Indonesia

Banjir merendam sebagian kota Bandung usai diguyur hujan deras

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Banjir merendam sebagian kota Bandung usai diguyur hujan deras
BNPB menyebut ketinggian air banjir bervariasi mulai dari 120 centimeter di Jalan Nurtanio hingga 160 centimeter di Jalan Pasteur

JAKARTA, Indonesia – Hujan deras mengguyur Kota Bandung sepanjang hari Senin siang, 24 Oktober. Akibatnya jalan-jalan utama di Kota Bandung terendam banjir. Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, kawasan Pasteur menjadi area paling parah terkena dampaknya. Di sepanjang jalan utama tersebut, air sudah menutup jalan seperti sungai.

“Kawasan di Jalan Pasteur terendam banjir hingga ketinggian 160 centimeter. Begitu juga di Jalan Pagarsih, ketinggian banjir mencapai 150 centimeter, sedangkan Jalan Nurtanio mencapai tinggi 120 centimeter,” ujar Sutopo melalui keterangan tertulis pada Senin, 24 Oktober.

Dia menjelaskan, banjir mengalir dengan cepat dan semua drainase perkotaan meluap. Kendaraan dan motor yang tengah melintas di jalan-jalan itu juga terendam banjir.

Kendaraan yang parkir di Mall Bandung Trade Center (BTC) juga terendam banjir.

“Bahkan beberapa mobil terseret banjir seperti diterjang tsunami kecil di jalan,” kata Sutopo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat dan unsur lainnya seperti TNI, Polri, Tagana, dan relawan masih melakukan pendataan. Pemerintah Kota Bandung hingga saat ini belum membentuk BPBD.

Berdasarkan laporan awal dari BPBD Jabar, banjir menyebabkan ratusan rumah terendam banjir. Ada rumah yang rusak akibat tergerus banjir di bantaran Kali Cilimus. Banjir juga menjebol pagar SMAN 9 Bandung, sehingga merendam ruang kelas dan ruang guru sekitar 90 centimeter.

“Saat ini sebagian banjir telah surut. Kondisi topografi yang miring menyebabkan banjir cepat surut. Masyarakat membersihkan rumah dari lumpur dan pendataan masih dilakukan,” kata Sutopo.

Walikota minta maaf

Sementara, Walikota Bandung, Ridwan Kamil, meminta maaf akibat banjir yang kini menggenangi Jalan Pasteur. Melalui akun Twitternya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu meminta publik untuk sementara waktu menghindari area Jalan Pasteur.

Akibat banjir di area tersebut, pintu tol keluar Pasteur mengalami kemacetan yang panjang. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!