5 bahan makanan yang dianjurkan untuk orang dengan HIV dan AIDS

Helmi Akbar

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 bahan makanan yang dianjurkan untuk orang dengan HIV dan AIDS
Apa saja makanan yang bisa membantu memperkuat sistem imun tubuh dan membantu pemulihan?

Yuk, tes HIV. Cari tahu lebih lanjut di sini.

JAKARTA, Indonesia — HIV dan berbagai macam perawatannya dapat mengubah metabolisme tubuh akibat menurunnya sistem imun.

Beberapa perubahan metabolik dapat menyebabkan lipodistrofi (kelainan dalam pendistribusian lemak pada tubuh), resistensi insulin, dan sindrom wasting (penurunan berat badan secara ekstrim), dan dapat mempengaruhi cara seseorang melihat dan merasa.

Selain itu, mual, muntah, dan diare adalah kondisi umum yang terkait dengan HIV dan perawatannya. Nah, efek samping ini dapat menyebabkan orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) kehilangan nutrisi penting dan juga dehidrasi.

Selain melakukan pola makan yang menyeimbangkan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan juga air minum yang cukup, berikut adalah beberapa bahan makanan yang sangat dianjurkan untuk para ODHA:

1. Tempe

Tempe adalah salah satu sumber protein yang harganya tergolong terjangkau. Tempe dan olahannya direkomendasikan kepada ODHA karena mengandung protein & vitamin B12, yang membantu menguatkan sistem imun.




2. Kelapa

Kelapa dan olahannya juga sangat bermanfaat untuk ODHA karena dapat memenuhi kebutuhan lemak dan membantu menaikkan berat badan. Kelapa juga bisa menjadi sumber energi dan mengandung medium chain triglycerides (MCT) sehingga mudah diserap tubuh.




3. Wortel

Wortel berguna karena mengandung beta-karoten yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dna membentuk CD4 (sel kekebalan tubuh) baru. Wortel juga mengandung vitamin E, yang melindungi sel, dan vitamin C, yang melindungi tubuh dari infeksi dan membantu proses pemulihan.

 

4. Kembang Kol

Kembang kol dapat membantu mencegah anemia dan memperkuat sistem imun tubuh karena tinggi akan zat besi, zink, dan mangan. Kembang kol juga dapat mencegah kekurangan zat gizi mikro dan membantu pembentukan CD4 (sel kekebalan tubuh).




5. Alpukat

Siapa yang tak suka alpukat? Selain rasanya yang enak ternyata alpukat juga sangat bermanfaat untuk kesehatan ODHA. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang tinggi dan anti oksidan yang dapat menurunkan kolesterol serta menghambat replikasi HIV (gluthation). Photo courtesy of Julie Henriksen, www.kjokkenutstyr.net

 

 

—Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di guetau.com

Foto-foto dari Wikimedia Commons.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!