US basketball

Jokowi kunjungi Thailand untuk penghormatan terakhir Raja Bhumibol

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi kunjungi Thailand untuk penghormatan terakhir Raja Bhumibol

AFP

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej meninggal dunia pada 13 Oktober 2016

 

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo berangkat ke Thailand, pada Selasa pagi, 25 Oktober, dalam rangka penghormatan terakhir kepada Mendiang Raja Bhumibol Adulyadej.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Raja Thailand Bhumibol Adulyadej pada 13 Oktober 2016 lalu. Raja Bhumibol meninggal pada usia 88 tahun.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya Raja Bhumibol Adulyadej,” kata Presiden Jokowi, tidak lama setelah Raja Bhumibol diumumkan meninggal dunia.

Jokowi menyatakan bahwa meninggalnya Bhumibol menandakan dunia kehilangan seorang pemimpin yang dekat dengan rakyatnya.

Ia menilai Bhumibol selama ini merupakan tokoh yang mampu membawa kedamaian, persatuan, dan kesejahteraan khususnya bagi rakyat Thailand.

“Dunia kehilangan seorang pemimpin yang dekat dengan rakyatnya, pembawa kedamaian persatuan, dan kesejahteraan bagi rakyat Thailand,” kata mantan Gubernur DKI tersebut.

Menurut Jokowi, sosok Raja Thailand layak menjadi teladan lantaran kesederhanaan dan perhatiannya kepada rakyat yang luar biasa besarnya.

“Kesederhaan Raja Bhumibol dan perhatiannya terhadap rakyat patut kita teladani,” ujarnya.

Jokowi juga berharap meninggalnya Raja Bhumibol tidak kemudian memengaruhi stabilitas kawasan di Asia Tenggara.

Ia menegaskan pentingnya untuk menjaga kawasan ASEAN untuk selalu stabil dan damai sehingga pertumbuhan ekonomi kawasan bisa terjaga.

“Saya kira kita membutuhkan kawasan kita di ASEAN ini stabil damai sehingga pertumbuhan ekonomi bisa kita jalankan karena apapun, kawasan ekonomi yang tumbuh adalah kawasan ASEAN dan sekitarnya,” katanya. —Antara/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!