Philippine arts

Ayo, sumbangkan baju layak pakai untuk warga Bantar Gebang

Muhammad Harvan

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ayo, sumbangkan baju layak pakai untuk warga Bantar Gebang
Komunitas Found Inc. mengajak kita untuk "Bersihkan Hati, Beresin Lemari"

JAKARTA, Indonesia – Dalam rangka menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan dan menyambut hari raya Idulfitri 1438 H, komunitas Found Inc. mengadakan kegiatan bakti sosial yang bertajuk “Bersihkan Hati, Beresin Lemari”. 

Kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk mengumpulkan pakaian bekas layak pakai untuk kemudian disumbangkan kepada mereka yang tidak mampu di daerah Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan kali ketiga komunitas Found Inc. menyusun kegiatan penyaluran bantuan sosial. Sebelumnya, komunitas yang berawal dari teman satu tongkrongan ini telah mengadakan dua kegiatan dengan tema serupa pada 2016 lalu.

“Awalnya beberapa dari kami mengusulkan untuk melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat di samping nongkrong-nongkrong,” kata Rosdiana Setyaningrum, salah satu anggota komunitas Found Inc. dan panitia acara tersebut, pada Rabu, 14 Juni.

“Akhirnya kami semua tergerak untuk menyelenggarakan kegiatan sosial. Dalam rangka bulan Ramadan juga.” 

Rosdiana menambahkan pada kegiatan sosial kali ini, target jumlah baju bekas layak pakai yang dikumpulkan akan lebih banyak dari kegiatan tahun lalu. Tahun ini, Found Inc. bekerja sama dengan elemen lain yang tergerak untuk ikut serta dalam kegiatan sosial ini, seperti Bengkel Nawilis dan Monochrome Café. 

Ia juga menceritakan latar belakang mereka mengapa memilih menyalurkan baju bekas layak pakai ke orang-orang tidak mampu di daerah Bantar Gebang. 

(BACA: Membangkitkan semangat belajar di tengah kepungan sampah)

Daerah Bantar Gebang berlokasi dekat dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Banyak murid sekolah di sana yang merupakan anak dari pemulung sampah. Mereka mengalami kesulitan belajar karena harus bertahan hidup di tengah kepungan sampah dengan bau menyengat.

“Beberapa teman kami pernah ke sana dan merasa prihatin sekaligus berempati dengan kondisi mereka,” kata Rosdiana. 

“Menjelang Idulfitri ini, kami ingin sekali memberikan baju bagus untuk mereka gunakan supaya mereka bisa merasakan kebahagiaan yang sama seperti kita di hari raya nanti.”

Pengumpulan baju bekas layak pakai dilakukan hingga Selasa, 20 Juni. Sedangkan penyalurannya akan dilaksanakan pada Kamis, 22 Juni, dan bekerja sama dengan komunitas dan pemerintah setempat. 

Jadi bagi kamu yang memiliki baju layak pakai yang sudah tidak digunakan lagi dan ingin mencari ladang amal di bulan suci Ramadan tahun ini, silakan segera sumbangkan pakaian bekasmi ke posko-posko pengumpulan di lokasi-lokasi di bawah ini:

1. Balakenam Dapoer Rakjat

Gedung Multi

Jl. KH Abdullah Syafei no. 4

Tebet, Jakarta Selatan

 

2. Monochrome Coffee Guild

Plaza 88 Kemang, Ground Floor

Jalan Kemang Raya, Jakarta

 

3. Monochrome Coffee Guild

Lippo Mall Kemang, Upper Ground Floor

Jl. Pangeran Antasari, Jakarta

 

Untuk informasi lebih lengkap, hubungi 08159025904. Ditunggu, ya, kontribusinya. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!