Aplikasi Ayo Mudik buat perjalananmu lebih nyaman dan lancar

Risky Maulana

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Aplikasi Ayo Mudik buat perjalananmu lebih nyaman dan lancar
Pengguna dapat mencari beragam fasilitas publik sepanjang jalan darat, memantau kemacetan, serta mencari jalur alternatif. Tapi informasi baru tersedia di Pulau Jawa

 

JAKARTA, Indonesia — Guna mempersiapkan pelayanan informasi jelang arus mudik Lebaran 2017, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan instansi pemerintah lainnya meluncurkan aplikasi Ayo Mudik. 

Pengguna dapat mengakses beragam informasi seputar lokasi posko mudik terdekat, pos polisi, SPBU, rumah sakit, berbagai fasilitas publik lainnya, hingga memantau kondisi kemacetan di sejumlah ruas jalan, serta mencari jalur alternatif yang dapat dilewati pemudik.

Menurut keterangan Menkominfo Rudiantara, konten dan informasi dalam aplikasi ini didukung penuh oleh berbagai lembaga pemerintahan meliputi Dinas Perhubungan, Kesehatan, BMKG, Pertamina, Jasa Marga, Kepolisian, dan banyak lagi lainnya. 

Pembuatan aplikasi Ayo Mudik dilakukan oleh pemerintah sejak dua bulan lalu. Berbeda dengan aplikasi sejenis yang memang sudah banyak beredar di masyarakat, kelebihan Ayo Mudik terletak pada integrasi menyeluruh dari sejumlah data yang dimiliki pemerintah.

Dengan ketersediaan informasi lalu lintas dan juga layanan publik yang terdapat dalam aplikasi Ayo Mudik, Kemkominfo berharap dapat mendukung kenyamanan dan kelancaran prosesi mudik Lebaran pada 2017.

Hasil kolaborasi dengan Kudo

Selain dengan instansi layanan umum dan pemerintahan, aplikasi Ayo Mudik juga merupakan bentuk kolaborasi Kemkominfo bersama Kudo

Startup yang pada 3 April 2017 lalu resmi diakuisisi oleh Grab ini ditunjuk sebagai developer untuk pengembangan aplikasi Ayo Mudik.

Dalam siaran persnya, CEO sekaligus Co-Founder Kudo Albert Lucius mengaku cukup antusias dengan program kolaborasi ini. Menurutnya, pengembangan aplikasi ini sejalan dengan misi mereka dalam membantu masyarakat, khususnya dalam ketersediaan akses informasi.

Baru mencakup informasi di Pulau Jawa

Namun, jangkauan informasi dari layanan aplikasi ini baru terbatas di rute mudik Pulau Jawa. Keterbatasan cakupan informasi ini kemungkinan membuat sebagian pengguna aplikasi Ayo Mudik kecewa karena tidak mencakup jalur mudik di kawasan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan lainnya.

Meski demikian, tim pengembang aplikasi Ayo Mudik telah menjanjikan pembaharuan aplikasi melalui halaman Google Play mereka. Belum jelas apakah pengembangan yang dimaksud adalah perluasan cakupan informasi di luar Pulau Jawa. 

Jika hal itu terwujud, aplikasi Ayo Mudik bisa menjadi aplikasi informasi terpadu yang akan sangat bermanfaat bagi pemudik tahun ini. —Rappler.com

Sebelumnya diterbitkan di Tech in Asia

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!