Denada: “Lakukanlah tes HIV demi orang-orang terkasih”

Sakinah Ummu Haniy

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Denada: “Lakukanlah tes HIV demi orang-orang terkasih”
Artis Denada Tambunan ikut berpartisipasi dalam tantangan #SayaBerani

Yuk, tes HIV. Cari tahu lebih lanjut di sini.

JAKARTA, Indonesia — Pengetahuan dan kesadaran masyarakat Indonesia tentang HIV masih sangat minim. Hal tersebut menggerakkan artis Denada Tambunan untuk ikut berpartisipasi dalam tantangan #SayaBerani yang digulirkan Rappler Indonesia dan UNAIDS.

“Ini sudah sepatutnya menjadi perhatian kita semua,” ujar Denada yang ditemui Rappler pada Senin, 28 November.

Denada yang sedang sibuk mempromosikan single duetnya bersama Ihsan Tarore ini menyayangkan kurangnya pemahaman masyarakat tentang epidemi yang terjadi di seluruh dunia ini.

“Kalau melihat dari awareness yang dimiliki negara-negara lain, kayaknya kita masih agak terlambat. Kepeduliannya, pengetahuannya, exposure-nya masih agak lambat dibandingkan negara-negara lain. Sehingga harusnya kita semua, sebagai orang indonesia, melihat ini sebagi isu yang seharusnya kita semua sudah punya awareness dan pengetahuan yang cukup tentang itu,” katanya.

Penyanyi yang juga sibuk mengurusi warung makan Rumah Emak miliknya ini merasa bahwa zaman sekarang banyak sekali jalur untuk mendapatkan informasi tentang HIV, mulai dari rumah sakit, puskesmas, bahkan bisa melalui internet. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mencari tahu informasi mengenai HIV.

Selain itu, banyak pula masyarakat yang masih takut untuk melakukan tes HIV karena pemahaman yang salah. “Banyak sekali paham-paham yang menurut aku masih salah, dan juga paham-paham yang agak miring dan negatif terhadap epidemi ini,” tutur ibu satu anak ini.

Tanggapan miring juga masih melekat di masyarakat terhadap para Orang Dengan HIV AIDS (ODHA).

“Itu yang harus ditepis, bahwa sebenarnya walaupun dia ODHA, tapi bukan berarti dia tidak bisa hidup selayaknya kita-kita yang lain, bukan berarti dia tidak bisa berprestasi, bukan berarti dia tidak bisa beraktivitas,” ujar Denada.

Oleh karena itu, artis 37 tahun ini punya tips untuk mereka yang masih enggan untuk melakukan tes HIV.

“Kita melakukan ini untuk generasi yang ada setelah kita, untuk anak-anak kita, untuk keturunan kita berikutnya. Kita juga harus aware dan peduli terhadap kesehatan kita. Anggaplah ini sebagai rasa cinta yang bisa kita berikan kepada orang-orang yang kita kasihi.”

Simak beberapa cara untuk mengikuti tantangan #SayaBerani di sini. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!