Putri Bung Karno laporkan Rizieq Shihab ke Bareskrim

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Putri Bung Karno laporkan Rizieq Shihab ke Bareskrim
Habib Rizieq Shihab diduga menghina Pancasila

JAKARTA, Indonesia – Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan pihaknya akan memproses laporan penghinaan terhadap lambang negara yang diduga dilakukan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

“Laporan masyarakat itu apapun bentuknya pasti kami terima. Kami akan pelajari, lakukan penyelidikan. Tahapannya seperti itu,” kata kata Kombes Martinus Sitompul di Jakarta, Jumat 28 Oktober 2016.

Rizieq Shihab dilaporkan oleh Ketua Partai Nasional Indonesia Marhaenisme Sumawati Soekarnoputri ke Bareskrim Mabes Polri pada Kamis, 27 Oktober, dengan tuduhan telah menghina lambang negara.

Penghinaan tersebut diduga dilakukan Rizieq saat menggelar tablig akbar FPI dua tahun lalu. Saat itu Rizieq diduga telah menghina Pancasila. Sukmawati menyertakan rekaman tablig akbar tersebut dalam laporannya ke Mabes Polri.

Pada waktu terpisah, Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan pihaknya akan meminta keterangan terlebih dahulu kepada Sukmawati mengenai isi laporannya. “Kami akan pelajari. Kalau tidak salah laporannya (bukti) dari YouTube,” kata Ari.

Selain meminta keterangan Sukmawati, Ari melanjutkan, pihaknya juga akan melakukan uji digital forensik terhadap video YouTube tersebut. “YouTubenya nanti lewat forensik dulu. Apa kata-katanya, nanti akan dilihat. Setelah itu kami periksa saksi-saksi lagi,” tambah Ari.

Uji digital forensik perlu dilakukan untuk melihat apakah ada tindakan pidana di dalam rekaman tersebut. Untuk itu, polisi juga akan meminta pendapat dari ahli bahasa.

Setelah itu barulah Rizieq Shihab akan dimintai keterangan.‎”Pengunggah nanti diperiksa. Dapatnya dari mana, di mana ambilnya, pakai alat apa, maksud pengunggah apa,” tandas Ari. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!