar (blur).

“Bayangkan, kalau olahraga voli pantai harus diblur semua, itu kalau bolanya jatuh digaris, kan, tidak terlihat. Nanti justru menjadi tidak baik,” kata Nuning.

KPI juga akan memperingatkan lembaga penyiaran agar secara teknis pengambilan gambar dilakukan dengan baik, sehingga tidak terkesan melakukan eksploitasi tubuh, khususnya atlet perempuan. Selengkapnya di Antara

Indonesia wRap: Senin, 19 September 2016 

Dari sensor atlet renang PON hingga ‘Game of Thrones’ catat rekor Emmy

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menjadi sorotan setelah gambar atlet renang perempuan disensor oleh TV swasta. Koordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPI Hardly Stefano Pariela membantah lembaganya perintahkan sensor tersebut.

“Blur [penyamaran gambar] pada tayangan tersebut dilakukan oleh lembaga penyiaran (LP) itu sendiri, dan bukan atas perintah KPI,” kata Hardly.

Standar Program Siaran pasal 18 huruf h menyebut stasiun televisi dilarang “mengeksploitasi dan/atau menampilkan bagian-bagian tubuh tertentu, seperti: paha, bokong, payudara, secara close up dan/atau medium shot.”

Sementara itu, Presiden Jokowi menyesalkan mulai hilangnya karakter, dan nilai ke-Indonesian seperti sopan santun, optimisme, saling menghormati, serta nilai-nilai Islami.

“Kalau kita lihat di media sosial; Twitter, Instagram, komentar-komentar di media online, saling menghujat, merendahkan orang lain, saling mengolok. Apakah itu nilai Islami Indonesia?” kata Jokowi.

Jokowi juga dinggung komunikasi di media sosial dan online, di mana pengguna saling menjelekkan, mencela, merendahkan, menghina, mengolok-olok.

“Apakah itu nilai-nilai Islam Indonesia? Jawaban saya bukan,” kata Jokowi.

Dari berita hiburan, serial TV Game of Thrones pecahkan rekor Emmy Awards. Meski hanya dapat 3 piala tahun ini, tapi GoT telah raih total 38 piala Emmy. GoT menjadi serial yang paling banyak menangkan Emmy sepanjang masa.

Di Emmy tahun ini, GoT raih penghargaan Outstanding Drama Series, Outstanding Writing Drama Series, dan Outstanding Directing Drama Series. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!