Sketsatorial: Kiat mencari semangat kerja setelah liburan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Sketsatorial: Kiat mencari semangat kerja setelah liburan
Liburan sudah usai! Saatnya menyingsingkan lengan baju dan mengumpulkan semangat untuk kembali bekerja

JAKARTA, Indonesia — Mengumpulkan semangat untuk kembali bekerja lagi setelah liburan panjang usai adalah hal yang cukup sulit dilakukan bagi seorang karyawan. Mulai bekerja lagi setelah liburan panjang memang butuh effort lebih. 

Tapi jangan biarkan nostalgia liburan membuyarkan kerja keras yang sudah kamu pupuk selama ini di tempatmu bekerja.

Berikut beberapa langkah dan trik yang bisa kamu lakukan untuk meringankan langkah dan mengumpulkan semangat untuk kembali bekerja.

Simak uraiannya di Sketsatorial Rappler Indonesia.

1. Bikin rencana satu hari sebelum kembali kerja

Mencoba mengingat kembali apa yang sudah dan belum dilakukan sebelum liburan akan memudahkan dan me-refresh ingatanmu akan tugas-tugas dan kewajiban di kantor.

2. Kembali ke rutinitas

Memulai itu memang paling sulit. Langkah pertama selalu jadi yang paling berat. Padahal setelah “tombol” itu di-switch ke “on”, ternyata tidak selamanya semuanya terasa berat.

Karena itu, cobalah mengasah kembali rutinitas sehari-hari seperti sebelum liburan. Mulai lakukan semua kebiasaan yang memang kamu lakukan saat hari kerja. 

3. Datang lebih cepat

Akan lebih mudah untukmu memulai hari kerja baru jika tiba lebih cepat dari biasanya. Selain untuk menghindari kemacetan, kamu juga akan lebih mudah bersemangat memulai hari. 

4. Catch-up

Ada baiknya memulai hari pertama dengan banyak berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan rekan kerja. Setidaknya, kamu juga bisa bertukar informasi dan catch-up dengan pekerjaan atau aktivitas kantor dan tren industrimu saat kamu libur panjang. 

5. Ciptakan playlist

Meski terkesan sepele, tapi efek musik yang tepat terkadang bisa memompa semangat bekerja. Ciptakan playlist-mu yang berisi lagu-lagu yang bisa membangkitkan semangat kerja. M

6. Konsentrasi pribadi

Rata-rata semua karyawan merasakan mood yang berbeda saat kembali bekerja setelah liburan panjang. Hari-hari pertama itu memang akan sedikit berat untuk dilalui. Tapi bukan berarti tidak mungkin. Kuncinya ada di konsentrasi.

Berusahalah untuk tetap fokus pada pencapaian-pencapaian pribadimu. Mulailah dengan melapor pada atasan, mengerjakan semua tugas dan membalas email-email penting yang menumpuk saat liburan. —Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!