5 fakta unik tentang bumi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 fakta unik tentang bumi
Selamat Hari Bumi!

JAKARTA, Indonesia—Setiap tanggal 22 April, masyarakat dunia merayakan Hari Bumi sebagai momen pengingat bahwa planet biru ini perlu dijaga terus menerus.  

Seluruh manusia terlahir di bumi, namun apakah mereka benar-benar sudah mengenalnya?

Bumi atau yang dalam bahasa Inggris disebut ‘earth’ merupakan satu-satunya planet di galaksi bimasakti yang tidak diambil dari nama dewa Yunani Kuno.

Lima planet yang terlihat kasat mata, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus dinamai berdasarkan dewa-dewi Romawi Kuno, begitu pula Uranus dan Neptunus yang ditemukan belakangan.

Selama ini kita tahu bahwa bumi berputar setiap harinya selama 24 jam yang menyebabkan adanya siang dan malam. Namun ternyata, setiap 100 tahun, kecepatan rotasi bumi berkurang 17 milisekon. Butuh 140 juta tahun hingga lama satu hari di bumi berubah menjadi 25 jam. 

Atmosfir bumi kita terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen. Sementara satu persen sisanya merupakan gabungan dari berbagai zat, termasuk argon dan karbon dioksida.

Ada pula hal yang mungkin kamu tidak tahu. Bentuk bumi kita sebenarnya sebulat bola.

Bagaimana bentuk bumi sebenarnya masih menjadi perdebatan. Ada penelitian yang membuktikan bahwa bumi berbentuk pipih, sementara ada pula yang mengatakan bumi berbentuk seperti telur atau buah pir.

Namun yang disetujui oleh semua peneliti, bumi tidaklah bulat sempurna.

Jika diukur di ekuator, maka diameter bumi adalah 12.756. Namun diameter bumi antara kutub utara dan selatan hanya 12.714 km. Hal ini disebabkan oleh gaya sentrifugal yang terjadi pada setiap benda bulat yang berputar, termasuk bumi yang terus berotasi tanpa henti.

Satu hal lagi. Bumi yang dapat menampung miliaran manusia nyatanya tidak seberapa besar jika dibandingkan dengan benda langit lainnya.

Bahkan, matahari yang notabene adalah bintang dengan ukuran normal saja dapat menampung setidaknya 1,3 juta bumi.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak infografis berikut:

INFOGRAFIS Fakta menarik tentang bumi  

—Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!