Jadwal tahapan pencalonan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jadwal tahapan pencalonan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017

ANTARA FOTO

Mulai dari pendaftaran pasangan calon hingga hari pemilihan dan penetapan calon

JAKARTA, Indonesia — Komisi Pemilihan Umum Provinsi Daerah Khusus Ibukota (KPU DKI) Jakarta telah menetapkan tanggal-tanggal penting yang akan menjadi serangkaian proses pencalonan hingga hari pemilihan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta 2017.

Rabu, 21 September, merupakan hari pertama pendaftaran para calon di kantor KPUD di Jalan Salemba Raya no. 15, Jakarta Pusat, yang akan dilangsungkan pukul 8:00-16.00 WIB, begitu juga pada Kamis, 22 September. 

Pendaftaran para calon ini akan dibuka hingga Jumat, 23 September, dari pukul 08.00 hingga 24.00 sesuai dengan peraturan KPU. Pada hari pendaftaran, para calon akan menyerahkan dokumen-dokumen pencalonan. 

(BACA: Jadwal pendaftaran calon gubernur DKI 2017)

Setelah pendaftaran, pada 24-25 September akan dilakukan pemeriksaan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika di Rumah Sakit Angkatan Laut Mintoharjo, Bendungan Hilir, Jakarta Selatan. 

Berkas-bekas para calon pun akan diverikasi sejak pendaftaran hingga masa penetapan calon pada 24 Oktober, yang akan dilanjutkan dengan pemberian nomor urut calon pada 25 Oktober.

Para calon dapat memulai kampanyenya yang turut mencakup debat publik sebanyak 3 kali mulai 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017. 

Finalnya akan ditentukan pada Rabu, 15 Februari 2017. Penghitungan suara akan dilakukan langsung usai pemilihan pada hari yang sama.

Kemudian pada 10-12 Maret 2017, akan diadakan penetapan calon tanpa sengketa. Tetapi apabila ada 2 pasangan calon yang suaranya tidak mencapai 50% lebih, maka akan diadakan pemilihan putaran ke-2 yang akan diadakan pada 19 April 2017. 

Sepanjang dari penetapan calon hingga pemilu putaran kedua, akan dilakukan penajaman visi-misi dan juga debat publik.

Berikut adalah jadwal lengkap proses pencalonan pasangan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017, yang kami himpun dari KPU DKI Jakarta:

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!