Hasil MotoGP Valencia: Lorenzo rayakan kemenangan terakhir bersama Yamaha

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hasil MotoGP Valencia: Lorenzo rayakan kemenangan terakhir bersama Yamaha
Lorenzo menjadi yang tercepat di GP Valencia

JAKARTA, Indonesia — Jorge Lorenzo merayakan balapan terakhirnya sebagai pembalap tim Yamaha dengan kemenangan di sirkuit Ricardo Tomo, Valencia, Spanyol, pada Minggu, 13 November.

Pembalap asal Spanyol itu akan pindah ke tim Ducati pada musim depan. 

“Saya sangat, sangat bahagia. Saya mendapatkan akhir yang sempurna,” kata Lorenzo.

“Saya mampu menjaga jarak pada awalnya, namun saya cukup menderita di 10 lap terakhir,” ujarnya lagi.

Juara dunia musim ini, Marc Marquez, finish di posisi kedua, diikuti oleh pembalap Ducati, Andrea Iannone di belakangnya.

Marquez, meski tersendat di lap-lap awal, akhirnya menunjukkan taringnya pada beberapa lap terakhir dan membuat Lorenzo harus berjuang keras untuk merengkuh kejayaan di Valencia.

“Masalah terbesarnya terjadi pada saat awal. Saya mendapat masalah di rem dan tertinggal,” kata Marquez.

“Tapi saya tetap tenang dan mulai menyerang. Jika saja masih ada 2 lap lagi, saya mungkin memenangkan balapan ini, tapi Jorge berhak menjadi pemenangnya,” ucap Marquez.

Meski demikian, Marquez tetap merayakan kemenangannya musim ini dengan para pendukungnya di kampung halamannya. Ini adalah kelima kalinya pembalap asal Spanyol tersebut menjadi juara dunia balap motor tingkat dunia tersebut.

Sedangkan Iannone bersaing ketat dengan pembalap Yamaha, Valentino Rossi, yang finish di posisi keempat. Kedua pembalap itu saling sikut menyikut sepanjang balapan.

Pembalap Suzuki, Maverick Vinales, melengkapi lima terdepan di Valencia.

Lorenzo yang memulai balapan dari pole position berhasil mempertahankan posisinya hingga lap ke-30 di seri terakhir MotoGP musim ini.

Marquez sebelumnya telah memastikan menjadi juara dunia sejak seri balapan di Jepang, pada 16 Oktober lalu. Sementara itu, rekan setim Lorenzo di Yamaha, Valentino Rossi, meski finish di posisi keempat di Valencia, juga sudah memastikan keluar sebagai runnerup pada musim ini.

Lorenzo sendiri dipastikan finish peringkat tiga klasemen dengan hasil ini. Kemenangan di Valencia ini tentu menjadi kado perpisahan yang indah bagi Lorenzo dan Yamaha. 

Musim 2016 ini pun diakhiri. 18 seri balapan telah menelurkan 9 pemenang berbeda. Sampai jumpa di MotoGP musim 2017! —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!