5 hal menarik mengenai Sylviana Murni

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal menarik mengenai Sylviana Murni
Gubernur Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama dilaporkan pernah menuduh Sylviana Murni menjebak istrinya, Veronica Tan, dan adik, Hari Basuki

 

JAKARTA, Indonesia –  Sylviana Murni resmi menjadi calon wakil gubernur pemilihan kepala daerah DKI Jakarta pada Februari 2017 pada Jumat, 23 September. 

Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) mendapuknya menjadi wakil Agus Harimurti, putera sulung mantan Pressiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai deputi gubernur DKI bidang kepariwisataan dan kebudayaan ini.

 1. None Jakarta

Sylviana Murni mengaku sangat mencintai budaya Betawi. Dia menunjukkan kecintaannya akan budaya Betawi dengan mengikuti kontes Abang-None Jakarta 1981 dan menang.  

Dia juga pernah menulis beberapa buku mengenai kebudayaan Betawi, termasuk  Nuju Bulanin ala Betawi dan Pernak Pernik Abang & None tahun 2011.

2.  Walikota Perempuan Pertama di Jakarta

Dari 2008 sampai 2013, Sylviana Murni menjabat sebagai Walikota Jakarta Pusat, walikota perempuan pertama di ibukota negara ini. Selama menjadi walikota, dia membuat gebrakan Pelayanan Terpadu Malam Hari yang menyediakan sejumlah layanan untuk masyarakat.

 Dia juga pernah menjadi Plt Walikota Jakarta Barat pada 2013 dan asisten pemerintahan DKI Jakarta pada 2013.

3. Salah satu pencetus sekolah gratis

Sylviana Murni meniti karir sebagai PNS di bidang pendidikan. Dia merupakan salah satu pendukung sekolah gratis.  Dia memperjuangkan beberapa kebijakan terobosan, termasuk sekolah gratis bagi pendidikan dasar melalui program bantuan operasional sekolah (BOS).

4. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja  

Sylviana Murni juga pernah menjadi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Pada akhir Februari 2013, gubernur DKI Jakrta saat itu, Joko Widodo, menunjuk Sylviana Murni sebagai pelaksana tugas Kepala Satpol PP, jabatan yang sebelumnya selalu dipegang laki-laki.

Jabatan tersebut dipegang Sylviana Murni sampai awal April 2013. 

5.  Sempat dikabarkan berpasangan dengan Sandiaga Uno

Rumor santer terdengar sebelumnya bahwa Sylviana Murni akan menjadi calon wakil gubernur dari Sandiaga Uno yang diusulkan Partai Gerindra. Spekulasi itu menguat ketika Sandiaga Uno mengatakan Sylviana memiliki potensi yang baik dan segar untuk mendampinginya memimpin Jakarta.

“Dia orang yang berpengalaman. Dia mewakili kesetaraan gender. Dia adalah profesional tulen. Beberapa kali bertemu dengan warga, nama dia juga muncul. Nanti saya sampaikan hasil pertemuan ini kepada partai,” kata Sandiaga seperti dikutip Detikcom. – Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!