Total transaksi Trade Expo Indonesia 2016 tembus Rp12,7 triliun

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Total transaksi Trade Expo Indonesia 2016 tembus Rp12,7 triliun
Nilai transaksi Trade Expo Indonesia tahun ini naik 7,2%.

JAKARTA, Indonesia – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan dirinya sangat puas dengan hasil yang didapat dari pameran perdagangan berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2016 yang digelar 12-16 Oktober 2016.

“Kami bersyukur dan berbangga hati dengan naiknya nilai transaksi sebesar 7,2%. Antusiasme para buyer juga menggembirakan,” kata Enggartiasto Lukita saat menutup secara resmi TEI 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu 16 Oktober 2016.

Pencapaian Trade Expo Indonesia tahun ini sebesar USD 974,76 juta atau setara dengan Rp 12,7 triliun. Angka ini berasal dari transaksi produk USD 826,52 juta dan jasa USD 48,23 juta, serta investasi Indonesia ke negara lain sebesar USD 100 juta.  

Negara dengan nilai transaksi prospektif terbesar yaitu India, Malaysia, Swiss, Mesir, dan Prancis. Penyelenggara juga mencatat acara ini dihadiri 15.567 pengunjung dari 125 negara. “Pencapaian ini menumbuhkan optimisme pada peningkatan kinerja ekspor nasional tahun ini,” kata Enggartiasto.

Enggartiasto juga mengatakan banyak buyer yang datang dari negara nontradisional seperti Afrika, Timur Tengah, dan Asia Tengah. Sementara para eksportir Indonesia juga beragam, mulai dari UKM, perusahaan swasta, BUMN, dan perusahaan yang dikoordinasi pemerintah daerah.

“Inilah fakta yang membuat kita cukup optimis bahwa diversifikasi terjadi tidak saja dalam hal pasar atau negara asal buyer, tetapi juga dalam hal peserta pameran, yang tentunya dapat memperkuat kapasitas ekspor nasional di masa depan,” lanjut Enggartiasto.

Pencapaian diversifikasi ini bisa dilihat dari lima produk yang diminati, yaitu mebel, elektronik dan peralatan listrik, makanan olahan, rempah-rempah, dan minyak atsiri. Selain itu, antusiasme buyer juga terlihat untuk produk specialty coffee (kopi premium). Selain itu kayu ringan mendapat respon luar biasa. 

Menteri Enggartiasto mengatakan para pengusaha mancanegara yang datang tak hanya berhenti di Trade Expo Indonesia, namun mereka melanjutkan bisnisnya dengan mengunjungi sejumlah produsen. 

Buyer asal Nigeria, Yordania, dan Namibia misalnya akan melanjutkan perjalanan ke PT. PINDAD di Bandung untuk menjajaki pembelian tank dan senjata. Karena itu, angka transaksi TEI 2016 diyakini akan terus bertambah.

“Nilai ini diyakini akan terus meningkat. Rangkaian proses transaksi yang dilakukan selama TEI terus berlanjut dengan adanya sebagian buyer yang akan melakukan kunjungan ke produsen di beberapa daerah,” kata Enggartiasto.

Selain itu, Enggartiasto melanjutkan, TEI tahun ini juga mencatat ada 31 penandatanganan kontrak dagang buying mission senilai sekitar USD 200 juta atau setara Rp 2,6 triliun antara peserta pameran dengan para importir dari 16 negara. Enggartiasto menegaskan, Pemerintah akan terus memantau dan membantu tindak lanjut kontrak dagang yang dihasilkan TEI 2016 ini. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!