PDI Perjuangan resmi usung Ahok-Djarot

Ursula Florene

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

PDI Perjuangan resmi usung Ahok-Djarot
"Semoga Tjahaja betul-betul membawa Basuki."

JAKARTA, Indonesia — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya memutuskan mengusung pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

Keputusan tersebut diumumkan oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Kantor Pusat DPP PDI Perjuangan di Menteng, Jakarta Selatan, Selasa 20 September 2016.

“Calon gubenur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama,” kata Hasto dalam konferensi pers di kantor Dewan Pimpinan Pusat PDI-P di Jakarta, Selasa malam, 20 September 2016.  “Semoga Tjahaja betul-betul membawa basuki.”

Basuki, Hasto melanjutkan, berarti keselamatan dan ketentraman. Ia berharap arti nama Ahok itu berarti bagus bagi pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. “Dan sebagai calon wakil gubernur adalah Bapak Djarot Syaiful Hidayat,” lanjut Hasto. 

Ahok dan Djarot rencananya akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta pada Rabu, 21 September 2016. Selain dukungan PDI Perjuangan, Ahok dan Djarot juga mengantongi dukungan dari Partai Golkar, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Gabungan empat partai ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi syarat pencalonan. Sebab, KPUD Jakarta hanya mensyaratkan pasangan calon harus didukung oleh partai atau gubungan partai yang memiliki minimal 22 kursi di DPRD Jakarta.

Sementara total kursi yang diraih PDI Perjuangan, Partai Golkar, Hanura, dan Nasdem di DPRD DKI Jakarta mencapai 52 kursi. Tak mengejutan jika Sekretaris DPP Partai Golkar Idrus Marham optimistis pasangan Ahok-Djarot akan menang dalam satu putaran.

Sebelumnya, dalam pertemuan yang digelar di rumah Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa sore, sosok Ahok sudah terlihat. Hal ini seolah menandakan kalau gubernur petahana ini telah mendapat restu untuk melaju dari Megawati.—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!