ICAD 2016: Membangun branding Indonesia melalui desain

Amelia Stephanie

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

ICAD 2016: Membangun branding Indonesia melalui desain
Ajang yang menampilkan karya seniman dan desainer Indonesia ini masih berlangsung hingga 7 Desember mendatang

JAKARTA, Indonesia –  Hari ini, Selasa, 18 Oktober, bertempat di hotel Grand Kemang, Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) 2016 menggelar acara Design Convention sebagai salah satu rangkaian acara.

Mengangkat tema Design Excellence: Country Branding through Design, panitia mendatangkan dua pembicara utama internasional. Timmy Chou, founder dari Akuma Group sekaligus desainer interior asal Taiwan serta Fransesco Librizzi, seorang arsitek, desainer interior dan desainer exhibition dari Italia.

Mengambil contoh kasus beberapa negara, sisi desain yang menarik untuk mempromosikan negaranya masing-masing dianggap menjadi poin yang penting.

Namun sayangnya saat ini pemerintah Indonesia masih kurang sadar pentingnya desain untuk memajukan pariwisata dan menambah pemasukan negara.

“Pekerjaan rumah kami saat ini adalah mereformasi kebijakan untuk menempatkan desain sebagai hal yang penting,” kata Ricky Pesik, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Chou dan  Librizzi menjelaskan beberapa hasil karya mereka dan juga contoh karya yang bertujuan untuk mempromosikan negara mereka.

Chou menunjukkan beberapa contoh video promosi Taiwan yang konsepnya diangkat dari masyarakat seperti kehidupan sehari-hari, makanan hingga budaya.

Desainer yang memulai kariernya dalam proyek-proyek pembangunan kantor ini pun memiliki ciri khas desainnya sendiri. Hampir di setiap konsep desainnya, Chou bermain dengan penempatan dan desain lighting yang unik.

Berbeda dengan Chou, Librizzi dalam presentasinya menyatakan kalau suatu tempat dapat menunjukkan keindahannya melalui gambar atau desain. Karena gambar ini dapat menjelaskan dengan sendirinya keindahan yang membuat orang ingin berkunjung tanpa perlu penjelasan lainnya.

Maka mendesain suatu tempat dalam bentuk gambar menjadi hal yang penting dan dibutuhkan detail yang sesuai.

Saat ini Indonesia memiliki kampanye pariwisata Indonesia dengan slogan Wonderful Indonesia. Menurut Ricky, kekuatan pariwisata yang dimiliki oleh Indonesia adalah keberagaman budayanya dan sebagai satu-satunya negara kepulauan terbanyak di dunia. Namun strategi promosinya masih harus diperkuat.

Ricky juga bercerita sempat mendengar beberapa kali Presiden Jokowi mengeluh mengenai promosi Indonesia pada kegiatan luar negeri.

“Dua perhatian besar Presiden Jokowi yang secara langsung dan tidak langsung terkait dengan desain adalah komplain tentang cara kita memasarkan Indonesia di berbagai event di luar negeri. Selain itu, beliau ingin ada nation branding Indonesia di berbagai kementerian dan lembaga,” kata Ricky.

Beberapa kebijakan pemerintah masih perlu digali lebih dalam, terutama menyangkut pemanfaatan desain secara efektif dan maksimal untuk mempromosikan Indonesia di kancah dunia.-Rappler.com.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!