Jawa Barat pastikan jadi juara umum PON 2016

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jawa Barat pastikan jadi juara umum PON 2016
Perolehan medali Jawa Barat tak mungkin lagi dikejar.

 

JAKARTA, Indonesia – Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 baru akan berakhir pada 29 September 2016. Namun tuan rumah Jawa Barat sudah bisa memastikan diri sebagai juara umum hajatan empat tahunan ini.

Sebab, hingga selasa malam, 27 September 2016, Jawa Barat telah mengoleksi 191 medali emas, 140 perak, dan 142 perunggu. Perolehan ini tak mungkin lagi dikejar oleh Jawa Timur yang berada di peringkat kedua.

Jawa Timur baru mendapatkan 123 medali emas, 123 perak, dan 116 perunggu. Sementara DKI Jakarta yang berada di peringkat ketiga baru mendapatkan 118 emas, 115 perak, dan 112 perunggu.

“Kemungkinan besar 99,9 persen, Jawa Barat menjadi juara umum,” kata Wakil Juru Bicara PB PON XIX/2016 Jawa Barat Rudy Gandakusumah di Media Center Utama (MCU) Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, Selasa 26 September 2016.

Rudy menyakini, sisa medali yang ada akan sulit diperoleh seluruhnya oleh Jatim dan DKI Jakarta. Apalagi, Rudy melanjutkan, perolehan medali tidak tersebar di tiga provinsi yang berada di posisi teratas saja, tapi juga di provinsi lain.

“Kalau mereka (Jatim dan DKI Jakarta) bisa terima 60 hingga 70 medali sekaligus, logikanya bisa kesusul. Tapi kan faktanya tidak seperti itu. Medali kan tersebar tidak hanya di tiga provinsi itu, tapi juga provinsi lain,” jelas Rudy.

Panitia Pengawasan dan Pengarahan (Panwasrah) PON XIX/2016 Jabar Suwarno juga menyakini posisi Jabar tidak akan tergeser oleh provinsi lain. Bila dihitung, ujar Suwarno, perolehan medali emas Jawa Barat telah mencapai 25 persen dari total 756 medali emas yang diperebutkan.

“Pengalaman (PON) yang lalu, perolehan medali juara umum berkisar antara 25-30 persen. Masa dari sisa medali yang ada, Jabar gak dapat sama sekali. Gak mungkin kan. Dapat 10 persen saja dari situ, sudah tidak akan tergeser oleh siapa-siapa,” kata Suwarno kepada Rappler.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Bidang Pertandingan, hingga Selasa ini, sudah 37 dari 60 cabang olahraga (cabor) yang selesai dipertandingkan. Sisanya, sebanyak 33 cabor akan di pertandingkan di hari terakhir PON, Rabu 28 September 2016.

Dari cabor yang tersisa, sebanyak 70 medali emas akan diperebutkan. Meski secara hitung-hitungan, Jabar diyakini akan meraih juara umum, namun Ketua Umum PB PON XIX/2016 Jabar Ahmad Heryawan memilih menunggu hingga seluruh pertandingan selesai, Rabu besok. Ia tidak mau terburu-buru menyatakan provinsi yang dipimpinnya itu sebagai juara umum.

“Lebih tepat kalau esok sore, saat medali kita tidak ada pengejaran lagi dari kontingen lain. Gak berani lah kita,” kata Gubernur Jawa Barat itu. Menurutnya masih ada sisa medali yang bisa diraih provinsi lain. “Tunggulah sampai esok hari,” katanya. –Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!