Pasca dikepung aksi demonstrasi, kondisi Jakarta kini kembali normal

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Pasca dikepung aksi demonstrasi, kondisi Jakarta kini kembali normal
Massa dinilai berhasil tidak merusak taman saat berunjuk rasa pada Jumat kemarin

JAKARTA, Indonesia – Aktivitas warga di beberapa titik di Jakarta kembali normal pasca aksi demonstrasi pada Jumat, 4 November yang sempat menyebabkan daerah itu lumpuh. Berdasarkan pengamatan di lapangan, arus lalu lintas di kawasan Medan Merdeka Timur terlihat ramai lancar.

Situasi serupa juga terlihat di kawasan Medan Merdeka Timur, Medan Merdeka Utara dan Medan Merdeka Barat yang sempat ditutup total saat aksi massa usai salat Jumat. Lalu lintas di kawasan Tugu Tani juga ramai lancar.

Warga yang sebelumnya menunda aktivitasnya sepanjang hari Jumat, kini kembali beraktivitas dengan normal di akhir pekan. Mereka terlihat jogging dan bersepeda di kawasan Monas.

Sejumlah massa berbaju putih dan berkopiah memang masih terlihat di sekitar Masjid Istiqlal, tetapi tidak terjadi kepadatan atau kemacetan.

Di Istana Merdeka masih terlihat pagar kawat berduri, begitu juga di ujung Jalan Veteran menuju ke Medan Merdeka Utara masih terlihat pagar berduri tetapi sudah bisa dilewati kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua. Saat terjadi aksi demonstrasi, kawasan Medan Merdeka Barat yang berada tepat di depan Istana Merdeka dibarikade dengan pembatas jalan dan dua lapis kawat berduri.

Tetani, barikade itu akhirnya rusak akibat perlawanan massa. Petugas polisi juga sempat menembakan gas air mata untuk membubarkan massa lantaran aksi demonstrasi telah melewati jam 18:00 WIB sesuai dengan kesepakatan awal.

Tak ada taman yang rusak

Sementara, petugas kebersihan masih terus bekerja untuk membersihkan sisa sampah dari peserta aksi demonstrasi 4 November di kawasan Monas dan beberapa titik unjuk rasa pada hari ini. Pasukan baju oranye masih menyapu sampah di Jalan Medan Merdeka Selatan, tepatnya di depan Balai Kota yang menjadi salah satu lokasi aksi.

Petugas juga terlihat di Jalan Medan Merdeka Barat yang menjadi titik kumpul para demonstran usai salat Jumat. Satu unit mobil bak terbuka petugas kebersihan terlihat parkir di dekat pos polisi di depan Istana Merdeka. Mereka membawa karung penuh sampah.

Sampah juga terlihat di beberapa titik seperti di kawasan Tugu Tani dan Masjid Istiqlal. Sumanah, seorang petugas kebersihan mengaku sudah bekerja sejak pukul 05:00 WIB dan masih menyapu di taman depan Balai Kota.

“Alhamdulilah, tidak ada taman yang rusak,” kata Sumanah.

Sebelumnya, massa demo 4 November telah diwanti-wanti oleh komandan unjuk rasa di lapangan agar tidak menginjak taman. Mereka tak ingin disalahkan kembali oleh publik karena dianggap telah merusak fasilitas publik itu seperti aksi unjuk rasa bulan Oktober lalu. – dengan laporan ANTARA/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!