Mengulurkan tangan untuk pengungsi Gunung Agung

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Mengulurkan tangan untuk pengungsi Gunung Agung
Telah terjadi ratusan kali gempa di sekitar Gunung Agung, Bali. Puluhan ribu orang mengungsi dan membutuhkan bantuan

 

JAKARTA, Indonesia — Kabut tebal masih menyelimuti wajah Gunung Agung di Bali yang kini berstatus Awas. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat adanya peningkatan aktivitas Gunung Agung yang signifikan. 

Sejak Minggu, 24 September, telah terjadi ratusan kali gempa vulkanik. Getaran dirasakan warga di sejumlah wilayah pengungsian. Salah satunya adalah Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, yang terletak 12 km dari kawah Gunung Agung.

Menurut Koordinator Tim Disaster Emergency Relief Management Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kusmayadi, di lokasi pengungsian, guncangan gempa berskala kecil kerap terasa beberapa kali. Meskipun demikian, pengungsi diimbau agar tidak terlalu panik dengan getaran gempa yang ada.

Desa Menanga menjadi titik aman pertama yang berlokasi 3 km dari zona merah rawan bencana. Jumlah pengungsi di desa ini telah mencapai hampir 500 jiwa. 

“Kami juga telah mendistribusikan bantuan tanggap darurat seperti makanan siap saji, air mineral, dan susu kepada hampir 500 pengungsi di Desa Menanga. Kebutuhan pangan sangat mereka butuhkan saat ini,” kata Kusmayadi. 

Dapur umum amat dibutuhkan seiring dengan meningkatnya jumlah pengungsi per harinya. Dengan adanya dapur umum, akan lebih banyak pengungsi yang mendapatkan suplai makanan harian.

Kebutuhan utama mereka antara lain makanan siap saji, sembako, perlengkapan tidur, air mineral, pakaian, popok bayi, pembalut wanita, susu, perlengkapan sanitasi, dan obat-obatan.

Jika Anda ingin membantu para pengungsi, Anda bisa memberikan donasi melalui laman Kitabisa.com atau langsung menekan tombol “Donasi” di bawah ini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!