Andien tetap berolahraga saat hamil

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Andien tetap berolahraga saat hamil
Memasuki kehamilan trimester kedua, Andien memilih rutin yoga dan pilates

JAKARTA, Indonesia – Ternyata kondisi kehamilan yang memasuki trimester kedua tidak lantas membuat Andien berhenti dari rutinitasnya berolahraga. Andien memang menjadi salah satu penggila segala jenis aktivitas olah raga sejak lama.

Ditemui di District 8 Bar, Cipete, Jakarta Selatan, Rabu, 28 September 2016, Andien berbagi cerita soal kehamilan dan olah raga. “Perempuan hamil itu bukan perempuan sakit. Tetap bisa banyak ibadah. Alhamdulillah saya tetap dikasih kesehatan, kandungan fit, badan yang fit. Alhamdulillah masih bisa melakukan banyak kegiatan.”

Rutinitas olah raga Andien pun tak banyak berubah. “Tapi saya sesuaikan. Misalnya enggak boleh gerakan jumping. Tapi itu semua tergantung masanya, karena di trimester pertama saya masih melakukan semuanya. Loncat atau ngapain karena janinnya masih kecil. Tapi kalau sekarang udah enggak boleh takut janinnya kepentok-pentok,” ujar Andien.

Jenis olah raga yang dilakukan Andien memang memiliki sedikit perubahan, menyesuaikan dengan kondisi kehamilannya. Bisa seperti conditioning sport, pilates, yoga, aquarobic dan lainnya.

Suami Andien, Irfan Wahyudi (Ippe), juga tak pernah melarang Andien tetap beraktivitas saat kehamilan. Justru Ippe mendukung karena Ippe yang penggila olah raga itu pun tahu benar apa manfaat yang bisa Andien dapatkan dari berolahraga rutin.

“Justru dia lebih khawatir ke nyanyi karena kalau nyanyi, kan, saya mondar-mandir, lebih aktif. Dia lebih khawatir, makanya semakin kesini saya semakin menjaga aktivitas saya di panggung.”

Memasuki trimester kedua, Andien pun mengaku sudah mengalami kenaikan berat badan sekitar 3,5 kilogram. Tapi Andien tidak merasa terlalu berubah karena memang ia sejak rutin sudah mengatur pola makan. “Saya sudah menjaga pola makan dari 2009 jadi ketika saya hamil kayaknya enggak ada yang berubah.”

Soal jenis kelamin pun, Andien tak mau ambil pusing. Karena anak pertama, perempuan atau laki-laki dianggap sama oleh Andien dan Ippe. Tapi Andien tetap melakukan serangkaian persiapan menyambut sang jabang bayi.

“Kamar bayi belum bikin, belanja juga belum. Kami lagi sangat enjoy menjalani kehamilan ini. Kehamilan ini bukan punya saya seorang, ini bentuk kerja sama antara saya dengan suami,” kata Andien yang mengaku tidak ngidam apapun.-Rappler.com.

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!