Who That Be? Inilah 5 hal yang harus diketahui tentang Rich Chigga

Nadia Vetta Hamid

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Who That Be? Inilah 5 hal yang harus diketahui tentang Rich Chigga
Sebelum Rich Chigga menjadi sangat populer, merilis album rap perdananya dan mungkin berkolaborasi dengan Kanye West, ini adalah saat yang tepat untuk mengenalnya lebih jauh

JAKARTA, Indonesia — Awal tahun ini, Rich Chigga mengeluarkan video Dat $tick yang menjadi viral di dunia maya. Dalam video klip tersebut, rapper muda yang bernama asli Brian Imanuel tampil dengan polo shirt berwarna pink dan tas pinggang. Netizen yang awalnya menertawakan penampilannya yang culun, akhirnya mengakui kemampuannya dalam musik rap.

Sebelum popularitasnya melejit lewat lagu Dat $tick, Brian terlebih dulu populer melalui akun Twitternya, @richchigga. Ia juga telah merilis lagu dan mengunggah video komedi ke Vine dan kanal Youtube miliknya. Video pertamanya yang populer berjudul Suicide Hotlineyang mengisahkan tentang lelaki yang ingin bunuh diri.

Sebelum Rich Chigga menjadi sangat populer, merilis album rap perdananya dan mungkin berkolaborasi dengan Kanye West, ini adalah saat yang tepat untuk mengenalnya lebih jauh.

Siswa homeschooling, belajar bahasa Inggris dari internet

Dengan lirik dan selera humor yang mungkin bagi sebagian orang terdengar eksplisit, banyak  yang menganggap kalau Brian bersekolah di sekolah internasional, atau pernah tinggal di luar negeri. Namun siapa yang menyangka kalau Brian adalah siswa homeschooling dan belum pernah ke Amerika Serikat. 

Kepada TIME baru-baru ini, ia mengaku belajar bahasa Inggris dari video tutorial kubus Rubik dan sinematografi di Youtube. Sedangkan, ia mengembangkan selera humornya karena terekspos pada budaya dan humor Amerika Serikat.

“Saya sangat menyukai komedi Amerika karena komedi Indonesia, seperti di acara televisi, sangat konyol. Selera komedi saya sangat satir. Orang Indonesia tidak mengerti satir,” kata Brian seperti dikutip dari The Fader.

Berawal dari Twitter

Adik dari fashion blogger Sonia Eryka ini pertama kali membuat akun Twitter ketika ia berusia 12 tahun. Awalnya, ia mencuit dalam bahasa Indonesia sebelum akhirnya bertemu dengan anak-anak muda sepertinya, yang mayoritas berada di Amerika Serikat.

Tiga belas jam terpisah oleh perbedaan waktu, Brian bahkan rela bangun pagi untuk berinteraksi dengan mereka karena menurutnya, hanya mereka teman-temannya saat itu. Dikutip dari TIME, Brian memiliki kemampuan luar biasa dalam humor surealis yang secara longgar dikategorikan sebagai Weird Twitter.

Kepada Hypetrak, Brian berkata bahwa ia mengutamakan Twitter namun ingin tetap berkarya di dunia musik.

“Saya enggak akan berhenti dengan komedi di internet karena itulah Brian Imanuel selama ini. Komedilah yang membawa saya hingga mencapai semua ini, itulah yang membuat orang-orang mengikuti saya dan itu tidak akan berubah.”

Belum lama mengenal musik hip-hop

Brian mengaku pertama kali mengenal musik hip-hop melalui temannya dari Amerika Serikat, seperti yang dikutip dari Noisey. Ia menunjukkan lagu Thrift Shop dari Macklemore dan Brian sangat menyukainya, bahkan ia belajar nge-rap dengan lagu tersebut. Setelah Macklemore, Brian mulai mendengarkan 2 Chainz dan Childish Gambino.

Brian pun sempat bertemu langsung dengan Macklemore di ajang We The Fest (WTF) 2016 pada pertengahan Agustus silam di Jakarta. Saat tampil, Macklemore mengundang dua penonton untuk berjoget di atas panggung. Brian adalah salah satunya. Meski singkat, Brian menunjukkan kebolehannya berjoget di depan Macklemore.

Brian mulai menciptakan lagu rap di tahun 2014, bermodalkan iPhone dan mengeditnya di program editing video, Sony Vegas. Katanya, awalnya ia merasa karyanya tidak bagus namun proses menulis rap dirasa menyenangkan dan teman-temannya menyukainya. 

Seperti video Youtube baginya, musik hip-hop juga membantu memperlancar bahasa Inggrisnya. “Belajar nge-rap ternyata juga sekaligus melatih bahasa Inggris saya, karena membuat saya berbicara dengan cepat, and I used to suck at that,” kata Brian.

Brian juga telah merilis single keduanya, Who That Be.

Dat $tick: Awalnya bercanda, kini kolaborasi dengan rapper senior

Brian mengaku kalau video klip Dat $tick adalah “setengah serius”. Awalnya ia ingin berpakaian ala rapper seperti Post Malone dan A$AP Rocky. Namun, ia mengubah konsepnya di saat terakhir karena ia tidak ingin terlihat seperti “Anak Asia yang mencoba terlihat gangster”. Lirik lagu Dat $tick menyentil para koruptor di Indonesia.

Lagu dan video klip Dat $tick yang fenomenal tersebut juga membuatnya terekspos pada rapper-rapper terkenal. Dalam video di atas, rapper anggota Wu-Tang Clan Ghostface Killah, Cam’ron, Desiigner, Tory Lanez, GoldLink dan lainnya menertawakan penampilan Rich Chigga, namun memberikan respon yang positif. 

GoldLink berkata Brian adalah “masa depan rap”, Cam’ron berpendapat “Saya bisa melihat sisi komedi dari yang ia lakukan, namun flow rap-nya bagus.”

Ghostface Killah, yang sangat terkesan dengan video tersebut, bahkan berjanji untuk membuat remix yang hasil akhirnya bisa kamu saksikan di bawah ini. Ghostface Killah dan rapper underground asal Miami, Pouya tampil dalam wujud animasi.

Menyesal dengan nama panggungnya?

TIME bahkan mengatakan Brian, bersama pianis jazz muda Joey Alexander, adalah orang Indonesia yang paling terkenal di ranah internasional. 

Menjadi terkenal bukannya tanpa risiko. Nama panggung Brian, Rich Chigga, mengundang kontroversi. Banyak netizen yang mengkritiknya menggunakan kata bernada rasis karena menggunakan ‘N-word’ atau menudingnya melakukan cultural appropriation.

Brian mengerti alasan orang-orang yang tersinggung, namun ia juga ingin menghilangkan efek negatif ‘N-word’. “Saya ingin banyak orang yang tahu kalau itu adalah panggilan hormat dalam dunia hip-hop, ketimbang hinaan rasis ketika orang yang bukan kulit hitam menggunakannya.

Jika ia memiliki kesempatan untuk membuat ulang Dat $tick, Brian tidak akan menggunakan N-word di masa yang akan datang karena “ia tidak ingin menyinggung siapapun.”

Jadi… apakah kamu berencana akan menjadi Rich Chigga di Halloween tahun ini?

— Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!