Ayo, gerak bersama Pundi Perempuan untuk melawan kekerasan seksual

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ayo, gerak bersama Pundi Perempuan untuk melawan kekerasan seksual
FightBack Run akan digelar pada 26 November 2017

 

JAKARTA, Indonesia — Catatan Tahunan Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menunjukkan, dalam lima tahun terakhir kekerasan seksual merupakan bentuk kekerasan tertinggi yang terjadi di ranah publik. Dalam tiga tahun terakhir, kekerasan seksual menempati urutan kedua tertinggi dari kekerasan yang terjadi di ranah privat/domestik. 

Kekerasan seksual yang dilaporkan juga meningkat setiap tahunnya.

Pada 2016, kasus kekerasan seksual yang dilaporkan berjumlah 5.765 kasus di mana pelaku merupakan orang-orang terdekat dengan korban; baik keluarga maupun orang-orang di sekitar lingkungan korban. Hingga saat ini hak-hak korban kekerasan seksual belum sepenuhnya terlindungi, terutama hak atas keadilan dan pemulihan.

Menanggapi mirisnya fakta ini, Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) bersama dengan jaringan masyarakat sipil yang tergabung dalam Jaringan #GerakBersama, didukung oleh Komnas Perempuan, akan menggelar kegiatan Fun Run bertajuk “FightBack Run” #GerakBersama #AgainstSexualViolence.

FightBack Run akan diselenggarakan pada Minggu, 26 November pukul 06:00 WIB. Garis start dimulai dari halaman depan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini akan memanfaatkan momen Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (HAKtP) yang jatuh pada 25 November sampai 10 Desember untuk menggalang dukungan publik agar pemerintah & Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dapat segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Kekerasan Seksual yang berkualitas dan berpihak pada perempuan korban.

Pada kegiatan yang sama, Pundi Perempuan yang dikelola oleh IKa juga akan melakukan penggalangan dana publik yang mulai dilaksanakan pada 5 Oktober sampai 10 Desember 2017.

Dana tersebut nantinya akan disalurkan langsung oleh Pundi Perempuan yang merupakan wadah penggalangan dana publik untuk mendukung lembaga layanan/ Women’s Crisis Center (WCC) yang melakukan kerja-kerja pendampingan & penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di seluruh wilayah Indonesia.

Pundi Perempuan adalah dukungan sumber daya, baik berupa dana bagi operasional oganisasi yang menangani kasus kekerasan terhadap perempuan, jaringan, pengetahuan maupun kerelawanan yang dimanfaatkan untuk terus mengingatkan pentingnya upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan di Indonesia.

Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) adalah sebuah lembaga filantropi Indonesia yang berdiri sejak 1995 dan mengkhususkan diri bekerja untuk masyarakat yang rentan dan terpinggirkan. Isu utama IKa adalah penghapusan kekerasan terhadap perempuan, dukungan bagi pembela HAM, gerakan budaya untuk keberagaman dan kelestarian lingkungan. Untuk isu penghapusan kekerasan terhadap perempuan, IKa bekerjasama dengan Komnas Perempuan melalui Pundi Perempuan.

Ayo dukung inisiatif-inisiatif di tingkat lokal dalam rangka pendampingan perempuan dan anak korban kekerasan dan pencegahannya dengan ikut berdonasi melalui laman kitabisa.com atau menekan tombol donasi di bawah laman ini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!