Dua lubang baru muncul di kawah Gunung Agung, asap hitam-putih menyembur tinggi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dua lubang baru muncul di kawah Gunung Agung, asap hitam-putih menyembur tinggi
Asap hitam dan putih tersebut menyembur bersamaan sehingga terlihat sangat kontras. Tinggi semburan mencapai 2.500-3.000 meter dari atas puncak kawah

JAKARTA, Indonesia — Dua lubang baru muncul di kawah Gunung Agung yang hingga Selasa pagi ini masih terus menyemburkan abu vulkanik. Kedua lubang tersebut menyemburkan asap berwarna hitam dan putih.

Ada dua kolom abu yang berbeda menunjukkan ada dua lubang kawah,” demikian tulis Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun twitternya, Selasa 28 November 2017.

Sutopo mengatakan asap putih berasal dari tembusan solfatara yang didominasi uap air. Sementara asap hitam muncul dari lubang yang didominasi magma.

Asap hitam dan putih tersebut menyembur bersamaan sehingga terlihat sangat kontras. Tinggi semburan mencapai 2.500-3.000 meter dari atas puncak kawah.

Sementara Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) I Gede Suantika mengatakan kedua lubang baru tersebut terbentuk karena adanya dorongan magma dari perut Gunung Agung yang terus mendesak keluar sehingga menimbulkan retakan dan lubang.

“Lubang Gunung Agung yang pertama menghasilkan asap putih dan lubang kedua mengeluarkan abu kehitaman,” kata I Gede Suantika seperti dikutip dari media.

Gede Suantika mengatakan data PVMBG menunjukkan suhu di puncak kawah telah menyentuh angka 300 derajat celcius dan sudah mulai tercium aroma belerang. “Namun untuk dihirup manusia masih belum masuk berbahaya,” katanya. —Rappler.com  

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!