‘Setjangkir Kopi dari Plaja’ kembali digelar untuk menggalang dana jelang ‘Pesta Boneka 2016’

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

‘Setjangkir Kopi dari Plaja’ kembali digelar untuk menggalang dana jelang ‘Pesta Boneka 2016’

Indra Wicaksono

Untuk kelima kalinya, 'Pesta Boneka' akan digelar di Yogyakarta pada 2-4 Desember mendatang

JAKARTA, Indonesia – Dalam rangka menyambut hadirnya Pesta Boneka yang kelima kalinya pada 2-4 Desember 2016 mendatang di Yogyakarta, Papermoon Puppet Theatre bekerjasama dengan Edwin’s Gallery, Kemang, Jakarta akan menggelar pertunjukan bertajuk Setjangkir Kopi dari Plaja.

Pertunjukan ini juga akan disertai dengan pameran karya Iwan Effendi (direktur Artistik Papermoon Puppet Theatre). Karya yang sudah diproduksi sejak tahun 2011 ini memang dekat di hati pecinta pertunjukan boneka di Indonesia.

Karya serupa pernah dipentaskan di Yogyakarta, Ubud Writer Festival dan di Jakarta dengan dukungan penuh Goethe Institute kala itu.

Setjangkir Kopi dari Plaja juga pernah menjadi salah satu bagian adegan di film blockbuster Ada Apa dengan Cinta? 2. Saat itu diceritakan Rangga dan Cinta menghabiskan malam dengan menonton pertunjukan boneka ini di Yogyakarta.

Tahun ini, Setjangkir Kopi dari Plaja kembali dipertontonkan sebagai bagian gerakan mandiri dan independen dari Papermoon Puppet Theatre bekerjasama dengan Edwin’s Gallery guna menggalang dana untuk Pesta Boneka.

Pesta Boneka adalah rangkaian Festival Teater Boneka Internasional yang diselenggarakan dua tahunan dan diinisiasi secara mandiri oleh Pappermoon Puppet Theatre sejak tahun 2008 lalu.

'Pesta Boneka' diselenggarakan untuk kelima kalinya pada 2-4 Desember 2016 mendatang di Yogyakarta. Foto dari Pappermoon Puppet Theatre.

Pesta Boneka tahun ini akan mengambil tema ‘Home’ sebagai bentuk kepedulian akan minimnya festival yang ditujukan untuk keluarga. Dengan harapan, keluarga yang berkesempatan menyaksikan pertumjukan ini bisa mendalami kembali arti dan pentingnya pulang ke rumah.

Di sisi lain, ‘rumah’ menjadi isu sosial yang kerap dibicarakan masyarakat. Bagaiman banyak warga terusir dari ‘rumah’ mereka, tidak aman di Tanah Air sendiri dan bagaimana banyak ornag harus berpindah mencari ‘rumah’ baru untuk mereka.

Pesta Boneka nantinya akan melibatkan sejumlah nama seniman internasional  yang berasal dari beberapa negara seperti Inggris, Belanda, Filipina, Thailand, Australia, Afghanistan dan tentunya dari Indonesia.

Serangkaian acara pun siap digelar, mulai dari pertunjukan boneka, workshop dan presentasi, pameran dan satu agenda menarik bertajuk When Puppeteers Cook, di mana seluruh seniman pendukung akan berbaur bersama masyarakat lewat sesi kelas memasak.

Setjangkir Kopi dari Plaja sendiri terinspirasi dari kisah nyata sepasang kekasih di era 60an. Sebuah kisah nyata yang bisa membuka mata penonton untuk menghargai apa yang kita miliki dan memahami betapa indahnya rasa pernah begitu dicintai.

Pergelaran Setjangkir Kopi dari Plaja akan berlangsung di Edwin’s Gallery, Jln. Kemang Raya no.21, Kemang, Jakarta, pada 5 – 7 Oktober (pukul 18.00 dan 20.00) serta 8 – 9 Oktober (pukul 15.00 dan 17.00).-Rappler.com.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!